Mengenal Penyebab Serta Pengobatan Penyakit Mata Ikan

Mungkin kaki merupakan bagian yang sering dilupakan karena letaknya berada di bagian bawah dan juga tertutup alas kaki. Namun berbagai macam jenis penyakit bisa menyerang kaki termasuk juga dengan penyakit mata ikan yang seringkali mengganggu penampilan. Penyakit ini tidak berbahaya karena bisa dikategorikan dalam jenis penyakit kulit. Namun jika segera diatasi, maka Anda akan sangat sulit beraktivitas.


Penyebab Penyakit Mata Ikan (Fotolia)

Penyebab Penyakit Mata Ikan (Fotolia)

3 Penyebab Utama Penyakit Mata Ikan

Meskipun tergolong penyakit yang sepele, namun mata ikan seringkali timbul dan mengganggu kulit bagian kaki dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Tekanan atau Gesekan Terus Menerus Pada Kaki

Umumnya mata ikan bisa terjadi di bagian kulit manapun, hanya saja banyak orang yang mengalaminya di bagian kaki. Tekanan serta gesekan secara terus menerus yang dialami oleh kulit bagian tertentu akan menyebabkan timbulnya benjolan serta kulit menjadi kasar. Apabila orang memiliki benjolan kecil terus menerus menggunakan sepatu, maka kaki akan mengalami borok serta infeksi.

Apabila seseorang mengalami obesitas atau memiliki badan yang berukuran besar, maka alas kaki akan menyempit sehingga gesekan akan semakin sering terjadi dan rawan terkena mata ikan. Palu yang sering digunakan oleh tukang kayu juga beresiko untuk terjadi mata ikan pada telapak tangan karena kulit akan menjadi tebal.

Diabetes

Penyakit mata ikan dan penyebabnya yang lain adalah diabetes. Benjolan akan lebih sering muncul jika seseorang terkena resiko diabetes atau penyakit gula darah. Menurut penelitian, resiko munculnya mata ikan lebih rawan terjadi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap resiko ini karena disebabkan oleh kelainan saraf pada jaringan pembuluh darah.

Sebelum melakukan tindakan untuk mengobati penyakit ini, maka penderita diabetes wajib untuk berkonsultasi terlbih dahulu kepada dokter yang profesional karena jika salah menanganinya, maka luka yang ditimbulkan bisa berubah menjadi borok yang akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Pengobatan mata ikan dengan merendam kaki (Fotolia)
Pengobatan mata ikan dengan merendam kaki (Fotolia)

Salah Memilih Alas Kaki

Salah dalam memilih ukuran alas kaki ataupun insole di bagian dalamnya sangat rawan untuk terjadinya pergesekan yang membuat kulit kaki akan luka ataupun tertekan terus menerus. Seringkali orang lebih memilih untuk menggunakan alas kaki yang sempit daripada kebesaran karena lebih nyaman. Namun hal tersebut adalah awal dari masalah kaki yang bisa muncul seperti mata ikan. Sebaiknya pilihlah alas kaki di saat siang hari karena ukuran kaki akan ada pada ukuran sebenarnya di siang hari dan pilih yang nyaman untuk Anda bukan yang memperindah kaki Anda.

Penyakit Mata Ikan dan Pengobatannya Secara Efektif

Tidak selamanya penyakit mata ikan dan pengobatannya harus dilakukan secara intensif dengan menggunakan perawatan medis karena terdapat cara-cara alami untuk menyembuhkannya seperti:

Merendam Kaki

Untuk mengobati mata ikan yang paling praktis adalah dengan merendam kaki sebagai perawatan rutin. Caranya:

  • Siapkan air hangat yang telah dicampur dengan sabun mandi sekitar 15 menit
  • Gosok bagian kaki yang menebal dengan batu apung secara lembut
  • Jangan menggosoknya dengan keras karena bisa menimbulkan luka
  • Sebaiknya gosok secara perlahan dan bertahap
  • Keluarkan kaki dari air rendaman dan bilas menyeluruh
  • Keringkan dengan menggunakan handuk dan oleskan salep atau krim yang mengandung asam salisilat sekitar 40% yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati.
Pengobatan mata ikan dengan bara api (Fotolia)

Pengobatan mata ikan dengan bara api (Fotolia)

Bara Api

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan bara api pada rokok ataupun tungku pembakaran. Cobalah untuk mengarahkan kaki pada tungku pembakaran ataupun rokok dan gunakan panasnya sampai Anda merasa akar mata ikan putus.

Semoga informasi mengenai penyakit mata ikan mampu menambah pengetahuan Anda serta bisa memberikan solusi tepat dalam mengatasi masalah tersebut sehingga kaki akan terlihat lebih sehat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

akar mata ikan; akar mata ikan terkena rokok; cara mengobati mata ikan dengan rokok; gambaran akar yang terdapat di penyakit mata ikan; lihat gambar mata ikan sudah besar; mata ikan di kaki adalah; penyebab mata ikam;

Content Protection by DMCA.com