Menu Diet Seminggu Tanpa Nasi untuk Turunkan Berat Badan

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan hingga 2 kg atau 3 kg dalam seminggu merupakan target yang terlalu obesif, namun bagi sebagian lagi, ini merupakan target yang harus dicapai, dengan berbagai cara. Sebenarnya, target sekitar 2 kilogram per minggu tidaklah terlalu obsesif, karena hal ini bisa dicapai, salah satunya dengan menu diet seminggu tanpa nasi. Caranya? Simak terus penjelasan berikut.

Menu diet seminggu tanpa nasi - Shutterstock

Menu diet seminggu tanpa nasi – Shutterstock

Pilihan Menu Diet Seminggu Tanpa Nasi

Diet tanpa nasi bukanlah diet ekstrim, karena memang banyak dipraktekkan oleh dieter. Meski demikian, anda tetap harus mendapatkan asupan karbohidrat dari sumber lain, seperti karbohidrat kompleks dan sereal atau gandum utuh. Nah, ingin mencoba diet ini? Berikut adalah contoh menu diet sehat seminggu yang bisa anda coba.

Menu Hari Ke-1

Di hari pertama, anda bisa memulai dengan mengkonsumsi buah-buahan segar saja. Buah-buahan selain kaya nutrisi dan serat pangan, dapat menjadi detoks alami untuk membuang toksin-toksin jahat dari saluran pencernaan anda. Padukan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, dan pilih buah-buahan yang belum melalui perlakuan seperti pembekuan. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau dijadikan jus atau smoothies asal tidak menggunakan pemanis tambahan.

Menu sarapan sehat tanpa nasi - Shutterstock

Menu sarapan sehat tanpa nasi – Shutterstock

Menu Hari Ke-2 Hingga Hari Ke-4

Pada tahap ini, anda bisa mengkonsumsi sayuran bersama dengan sumber karbohidrat alternatif, seperti kentang rebus. Atau, oatmeal serta crackers juga bisa menjadi alternatif. Selain memberikan rasa kenyang yang lebih awet, makanan ini sekaligus memberikan nutrisi penting lainnya seperti protein. Sayur-sayuran bisa anda rebus atau dijadikan selada sayuran. Namun, hindari penggunaan saus, kecap, dan sejenisnya, karena dapat memberikan kalori tambahan pada menu diet seminggu tanpa nasi yang sedang anda jalani.

Menu Hari Ke-5 hingga Hari Ke-7

Di hari ke-5 dan ke-6, anda bisa mengkombinasikan buah, sayuran, dan sumber protein hewani dan nabati. Telur rebus atau ikan pepes dapat menjadi alternatif. Hingga proses memasak melalui goreng atau panggang, karena proses ini dapat menambah nilai kalori pada menu anda.  Di hari terakhir, anda bisa sedikit ‘memanjakan’ diri anda dengan cheat day. Pada hari terakhir ini, anda bisa mengkonsumsi makanan yang selama ini anda hindari, seperti nasi goreng, namun harus tetap pada koridor diet anda.

Contoh menu buah segar untuk diet - Shutterstock

Contoh menu buah segar untuk diet – Shutterstock

Nah, tidak sulit bukan memilih menu diet sehat tanpa nasi untuk menurunkan berat badan anda hingga 2-4 kilogram dalam seminggu. Meski demikian, pola seperti ini sebaiknya diselingi dengan konsumsi karbohidrat untuk memberikan asupan tenaga bagi anda. Diet tanpa nasi cocok untuk anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan sekaligus penurunan gula darah, karena nasi menjadi salah satu penyumbang glukosa yang cukup besar. Namun sekali lagi, pastikan tubuh anda terhidrasi dengan baik.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

tidak makan nasi satu minggu -