Minyak Alami untuk atasi Gejala Penyakit Kulit Eksim

Meski tidak berbahaya, penyakit kulit eksim pastinya sangat mengganggu, apalagi jika timbul di bagian tubuh yang terbuka. Malu dong…. Sebenarnya, penyakit ini sangat bervariasi, dan manifestasinya pada kulit juga berbeda-beda. Pada sebagian orang, eksim mungkin muncul dalam bentuk radang, perubahan warna kulit, kemerahan, melepuh dan basah, hingga berkerak.


Penyakit kulit eksim dan pengobatannya

Penyakit kulit eksim dan pengobatannya

Sebenarnya, penyakit kulit ini sering juga disebut dermatitis, yang artinya radang kulit. Pemicunya sangat bervariasi, mulai dari faktor keturunan hingga alergi. Sayangnya, belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit kulit ini. Hanya saja, dengan mencari penyebabnya, maka gejalanya bisa diatasi dengan benar.

Penyakit Kulit Eksim dan Pengobatannya dengan Minyak Alami

Jika kulit anda menjadi kering atau bahkan retak akibat eksim, maka iritasinya akan semakin parah. Nah, beberapa jenis minyak alami berikut dapat membantu melembabkan kembali kulit anda dan mencegah kulit kering dan retak-retak:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi penyakit kulit eksim basah maupun kering. Minyak ini sangat mudah menyerap ke pori-pori kulit dan bekerja cepat untu melembabkannya, sehingga kulit anda tidak akan mengering dan retak (yang memperparah iritasi yang sudah ada).

Minyak kelapa untuk atasi penyakit kulit eksim - Shutterstock

Minyak kelapa untuk atasi penyakit kulit eksim – Shutterstock

Cara penggunaannya sangat sederhana. Cuci tangan anda hingga bersih dan keringkan. Oleskan minyak kelapa pada kulit yang sakit dan biarkan hingga mengering. Oleskan beberapa kali dalam sehari untuk hasil maksimum. Selain itu, usahakan untuk menggunakan minyak kelapa murni, agar reaksinya lebih cepat.

Minyak Ikan

Anda tentu tahu bahwa minyak ikan adalah minyak segala manfaat. Minyak yang kaya akan asam lemak omega 3 ini digunakan sebagai suplemen maupun untuk pengobatan. Nah, ternyata, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi keparahan penyakit kulit eksim, khususnya gatal-gatal. Penelitian menemukan bahwa penderita penyakit kulit eksim umumnya memiliki kadar asam lemak esensial yang rendah, sehingga diperlukan penambahan melalui suplemen asam lemak.

Berbeda dengan minyak kelapa yang digunakan dengan teknik oles, minyak ikan justru digunakan dengan cara konsumsi. Anda bisa menggunakan minyak ikan dalam bentuk kapsul atau cairan. Jika menggunakan cairan, anda bisa mencampurkannya dengan jus jeruk untuk menghilangkan bau amisnya. Namun, jika menggunakan kapsul, cukup konsumsi secara langsung, sesuai dengan instruksi pada kemasan.

Minyak Jojoba

Satu lagi minyak ajaib yang digunakan untuk meringankan gejala penyakit kulit eksim adalah minyak joboba. Minyak ini meresap lebih dalam ke pori-pori kulit, dan struktur molekulnya hampir sama dengan hampir semua jenis minyak yang diproduksi kulit kita secara alami. Caranya hampir sama dengan menggunakan minyak kelapa:

Manfaat minyak jojoba untuk penyakit kulit eksim - Shutterstock

Manfaat minyak jojoba untuk penyakit kulit eksim – Shutterstock

  • Cuci tangan anda hingga bersih, dan keringkan
  • Oleskan minyak jojoba ke area yang sakit sambil dipijat perlahan hingga minyak terserap
  • Lakukan 3 kali sehari, sesuai kebutuhan

Itulah beberapa informasi tentang penyakit kulit eksim dan pengobatannya secara alami menggunakan minyak alami yang mudah ditemui di rumah anda atau di toko obat terdekat. Lakukan perawatan secara rutin agar gejala eksim anda tidak semakin memburuk dan melebar ke bagian kulit lainnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

minyak kelapa untuk eksim; minyak kelapa untuk kulit gatal; khasiat minyak kelapa untuk penyakit kulit; manfaat minyak kelapa untuk gatal; manfaat minyak kelapa untuk kulit gatal; minyak kelapa untuk penyakit kulit; 没minyak untuk kulit eksim kering; cara menghilangkan gatal dengan minyak kelapa; cara alami atasi penyakit kulit eksim; apakah minyak kelapa bisa menyembuhkan eksim;

Content Protection by DMCA.com