Obat Batuk Tradisional Untuk Anak dan Manfaatnya

Masalah kesehatan seperti batuk sekarang memang sesuatu yang umum diderita semua orang, khususnya anak-anak. Namun obat-obat batuk yang tersedia di pasaran konvensional saat ini tidak digemari karena memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Karena alasan inilah orang tua cenderung memilih obat batuk tradisional untuk anak karena minim efek samping. Alasannya karena obat tradisional tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Terutama bagi anak-anak yang masih sensitif terhadap bahan-bahan kimia tertentu, mereka harus memperoleh obat herbal terbaik yang tidak ada efek sampingnya sama sekali.


obat batuk tradisional untuk anak

obat batuk tradisional untuk anak (Balitapedia)

Bahan alami dari obat batuk tradisional akan membantu proses penyembuhan secara efektif dan menghindarkan dari efek buruk yang tidak diinginkan. Obat herbal bisa dibeli di apotek maupun juga dibuat sendiri di rumah. Ada banyak pilihan bahan alami yang dimanfaatkan sebagai pilihan obat herbal dan amat mudah diperoleh di sekitar lingkungan kita. Biasanya bahan yang digunakan disesuaikan dengan umur anak. Semakin dewasa seorang anak dalam beraktifitas, mereka biasanya akan lebih bisa beradaptasi untuk obat herbal dengan bahan-bahan tertentu.

Pilihan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Jahe dan Kencur

Bahan untuk obat batuk herbal anak yang paling sering digunakan saat ini adalah jahe dan juga kencur. Jahen yang sudah dimemarkan kemudian direbus hingga air tersisa setengahnya saja. Mungkin beberapa anak tidak menyukai rasanya yang sedikit pedas. Untuk mengatasi masalah tersebut, tambahkan madu atau jeruk nipis untuk memberikan rasa yang lebih lezat. Bahan yang digunakan untuk menambah rasa pada obat herbal tersebut berikutnya adalah gula pasir. Namun tambahan-tambahan tersebut janganlah terlalu banyak karena bisa merusak rasa rebusan jahe tadi.

Obat batuk herbal anak dari kencur dan jahe

Obat batuk herbal anak dari kencur dan jahe (Tarunalaut)

Jeruk nipis

Pilihan berikutnya adalah jeruk nipis. Sudah banyak orangtua yang mengambil manfaat dari jeruk nipis untuk dijadikan sebagai obat tradisional batuk anak. Sudah lama bahan ini menjadi pilihan untuk mengatasi masalah batuk, bukan hanya pada anak namun juga orang dewasa. Cara yang digunakan cukup mudah untuk mengolah jeruk nipis. Perasaan jeruk nipis bisa langsung diminum dan dicampur gula maupun madu untuk menamba rasa pada olahan dan juga bahan tersebut. Terkadang anak-anak tidak suka dengan rasanya yang asam. Namun madu dan gula bisa menjadi solusi terbaik. Selain itu, kecap juga sering menjadi pilihan.

Jeruk nipis dan madu untuk atasi batuk

Jeruk nipis dan madu untuk atasi batuk (Obatherbalasamuratdankolesterol)

Kencur

Ramuan untuk obat batuk tradisional untuk anak selanjutnya adalah kencur. Kencur memang bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah batuk pada anak-anak. Bahan ini sudah lama digunakan dalam praktek pengobatan tradisional. Cara menyiapkannya juga mudah. Kencur yang sudah dikupas kemudian diparut dan dimasak dengan air sehingga rata. Pengobatan bisa diberikan pada anak-anak selama 2 hingga 3 kali sehari. Ramuan harus diminum secara teratur jika tidak ingin memperoleh masalah dalam efektifitas obat itu sendiri.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat kencur untuk bayi; obat herbal penyakit paru paru; kencur obat batuk bayi; khasiat kencur untuk batuk; manfaat kencur; kencur untuk obat batuk bayi; kencur untuk bayi; manfaat kencur untuk batuk; manfaat kencur dan jahe untuk anak; manfaat kencur buat anak;

Content Protection by DMCA.com