Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Rasa nyeri dan sakit pada tenggorokan bisa saja menjadi tanda atau gejala penyakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan juga sering dikaitkan dengan gejala penyakit pilek dan juga batuk. Penyakit ini amat mengganggu kesehatan seseorang dan bahkan ada yang menjadi frustasi dibuatnya. Selain mengganggu performa seseorang dalam menelan, radang tenggorokan juga terbukti dapat mengganggu kesehatan lain seperti kepala terasa pusing dan juga badang menjadi panas. Radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan obat tradisional radang tenggorokan maupun obat konvensional lainnya. Namun pengobatan tradisional lebih bisa dimanfaatkan saat ini karena tidak memberikan efek samping sama sekali bagi kesehatan.

obat tradisional radang tenggorokan

obat tradisional radang tenggorokan

Memanfaatkan ObatTradisional Radang Tenggorokan

Jika seseorang terkena radang tenggorokan, itu berarti mereka mengalami masalah radang tenggorokan yang mana sudah terinfeksi oleh bakteri. Tenggorokan yang teriritasi tersebut menyebabkan suara penderita menjadi serak, susah dalam menelan, dan juga gatal-gatal pada tenggorokan itu sendiri. Masalah radang tenggorokan bisa diatasi dengan ragam cara lain dan salah satunya adalah dengan pengobatan herbal. Cara tradisional lebih diminati karena mampu memberikan efek yang positif pada kesembuhan dan menghindarkan seseorang pada masalah efek samping seperti yang sering dialami ketika mengkonsumsi obat dari dokter.

Memetik Manfaat Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Nah berikut akan dijabarkan beberapa cara herbal mengatasi radang tenggorokan yang pertama adalah:

  • Berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan kunyit.

Kegiatan ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari. Jika secara teratur dilakukan, radang tenggorokan juga akan berangsur-angsur akan menghilang. Seseorang terkadang lupa pentinya untuk melakukan pengobatan tersebut secara teratur dan menyesali kenapa mereka tidak melakukannya dengan benar. Selain air garam dan kunyit, masih banyak metode herbal lain untuk mengatasi masalah radang tenggorokan ini. Yang terpenting adalah pengetahuan mengenai efektifitas obat tersebut.

Berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan kunyit

Berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan kunyit

  • Bawang putih.

Memang benar bahwa bawang putih sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Namun saat ini bawang putih telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit radang tenggorokan. Kandungan Allicin yang ada pada bawang putih bisa dimanfaatkan untuk membunuh bakteri yang juga menjadi penyebab dari masalah radang tenggorokan. Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung dengan mengunyahnya ataupun dengan mencampurnya dengan beragam makanan atau masakan lain.

obat tradisional radang tenggorokan dengan bawang putih (bawangputih)

obat tradisional radang tenggorokan dengan bawang putih (bawangputih)

  • Jus buah belimbing.

Buah belimbing sudah lama digunakan sebagai obat tradisional radang tenggorokan dan mengatasi masalah panas dalam tubuh. 100 gram buah belimbing manis bisa dibuat jus dan diminum secara teratur. Rasa manis dari buah ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati panas dalam tubuh anak. Campuran-campuran yang bisa digunakan adalah daun madu dan gula.

obat tradisional radang tenggorokan dengan jus buah belimbing (jussehat)

obat tradisional radang tenggorokan dengan jus buah belimbing (jussehat)

Selain itu, masih banyak pilihan lain seperti lemon, teh jahe, daun kemangi, dan jenis obat tradisional lainnya. Yang terpenting bukan pada jenis obat tradisionalnya namun pada seberapa rajin orang mengkonsumsi obat tersebut. Obat tradisional radang tenggorokan dipilih apabila radang tersebut masih dalam batas kewajaran, namun jika masih berlanjut ada baiknnya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau puskesmas.