Mengenal Penyakit Tipes: Gejala dan Penanganannya

Bagi sebagian orang, penyakit tipes bukanlah penyakit yang aneh lagi. Karena hampir sebagian masyarakat Indonesia pernah mengalaminya. Penyakit yang menyerang sistem pencernaan di usus halus ini memberikan banyak efek pada badan sehingga juga dapat mempengaruhi fungsi kerja banyak organ. Dan yang paling penting penyakit ini memiliki banyak penyebab; di antaranya adalah kondisi lingkungan, badan, dan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Penyakit tipes dan gejalanya

Penyakit tipes dan gejalanya (Forums.penny-arcade)

Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab utama penyakit tipes pada anak maupun dewasa adalah sama, yaitu bakteri dan kuman tipes bernama Salmonella typhosa yang menyerang sistem pencernaan berupa usus halus serta pada peredaran darah penderita sehingga penderita menjadi bermasalah dengan sistem pencernaannya. Bakteri ini muncul bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh penderita serta kondisi tubuh yang rentan diserang bakteri karena tidak fit seperti kelelahan dan stres. Penyakit ini lebih sering menyerang anak anak karena sistem imun mereka masih belum terlalu kuat sehingga bakteri yang ada mudah menyerang.

Sistem pencernaan yang bermasalah akan menyebabkan melemahnya kondisi tubuh sehingga kondisi tubuh yang dilihat dari luar dikatakan sakit. Gejalanya adalah dengan munculnya demam yang tinggi, muntah yang terus menerus, tubuh tidak dapat menerima makanan, infeksi tenggorokan, diare, serta pusing. Hal ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik serta penguat sistem imun dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan bersama dengan menjaga kondisi makanan yang tidak menyakiti sistem pencernaan seperti makanan yang mengandung asam yang tinggi dan pedas. Selain itu beristirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Penyakit Tipes Menular atau Tidak?

Banyaknya penderita tipes dalam suatu lingkungan menyebabkan pertanyaan penyakit tipes menular atau tidak muncul di benak beberapa orang. Hal tersebut dikarenakan penyakit yang baru bisa dikatakan sembuh total setelah tidak terdapat gejala tipes setelah 6 bulan dari kondisi badan yang membaik ini menjadi sebuah penyakit yang mengganggu karena dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Kuman tipes Salmonella typhosa

Kuman tipes Salmonella typhosa

Jika melihat pemahaman penyakit tipes dan gejalanya, penyakit ini bukanlah jenis penyakit menular karena bakteri berasal dari makanan dan kondisi tubuh yang lemah. Namun ternyata penyakit ini dapat ditularkan melalui air seni para penderita tipes. Sehingga dalam menghindari penyakit ini masyarakat perlu menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin serta mengkonsumsi makan makanan yang bersih dan sehat dan juga menjaga lingkungan tetap bersih. Sehingga bakteri tipes yang menurut penelitian masih bisa kambuh lagi dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan meskipun tubuh sudah merasa sehat ini tidak kembali lagi.

Penyakit yang lebih sering terjadi pada usia anak-anak dan remaja ini perlu dijadikan perhatian karena penyakit ini bisa kambuh kembali selama kurun waktu kurang dari 6 bulan dari kondisi sakit pertama. Sehingga menghindari makanan kotor, pedas, dan asam serta berolahraga unuk menjaga sistem imun dan mengurangi stres adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit tipes.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit tipes -apakah tipus dapat kambuh -