Penanganan Penyakit ISPA Berbeda Sesuai Tingkatan Usia

Pada musim pancaroba atau pergantian musim, seringkali dijumpai masyarakat mengeluhkan kondisi tubuh yang tidak sehat, batuk, pilek, dan demam. Beberapa keluhan lebih sering dikenal dengan istilah ISPA. Apa sebenarnya penyakit ISPA ini? ISPA sebenarnya merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Penyakit ini menyerang beberapa bagian organ saluran pernapasan yaitu hidung, sinus, faring atau laring.


Penyakit ISPA

Penyakit ISPA (Solusipengobatanherbalalami)

Gejala dan Penyebab Penyakit ISPA

Untuk mengetahui penyakit ini maka sebaiknya mengenali ciri-ciri atau gejalanya. Beberapa diantaranya adalah :

  • Badan terasa pegal atau nyeri pada sendi.
  • Adanya cairan hidung atau ingus.
  • Sering mengalami batuk.
  • Sering mengalami sakit kepala
  • Munculnya sakit pada tenggorokan yang sering membuat susah menelan dan berbicara.

Sedangkan penyebab penyakit ini biasanya dikarenakan adanya virus, bakteri atau jamur yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Udara menjadi cara yang paling efektif bagi organisme ini untuk menginfeksi manusia. Penyakit ini juga menular dan cara penyebarannya pun melalui udara. Untuk tindakan pencegahan, sebaiknya hindari kontak fisik dengan penderita dan usahakan untuk selalu menggunakan masker jika penyakit ini sedang mewabah, khususnya di saat musim pancaroba.

Pengobatan penyakit ini dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik ini berguna untuk mematikan virus, bakteri atau jamur. Pemberian antibiotik ini haruslah tepat dan dikonsumsi sesuai aturan dokter. Tidak bisa sembarangan mengkonsumsi antibiotik karena jika diminum tidak teratur maka akan menyebabkan daya tahan organisme ini semakin kuat untuk berkembang dalam tubuh.

Cara Mengatasi Penyakit ISPA

ISPA bisa menyerang segala tingkat usia, baik dewasa, anak-anak maupun balita. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. Begitu pula dengan cara mengatasinya. Penyebab penyakit ISPA pada orang dewasa selain yang telah diuraikan sebelumnya, ada penyebab lain yaitu pola hidup yang tidak sehat seperti merokok. Untuk itu cara mengatasi ISPA pada tingkat usia dewasa selain mengkonsumsi obat antibiotik adalah dengan melakukan pola hidup sehat yaitu hindari merokok dan makan makanan sehat dan bergizi untuk membersihkan paru-paru.

Cara mengatasi penyakit ISPA pada anak adalah dengan penggunaan antibiotik khusus anak dan dosis rendah serta menjaga kesehatan anak agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat dengan memberi asupan makanan bergizi, melakukan imunisasi dan menerapkan kebersihan diri pada anak. Cara mengatasi penyakit ISPA pada balita tentunya tidak sembarangan. Setiap penanganan terhadap bayi haruslah berhati-hati dikarenakan kondisi mereka yang masih lemah dan organ tubuh yang belum sempurna bekerja. Untuk itu sebaiknya ISPA pada bayi disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Selain itu cegahlah penyakit ISPA dari bayi dengan menghindarkan bayi dari kontak fisik dengan penderita serta lakukan imunisasi secara berkala.

Penyakit ISPA dapat dicegah dengan menerapkan hidup sehat dan pakailah masker kemana saja Anda pergi. Pemakaian masker dapat dengan intensif dilakukan di saat pergantian musim, dimana penyakit ini mewabah.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

ispa; penyakit ISPA; Obat ispa; pengobatan ispa; penanganan ispa; obat untuk ispa; ispa pada balita; cara mengobati ispa; gejala ispa; pengobatan ispa pada anak;

Content Protection by DMCA.com