Obat Penyakit Asma Anak: Jangka Panjang vs Quick Relief

Bunda,,,,begitu buah hati anda didiagnosis menderita asma, hal pertama yang harus anda lakukan adalah JANGAN PANIK! Episode penyakit asma pada anak-anak mungkin akan membuat orang tua stress terutama jika anak belum bisa memahami cara meringankan episode asma tersebut. Anak yang menderita asma memang membutuhkan perhatian khusus dari orang tua. Artinya, setiap kali episode sesak nafas terjadi, harus ada orang tua atau orang dewasa yang memberikan pertolongan pertama.


Penyakit asma pada anak - Shutterstock

Penyakit asma pada anak – Shutterstock

Pengobatan terhadap penyakit asma pada anak pada dasarnya mencakup dua hal, yakni pencegahan gejala dan pengobatan terhadap serangan sesak nafas, sehingga tidak semakin berkembang dan lebih parah. Anak anda mungkin membutuhkan pengobatan jangka panjang yang berguna untuk meringankan radang yang terjadi pada saluran nafas buah hati anda. Inilah yang menyebabkan gejala sesak nafas.

Obat Penyakit Asma pada Anak: Obat Jangka Panjang

Berikut adalah beberapa obat jangka panjang untuk meringankan gejala asma pada anak:

  • Inhaler corticosteroid; pastikan anda menyediakan obat hirup yang mengandung corticosteroid di rumah, untuk meringankan gejala dan serangan sesak nafas pada anak. Sejumlah brand telah menyediakan obat ini, antara lain Pulmicort Flexhaler, Asmanex, Alvesco, Flovent HFA, Qvar, dan lain-lain. Hanya saja, penggunaan obat ini pada anak harus di bawah pengawasan dokter, karena corticosteroid jangka panjang dapat menimbulkan perlambatan pada pertumbuhan anak.
  • Inhaler kombinasi; biasanya, obat ini terdiri dari campuran corticosteroid dan Long-Acting Beta Agonist (LABA). Hanya saja, obat ini hanya dianjurkan untuk kasus penyakit asma bronchial atau asma yang tidak bisa diatasi dengan obat lain. Artinya, inhaler kombinasi adalah alternatif terakhir.
Obat penyakit asma oral pada anak - Shutterstock

Obat penyakit asma oral pada anak – Shutterstock

  • Leukotriene Modifier; obat ini tersedia dalam bentuk obat minum. Fungsinya adalah untuk mencegah gejala asma dengan efek kerja hingga 24 jam. Sekali lagi, obat ini juga tidak bebas resiko. Di antara efek samping yang pernah dilaporkan adalah reaksi psikologis, seperti depresi, halusinasi, lekas marah, sensitif, dan bahkan fikiran buruk yang dapat membahayakan jiwa anak.
  • Obat ini berfungsi membuka saluran nafas dengan merelaksasi otot-otot di sekitar jalan nafas, sehingga penderita dapat bernafas lebih mudah. Namun, obat ini sudah jarang direkomendasikan dalam beberapa tahun terakhir.

Obat Penyakit Asma pada Anak: Quick Relief

Selain obat-obatan jangka panjang di atas, sebenarnya ada juga obat penyakit asma pada anak yang sifatnya quick relief, antara lain short-acting beta agonist, kortikosteroid oral maupun suntik. Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk meredakan serangan sesak nafas sebagai pertolongan pertama. Hanya saja, anda tidak dianjurkan untuk membiarkan buah hati terlalu lama bergantung pada obat-obatan ini.

Penanganan penyakit asma pada anak - Shutterstock

Penanganan penyakit asma pada anak – Shutterstock

Pengobatan jangka panjang tetap menjadi pilihan utama untuk memulihkan kondisi anak. Untuk kasus asma yang berat dan persisten, anda mungkin harus menyediakan obat jangka panjang, obat quick-relief, sekaligus inhaler yang bisa dipegang anak. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesabaran di pihak orang tua untuk menghadapi penyakit asma pada anak.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

pengobatan asma jangka panjang; queick relief artinya pada asma; reliever asma pada bayi dan anak;

Content Protection by DMCA.com