Obat Penyakit Cacingan Tradisional Buatan Sendiri

Salah satu penyakit yang rawan menyerang anak-anak adalah cacingan dan ini bisa mengganggu masa pertumbuhan termasuk perkembangan kecerdasan. Gejala penyakit ini antara lain adalah lemas, pucat, kurang aktif, dan sulit untuk fokus atau konsentrasi. Bagi Anda yang buah hatinya mengalami gangguan kesehatan ini, berikut ini adalah Obat penyakit cacingan yang bisa Anda ramu sendiri di rumah.


Obat Penyakit Cacingan Tradisional (Fotolia)

Obat Penyakit Cacingan Tradisional (Fotolia)

Obat Penyakit Cacingan Alami

Inilah beberapa resep yang bisa dipraktekkan di rumah sebagai Obat alami penyakit cacingan dengan bahan yang mudah ditemukan dan aman digunakan.

Resep 1

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat resep 1 adalah 25 gram temu ireng, 15 gram bangle, 10 gram biji tumbar, dan 5 buah tangkai daun sirih. Cara membuatnya, cuci semua bahan hingga bersih dan tangkai daun sirih dirajang hingga halus. Rebus semua ramuan dalam 600 cc air dan diamkan hingga tersisa setengahnya. Konsumsi ramuan ini bila sudah agak dingin 2 kali sehari.

Resep 2

Untuk meramu resep kedua, persiapkan 3 gram biji ceguk, 2.5 gram rimpang temu ireng, dan 3 gram rimpang temu giring. Cara membuatnya sangat sederhana, Anda hanya perlu menghaluskan semua bahan lalu dicampur dengan 110 ml air matang kemudian diperas. Konsumsi ramuan ini dengan dosis sekali sehari sebanyak 100 ml terus-menerus selama 3 hari.

Resep 3

Bahan yang diperlukan untuk membuat obat cacingan tradisional berikutnya adalah 3 hingga 5 butir biji jeruju yang dihaluskan dengan digiling atau diblender. Seduh dengan ½ cangkir air panas kemudian diamkan hingga dingin. Minumkan ramuan ini pada buah hati Anda sekali sehari dan berturut-turut selama 2 hingga 4 hari.

Resep 4

Untuk membuat resep 4 ini sangat mudah karena pada umumnya bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur Anda. Persiapkan ¼ butir buah kelapa dan 1 buah wortel lalu parut sampai halus. Campur dengan segelas air lalu peras dan saring ramuan untuk mendapatkan santan dan sari wortelnya. Minumkan ramuan ini menjelang tidur pada buah hati Anda.

Petai Cina sebagai obat cacingan alami (Fotolia)

Petai Cina sebagai obat cacingan alami (Fotolia)

Resep 5

Untuk mengolah ramuan berikutnya persiapkan 7 gram akar delima kering, cuci, lalu potong-potong. Rebus bahan ini dengan segelas air selama 15 menit. Diamkan hingga ramuan menjadi dingin dan saring untuk memperoleh sarinya. Minumlah sekaligus (resep untuk satu kali minum).

Resep 6

Untuk membuat ramuan berikut ini persiapkan 15 gram kulit delima, 15 gram serbuk biji pinang, serta 3 gelas air bersih yang direbus sampai mendidih. Gunakan api kecil dan rebus ramuan selama sekitar 1 jam. Bila sudah mendidih saring ramuan. Konsumsilah obat cacing ini sekaligus sebelum sarapan.

Resep 7

Pada resep berikut ini persiapkan 1 pilah daun pepaya beserta 15 gram akar pohon bunga melati. Cuci semua bahan hingga bersih dan potong-potong. Rebus seluruh bahan dengan 600 cc air dan diamkan hingga mendidih dan tersisa hanya setengahnya. Biarkan hingga ramuan menjadi dingin lalu konsumsilah. Ramuan ini sangat manjur untuk membasmi cacing kremi.

Resep 8

Resep ke 8 ini juga cocok digunakan untuk mematikan cacing kremi pada pencernakan. Siapkanlah 30 gram akar pepaya, gula merah secukupnya, serta 3 siung bawang putih. Kupas bawang dan potong-potong, cuci akar pepaya hingga bersih, dan potong-potong gula merah. Rebuslah seluruh ramuan dengan 600 cc air hingga mendidih dan diamkan hingga tersisa 300 cc. Diamkan hingga dingin dan konsumsilah ramuan ini untuk 2 kali minum.

Resep 9

Petai cina yang selama ini sering menjadi bahan masakan ternyata juga ampuh digunakan sebagai Obat penyakit cacingan. Siapkan biji petai cina yang telah tua dan mengering lalu disangrai. Kemudian ditumbuk hingga halus. Simpan ramuan pada toples yang kering dan bersih. Untuk menggunakannya, ambil sesendok makan ramuan tersebut lalu seduh dalam segelas air hangat dan aduk hingga merata. Minumkan pada buah hati Anda di malam hari menjelang tidur.

Nah, semoga resep-resep tradisional untuk mengatasi cacingan seperti yang telah diulas di atas bermanfaat bagi Anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Obat sakit kepala tradisional; obat alami asam urat; obat cacing tradisional; obat cacing anak tradisional; obat cacingan tradisional; obat herbal penyakit maag; obat tradisional cacingan; Obat cacing alami; obat alami sering sakit kepala; obat herbal buatan sendiri untuk anak cacingan;

Content Protection by DMCA.com