Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi/Balita: ASI vs Herbal

Masalah batuk pada anak dan bayi sudah menjadi masalah umum yang dihadapi oleh orang tua. Sistem kekebalan tubuh balita memang belum sempurna, sehingga anak lebih mudah terserang batuk pilek. Oleh sebab itu, orangtua harus mengetahui obat batuk tradisional untuk bayi/balita untuk bisa mengatasi masalah batuk pada buah hati. Bagi bayi yang masih menyusu, ASI merupakan obat paling mujarab, namun bagaimana dengan balita yang sudah tidak mendapatkan ASI? Pemakaian obat kimia untuk batuk balita tidak dianjurkan. Karena alasan tersebut, orangtua memilih produk herbal untuk bayi mereka.

ASI sebagai obat batuk tradisional untuk bayi-balita

ASI sebagai obat batuk tradisional untuk bayi-balita (Konsultasisehat)

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi/Balita Pilihan Orangtua

Pengobatan herbal untuk batuk bayi tidak hanya berkaitan dengan segala sesuatu yang diminum. Faktanya orangtua bisa melakukan tindakan alami dan mudah seperti menghangatkan tubuh bayi mereka. Cara atau metode ini sudah terbukti efektif untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan lendir pada batuk maupun pilek bayi. Cara menghangatkan tubuh bayi faktanya mudah dilakukan yaitu dengan minyak telon. Setelah mengaplikasikan minyak telon pada bayi, maka cara selanjutnya adalah dengan meninggikan bantal pada bayi untuk membantu proses pernafasan mereka. Cara ini memang terbukti paling bisa dipercaya oleh banyak orangtua.

Seperti yang sudah dibahas di atas. ASI dapat menjadi pilihan sebagai obat alami batuk pada balita. Saat bayi batuk dan juga pilek, bunda memberikan ASI untuk meningkatkan fungsi pertahanan tubuh sang bayi. Air ASI mengandung zat-zat terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Semakin bagus asupan ASI, masalah kekebalan tubuh akan lebih cepat teratasi. Kesembuhan dari penyakit batuk bisa diatasi dengan ASI yang sehat dan teratur. Namun saat batuk, terkadang bayi tidak mau makan maupun minum sama sekali.

Obat Alami Batuk Pada Balita Selain ASI

Selain cara di atas, orangtua bisa memanfaatkan jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Ramuan tersebut dapat cocok jika bayi sudah berusia 2 tahun ke atas. Jeruk nipis diyakini dapat mengatasi batuk pilek. Jika memanfaatkan produk alami atau herbal untuk kesembuhan sang buah hati, maka orangtua tak perlu takut atau khawatir sama sekali mengenai efek samping yang ditimbulkan. Namun, kecocokan obat herbal untuk bayi berbeda dengan yang lain.

Khasiat jeruk nipis dan madu untuk batuk

Khasiat jeruk nipis dan madu untuk batuk (Lisarasahan)

Saat batuk, bayi memang terkadang harus menghindari beberapa makanan yang justru bisa memicu masalah batuk dengan parahnya. Makanan berminyak dan manis-manis sama sekali tidak boleh diberikan pada sang buah hati. Kemudian, berikan anak minum air hangat sesering mungkin, karena hal ini dapat membeirkan rasa lega pada pencernaan.

Namun, jika batuk anak tidak bisa diatasi secara herbal, maka bantuan medis dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan bayi atau balita. Selain memberikan obat batuk tradisional untuk bayi/balita, pastikan bayi anda berada dalam ruangan yang hangat dan hindari bayi dari paparan udara dingin, khususnya di malam hari.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

apa asi dpt menghilangkan batuk pada bayu -tips atasi batuk pilek pada bayi -obat batuk pilek bayi -obat batuk pilek anak alami -obat batuk buat balita -obat batuk bayi -obat batuk bagi bayi -obat batuk alami untuk bayi -cara menyembuhkan batuk pilek pda baby 2bln -apa yg harus ibu minum saat bayinya batuk pilek -apa yang dilakukan anak batuk pilek -tips obat alami untk mxmbuhkn flu dn batuk pda bayi -