Obat Penyakit Hernia Herbal dari Akar Marshmallow

Tonjolan yang muncul akibat penyakit hernia pada umumnya tidak berbahaya. Namun pada kondisi tertentu, tonjolan tersebut bisa saja terasa sakit, khususnya ketika penderita batuk, menunduk, atau mengangkat benda berat. Sayangnya, obat penyakit hernia yang tersedia di pasaran umumnya hanya untuk meredakan gejalanya, bukan untuk mengatasi penyakitnya. Biasanya, tonjolan tersebut dihilangkan melalui tindakan bedah.


Obat penyakit Hernia (Shutterstock)

Obat penyakit Hernia (Shutterstock)

Meski tindakan bedah kerap dianjurkan tenaga medis untuk mengatasi tonjolan akibat penyakit hernia, obat alami penyakit hernia tetap dibutuhkan, khususnya untuk meringankan gejala dan menghambat pertumbuhan tonjolan tersebut. Banyak obat alami yang diyakini mampu meringankan rasa sakit atau nyeri akibat hernia. Di antaranya adalah jahe yang memang banyak digunakan sebagai obat herbal penyakit hernia di Indonesia, akar licorice, chamomile, akar marshmallow, dan beberapa obat herbal lainnya yang mungkin jarang ditemukan di indonesia, seperti bunga howthorne.

Akar Marshmallow sebagai Obat Penyakit Hernia Herbal

Selain jahe, salah satu obat herbal yang populer untuk meringankan gejala hernia adalah akar marshmallow. Mungkin anda membayangkan marshmallow sebagai camilan selembut salju yang rasanya manis, bukan? Dalam hal ini, marshmallow yang dimaksud adalah tanaman yang telah digunakan sebagai obat herbal selama ratusan tahun. Bahkan, akar marshmallow telah digunakan untuk pengobatan di zaman Yunani kuno karena efek penyembuhan yang terkandung di dalamnya.

Akar marshmallow kering untuk pengobatan hernia (Shutterstock)

Akar marshmallow kering untuk pengobatan hernia (Shutterstock)

Manfaat Akar Marshmallow sebagai obat penyakit hernia herbal berasal dari efek dingin yang dihasilkan. Tanaman ini dapat meringankan gejala nyeri dan panas akibat hernia. Di dalamnya terkandung flavonoid yang mengandung khasiat anti-radang, sehingga tonjolan hernia tidak semakin membesar.

Ekstrak akar marshmallow diyakini dapat memicu suatu proses yang dikenal dengan fagositosis, di mana sel-sel tertentu akan menelan bakteri jahat, jaringan sel mati, maupun partikel padat lainnya. Proses fagositosis akan mempercepat proses penyembuhan. Itulah sebabnya, akar marshmallow sangat membantu pada berbagai jenis peradangan (inflamasi), bukan hanya pada kasus hernia, namun juga pada kasus lain, seperti radang lambung.

Cara Menggunakan Akar Marshmallow sebagai Obat Penyakit Hernia

Cara paling mudah menggunakan akar marshmallow sebagai obat penyakit hernia herbal adalah mengolahnya menjadi teh, yang memberikan efek dingin. Caranya sangat mudah, akar marshmallow kering diseduh seperti membuat teh biasa. Di beberapa negara, akar marshmallow kering bisa dibeli dalam paket siap seduh. Anda juga bisa mendapatkan sediaan berupa kapsul, teh kantong akar marshmallow, maupun salep herbal siap pakai.

Teh akar marshmallow untuk mengobati hernia (Shutterstock)

Teh akar marshmallow untuk mengobati hernia (Shutterstock)

Meski sediaan siap pakai seperti ini tidak tersedia secara luas di Indonesia, anda bisa mendapatkannya melalui pembelian secara online. Namun, sebelum mengkonsumsi sediaan siap pakai, seperti salep atau kapsul, menggunakan olahan herbal tentunya lebih aman. Untuk hasil optimum, anda disarankan mengkonsumsi teh marhsmallow secara rutin. Caranya:

  • Siapkan bahan teh, berupa 1 sendok makan akar marshmallow, 1 sendok teh daun peppermint untuk penambah rasa dan aroma (jika anda menginginkannya) atau perasan air lemon, dan 1 cangkir air hangat (bukan air panas).
  • Seduh akar marshmallow ke dalam botol tertutup dan biarkan sejenak
  • Kocok pelan, dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam (atau semalaman)
  • Saring dan minum dalam keadaan dingin
  • Konsumsi secara teratur hingga gejala hernia anda berkurang

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa akar marshmallow sebagai obat penyakit hernia belum diteliti pada ibu hamil dan menyusui. Untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan, pastikan anda berkonsultasi pada dokter sebelum anda mengkonsumsinya. Hal yang sama juga perlu diperhatikan oleh pengidap penyakit tertentu.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat herbal kolesterol; obat herbal ambeien; tanaman obat sakit pinggang; cara mengobati gagal ginjal; obat gondok dalam; teh marshmallow;

Content Protection by DMCA.com