Mungkinkah Penyakit Alzheimer Dicegah dengan Kopi?

Kopi merupakan minuman yang biasanya dikonsumsi pada saat mengantuk. Kopi juga sering diminum ketika kita hendak memulai aktivitas di pagi hari. Terbukti secara ilmiah bahwasanya kandungan dalam kopi dapat membuat mata melek dan tubuh berenergi. Namun tahukah bahwa kopi punya manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan? Ya, kopi dapat mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa ahli telah meneliti bahwa kopi tidak hanya menstimulasi gerak tubuh tapi juga daya kerja otak.


Penyakit Alzheimer dan pencegahannya

Penyakit Alzheimer dan pencegahannya

Apa Itu Penyakit Alzheimer?

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak. Organ yang diserang oleh Alzheimer adalah bagian otak yang menyimpan memori. Oleh karena itu, penderita Alzheimer akan mudah melupakan hal apa pun dalam hidupnya, dimulai dari hal kecil sampai dengan hal besar. Alzheimer ini disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan kerusakan pada sel-sel otak yang diakibatkan oleh penumpukan zat-zat tertentu di dalam otak.

Alzheimer ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena sangat bepengaruh pada keseharian penderitanya. Karena Alzheimer tidak hanya menyerang para lansia yang sudah masuk usia pikun, penyakit Alzheimer pada usia muda seringkali dijumpai di sekitar kita. Hal lain yang membuat Alzheimer menjadi salah satu penyakit paling berbahaya adalah penyakit ini belum diketahui obatnya. Untuk itu, pencegahan adalah cara terbaik yang mungkin dilakukan pada saat ini.

Kopi Dapat Mencegah Alzheimer- Fotolia

Kopi Dapat Mencegah Alzheimer- Fotolia

Bagaimana Kopi Dapat Mencegah Alzheimer?

Berikut adalah alasan yang membuat kopi dapat membantu dalam pencegahan Alzheimer:

Kopi dapat meningkatkan fungsi otak

Kopi mengandung suatu zat yang bisa jadi bermanfaat sekaligus beresiko dalam penggunaan dalam jumlah. Zat itu disebut dengan kafein. Kafein yang terkandung dalam kopi dianggap dapat membuat manusia selalu waspada. Itu artinya, tingkat konsentrasi kita akan meningkat pada saat kita mengonsumsi kafein. Dengan kata lain, kopi dapat menstimulasi kerja otak. Jika otak sering distimulasi, Alzheimer kemungkinan besar tidak akan menyerang.

Kopi dapat mengurangi produksi ABeta

Selain kafein, kopi juga mengandung komponen minor yang dapat menghambat pembentukan ABeta. Penderita Alzheimer memiliki ABeta yang berlebihan dalam tubuhnya. Jika mengonsumsi kopi yang mengandung komponen minor, maka Alzheimer tidak mungkin mudah menjangkit kita.

Manfaat kopi untuk kesehatan - Fotolia

Manfaat kopi untuk kesehatan – Fotolia

Kopi dapat meningkatkan GCSF

Penderita Alzheimer diketahui memiliki Granulocyte Colony Stimulating Factor (GCSF) yang rendah. Kopi disebut dapat meningkatkan GCSF pada manusia dengan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Itulah mengapa kopi dapat mencegah datangnya Alzheimer.

Meski sama-sama menyerang bagian otak, penyakit Alzheimer dan Parkinson merupakan 2 penyakit yang berbeda. Jika Alzheimer merusak ingatan, Parkinson melemahkan daya gerak tubuh. Namun karena kopi dapat sangat berguna baik untuk menstimulasi otak maupun gerak tubuh, maka kemungkinan besar kopi juga dapat menangani keduanya, yaitu penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Selamat mencegah!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bukti kopi dapat menyembuhkan alzheimer; kenapa kopi bisa mencegah alzheimer; kopi dan alzheimer; mengapa kopi dapat mencegah penyakit alzheimer; zat dalam kopi yg mencegah parkinson;

Content Protection by DMCA.com