Obat Rambut Rontok Alami dari Jus Bawang Merah dan Madu

Jus bawang merah telah lama digunakan sebagai salah satu obat rambut rontok alami buatan rumah. Kandungan sulfur yang kaya di dalamnya diyakini dapat meningkatkan sirkulasi, merangsang akar rambt, serta merangsang tumbuhnya rambut kembali. Sulfur dianggap sebagai salah satu bahan utama yang diperlukan untuk kesehatan rambut, karena perannya menjaga kesehatan kolagen dan keratin.


Obat rambut rontok alami (Shutterstock)

Obat rambut rontok alami (Shutterstock)

Jus Bawang Merah sebagai Obat Rambut Rontok Alami

Banyak asam amino mengandung komponen sulfur, dan protein keratin mengandung banyak asam amino yang kaya sulfur. Penelitian juga menemukan bahwa bawang merah sangat bermanfaat sebagai obat alami rambut rontok. Selain itu, bawang merah juga membantu mengatasi masalah rambut lainnya, seperti ketombe, infeksi kulit kepala, dan perubahan warna rambut secara dini.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di the Journal of Dermatology pada tahun 2002 menemukan bahwa jus bawang merah dapat merangsang pertumbuhan rambut kembali. Penelitian ini mengelompokkan peserta menjadi 2 grup. Kelompok pertama diberi perlakuan jus bawang merah sedangkan kelompok kedua hanya mendapatkan perlakuan dengan air keran.

Bawang merah dan madu sebagai obat rambut rontok alami (Shutterstock)

Bawang merah dan madu sebagai obat rambut rontok alami (Shutterstock)

Kedua kelompok disarankan untuk menggunakan bahan treatment masing-masing setiap hari. Ditemukan bahwa pertumbuhan kembali rambut yang ujung-ujungnya kasar baru terjadi setelah perawatan selama 2 minggu dengan jus bawang merah asli. Setelah 4 minggu perlakuan, 17 pasien menunjukkan pertumbuhan rambut kembali, dan setelah 6 minggu, 20 peserta menunjukkan hasil yang sama. Sementara itu, pada kelompok perlakuan kedua, hanya 2 orang yang menunjukkan pertumbuhan rambut, itupun setelah perlakuan selama 8 minggu.

Cara Mengobati Rambut Rontok dengan Jus Bawang Merah

Berikut adalah cara mengobati rambut rontok menggunakan jus bawang merah dan campuran madu yang bisa anda olah dan gunakan sendiri di rumah.

  • Bahan-bahan yang anda perlukan antara lain: satu buah bawang merah berukuran besar, madu, pisau, blender, saringan, sendok untuk mengaduk, sendok takar, dan minyak atsiri (jika anda suka)
  • Kupas, potong-potong, dan haluskan bawang merah menggunakan blender
  • Masukkan bawang yang telah halus ke dalam saringan.
  • Dengan menggunakan sendok, tekan bawang merah halus untuk mendapatkan ekstraknya
  • Tambahkan 1-2 sendok teh madu, dan beberapa tetes minyak atsiri, seperti minyak lavender (jika suka). Maka jus bawang merah buatan anda siap digunakan.
  • Oleskan ramuan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan
  • Tutup rambut anda menggunakan shower cap atau handuk dan biarkan semalaman, atau setidaknya selama 30 menit
  • Keramas rambut anda pagi harinya.
Minyak atsiri rosemary untuk campuran jus bawang merah (Fotolia)

Minyak atsiri rosemary untuk campuran jus bawang merah (Fotolia)

Lakukan perawatan ini setiap hari selama  beberapa bulan hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menggunakan obat alami rambut rontok ini:

  • Daripada menggunakan blender, anda bisa memarutnya untuk mendapatkan ekstraknya. Untuk memeras, anda bisa menggunakan kain kasa.
  • Untuk menghindari agar mata anda tidak perih, bekukan bawang di dalam freezer selama 15 menit sebelum mengirisnya
  • Jika ingin menggunakan minyak pengharum, gunakan minyak atsiri rosemary, levender, atau peppermint
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon dan air mawar untuk menghilangkan bau bawang merah.

Jus bawang merah merupakan satu dari sekian banyak bahan rumahan yang bisa anda manfaatkan sebagai obat rambut rontok alami. Tentunya, hasilnya akan bervariasi pada setiap orang, tergantung kondisi kulit kepala serta keparahan rambut rontok yang dialami. Yang pasti, hasil maksimal hanya akan anda peroleh dengan penggunaan secara rutin. Tidak perlu menggunakan obat-obatan mahal untuk mengatasi rambut rontok, karena bahan-bahan yang tersedia di dapur anda mungkin dapat menjadi solusinya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bawang merah dan madu untuk rambut; bawang merah sebagai obat rambut rontok; cara menggunakan bawang merah dan madu untuk rambut; khasiat jus bawangmerah dan madu untuk rambut; obat manjur untuk mengobati sakit gigi; obatrambutrontokalami; riset yang membuktikan bawang merah obat rontok;

Content Protection by DMCA.com