Obat Sakit Gusi Alami Yang Ampuh dan Mujarab

Obat sakit gusi alami tradisional untuk mengatasi radang gusi yang ampuh dan mujarab. Rasa sakit akibat radang gusi tidak kalah menyakitkan daripada sakit gigi berlubang. Bagi anda yang sedang menderita radang gusi, cobalah gunakan obat sakit radang gusi dengan bahan alami dibawah ini.


Penyakit radang gusi dapat diakibatkan oleh kurang terawatnya kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut anda. Pada walnya kondisi ini bermula saat timbulnya plak gigi lalu menjadi karang gigi jika tidak dibersihkan selama sekitar 2 hari. Jika plak telah berubah menjadi karang gigi, maka akan sulit untuk dibersihkan. Semakin lama karang atau plak ada di gigi maka semakin tinggi resiko iritasi gusi yang dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah dan membengkak.

Obat Sakit Gusi Alami

Ilustrasi sakit gusi (Credit to shutterstock)

Obat Sakit Gusi Alami Tradisional

Berikut beberapa obat alami tradisional untuk mengobati sakit gusi yang dapat anda peroleh di rumah.

1. Baking soda dan air

Baking soda tidak hanya dapat dipakai untuk membuat kue. Jika baking soda dicampurkan dengan air, maka kedua bahan ini dapat dijadikan obat sakit gusi. Sikat gigi dengan bahan campuran ini mampu menetralisir asam yang ada pada mulut penyebab masalah gusi.

2. Air hangat dan garam

Selain bahan diatas, anda juga dapat menggunakan air hangat dan garam yang mampu mengatasi sakit gusi. Manfaat air hangat dan garam mampu membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan mengempeskan gusi bengkak. Campurkan segelas air hangat dengan sedikit garam, lalu berkumurlah sekitar setengah menit. Yang perlu anda perhatikan, jangan terlalu sering berkumur dengan air hangat campur garam karena tidak baik untuk kesehatan gigi. Pastikan anda tidak berlebihan berkumur-kumur dengannya.

3. Madu

Meskipun madu rasanya manis, namun sejak dahulu madu merupakan salah satu obat sakit gusi alami. Kandungan antiseptik dan antibakteri yang terdapat dalam madu terbukti dapat mengatasi infeksi gusi. Penggunaan madu sebagai sebagai obat sakit gusi dapat anda lakukan pasca menggosok gigi. Oleskan sedikit madu murni hanya pada bagian gusi yang terasa sakit dan hindarilah mengoles madu di gigi.

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut diatas, anda dapat mengatasi sakit radang gusi dengan memakai obat kumur, sikat gigi, dan menyikat gusi dengan pasta gigi fluoride, konsumsi air dengan cukup, tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlau panas ataupun dingin. Selain itu jauhi aktivitas merokok untuk kesembuhan sakit gusi anda.

Baca info kesehatan lainnya tentang:

Sakit radang gusi yang dibiarkan tanpa diobati perlahan-lahan akan dapat menyebabkan periodontitis dan komplikasi serius seperti inflamasi pada bagian dalam gusi. Oleh karena itu, lakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara rutin. Jika sekarang anda sedang sakit gusi, coba pakai obat sakit gusi alami tradisional yang ampuh dan mujarab tersebut diatas. Mudah-mudahan anda lekas sembuh. Jika sakit terus berlanjut maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.



Content Protection by DMCA.com