Menjaga Fungsi Jaringan Otot Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi laki-laki memiliki otot yang kekar pasti menjadi kebanggan tersendiri. Untuk mencapai bentuk otot tersebut pasti menggunakan berbagai jenis latihan yang akan mendukung hal tersebut. Fungsi jaringan otot pada manusia adalah membantu dalam melakukan gerakan untuk kegiatan sehari-hari dan juga olahraga. Setiap jenis otot memiliki manfaatnya masing-masing sesuai dengan karakteristik dan cara kerjanya.

Fungsi jaringan otot - Shutterstock

Fungsi jaringan otot – Shutterstock

Pentingnya Menaga Fungsi Jaringan Otot

Otot merupakan bagian penting dari tubuh manusia sehingga bisa menggerakkan rangka sesuai dengan perintah otak. Tidak hanya berada di bagian alat gerak tubuh tetapi juga di jantung, usus, pembuluh darah dan rahim. Dengan begitu sistem kerja di dalam tubuh bisa terus berjalan sesuai seharusnya untuk menjaga kelangsungan kebutuhan tubuh.

Banyak fungsi dari jaringan otot bagi tubuh manusia. Terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga kesehatan otot. Sehingga sering terjadi kram, nyeri atau cedera yang cukup menyakitkan. Olahraga yang kurang benar atau melakukan sesuatu yang merusak jaringan otot haruslah dihindari sebisa mungkin.

Berikut cara untuk merawat kesehatan otot manusia.

  • Memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Cairan tersebut dapat membantu otot kembali rileks setelah kontraksi serta menjaga kelembabannya agar tidak terjadi ketegangan otot
  • Melakukan pemanasan untuk peregangan sebelum dan sesudah melakukan suatu aktifitas meminimalisasi cedera atau kram pada otot
  • Menggunakan krim khusus untuk menghangatkan otot sehingga dapat mengurangi kram dan nyeri

Dengan melakukan beberapa hal tersebut maka kesehatan otot akan selalu terjaga. Anda juga tidak akan mengalami kram, nyeri atau cedera. Sehingga bisa beraktifitas dengan lebih leluasa dan nyaman. Tidak perlu lagi takut untuk melakukan olahraga atau aktifitas yang cukup berat lagi karena sudah memahami cara meminalisasi resiko pada otot.

Pentingnya menjaga fungsi jaringan otot - Shutterstock

Pentingnya menjaga fungsi jaringan otot – Shutterstock

Fungsi Jaringan Otot Polos Untuk Tubuh Manusia

Salah satu otot paling penting di dalam tubuh manusia adalah otot polos. Otot tersebut terdapat pada rahim, saluran udara, usus dan pembuluh darah. Dengan posisi di organ penting tentunya anda harus bisa menjaganya agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Otot polos merupakan otot yang bekerja tanpa kontrol dari manusia sehingga tidak akan lelah.

Berikut beberapa fungsi jaringan otot polos.

  • Berada di dalam rahim membantu proses kelahiran untuk mendorong bayi
  • Pada kandung kemih membantu mengeluarkan urine
  • Menentukan ke arah mana aliran arteri
  • Dapat mengatur aliran udara dalam paru-paru
  • Dalam pembuluh darah mengatur tekanan darah.

Sehingga otot polos merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia karena memang turut andail dalam mengatur bagian-bagian penting dalam organ-organ tersebut. Fungsi jaringan otot memang tidak akan bisa dipisahkan dari organ atau bagian yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga anda harus bisa untuk menjaganya sebaik mungkin.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara menjaga otot agar tetap sehat -