Obat Psoriasis Herbal Menggunakan Minyak Atsiri

Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa pilihan pengobatan penyakit psoriasis secara medis. Lalu pertanyaannya, “Apakah ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit bersisik akibat psoriasis?” Jawabannya adalah YA. Anda bisa mengatasi gejala psoriasis seperti rasa gatal dan tidak nyaman dengan menggunakan obat psoriasis herbal. Salah satu terapi alternatif yang kerap digunakan adalah menggunakan minyak esensial atau minyak atsiri.


Minyak atsiri sebagai obat psoriasis herbal (Shutterstock)

Minyak atsiri sebagai obat psoriasis herbal (Shutterstock)

Obat Psoriasis Herbal dengan Minyak Atsiri

Meski demikian, perlu diingat bahwa minyak atsiri tidak dianjurkan sebagai pengobatan pertama. Minyak herbal ini hanya dianjurkan sebagai terapi tambahan terhadap terapi medis yang anda jalani. Oleh sebab itu, penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Anda juga bisa meminta rekomendasi minyak atsiri yang paling baik untuk mengatasi gejala yang anda alami. Berikut adalah beberapa  pilihan minyak atsiri sebagai obat alami psoriasis.

Minyak Kelapa

Meski bukan termasuk minyak atsiri, minyak kelapa mengandung khasiat anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi rasa nyeri akibat psoriasis. Lagi pula, minyak kelapa dikenal memiliki kandungan yang ringan dan lembut, sekaligus berfungsi melembutkan kulit dan sisik akibat psoriasis. Itulah sebabnya, minyak nabati ini kerap direkomendasikan untuk mengatasi psoriasis kulit kepala.

Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi gejala psoriasis dalam beberapa cara:

  • Sebagai pengobatan dari dalam, cobalah minum dua sendok makan minyak kelapa murni (VCO) setiap hari. Kandungan asam lauric di dalamnya berfungsi menghambat masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh anda.
  • Usapkan minyak kelapa murni ke daerah yang sakit. Sebaiknya oleskan pada permukaan kulit setelah mandi

Jika digunakan tersendiri, minyak kelapa biasanya tidak menimbulkan efek samping apapun. Namun, jika muncul rasa nyeri, gatal, atau gejala aneh lainnya, hentikan penggunaan minyak kelapa dan konsultasikan dengan dokter.

Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu minyak atsiri yang paling banyak diteliti. Minyak ini diketahui mengandung khasiat anti-bakteri dan anti-jamur yang ampuh, sehingga kerap digunakan untuk mengatasi berbagai jenis bakteri. Minyak lavender juga bisa membantu mengatasi rasa gatal pada  kulit jika dioleskan bersamaan dengan lotion.

Manfaat minyak bunga lavender sebagai obat psorisasis (Shutterstock)

Manfaat minyak bunga lavender sebagai obat psorisasis (Shutterstock)

Anda juga bisa menggunakan beberapa tetes minyak lavender dan mengencerkannya menggunakan minyak kelapa, dan kemudian dioleskan pada permukaan kulit. Sebagian orang juga meneteskan minyak lavender ke dalam air mandi untuk mengatasi masalah kulit. Namun, wanita hamil dan penderita diabetes mellitus harus menghindari penggunaan minyak lavender, karena diyakini dapat menimbulkan mual, muntah, atau sakit kepala.

Minyak Geranium

Minyak atsiri geranium berfungsi memperbaiki sirkulasi dan mengurangi inflamasi pada permukaan kulit. Minyak ini juga bekerja mendorong regenerasi sel-sel sehat. Cara mengobati psoriasis dengan minyak geranium adalah dengan mengoleskannya pada permukaan kulit. Namun, anda akan sedikit mengalami efek samping saat mengoleskan minyak geranium secara langsung pada permukaan kulit. Sebaiknya, lakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum digunakan. Atau, anda bisa sedikit mengencerkannya (menggunakan minyak kelapa) untuk meminimalisir resiko efek samping.

Selain itu, penderita tekanan darah tinggi atau orang yang beresiko penyakit jantung harus menggunakannya dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter, karena minyak geranium dikenal dapat memperlambat atau bahkan menghentikan aliran darah.

Sebenarnya, masih ada beberapa pilihan obat psoriasis herbal lainnya, seperti minyak atsiri peppermint, minyak jarak, tea tree oil dan sebagainya. Sekali lagi, pastikan anda mengetahui khasiat dan kemungkinan efek sampingnya sebelum digunakan, dan anda mengkonsultasikannya dengan dokter anda, untuk mencegah reaksi yang tidak diingini pada permukaan kulit.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara menggunakan vco untuk kulit yang terkena prosiasis; vco untuk psoriasis; minyak atsiri untuk atasi jamur; menggunakan minyak vco untuk seboroik atau psioriasis; manfaat stelatopia untuk psoriasis; khasiat psoriasis; jiringga bangle obat penyakit psoriasis; efek negatif jika minyak atsiribdioleskan kekulit; cara mengobati psioaris dengan minyak kelapa; cara mengkonsumsi vco untuk kulit prosiasis;

Content Protection by DMCA.com