Mengenal Penyakit Meningitis

Apa itu meningitis? Pengertian meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput (meningen) yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Banyak kalangan menyebut meningitis dengan istilah radang selaput otak. Sebetulnya istilah tersebut kurang tepat sebab selaput (meningen) selain menutupi otak juga menutupi sumsum tulang belakang. Dibawah ini kami ajak pembaca untuk mengenal penyakit meningitis.

Penyebab meningitis yaitu infeksi bakteri, virus atau parasit. Penyebab meningitis perlu anda ketahui karena seberapa parah level penyakitnya dan bagaimana perawatan medis itu tergantung dari faktor penyebabnya.

Mengenal Penyakit Meningitis

Credit to istock

Apakah Meningitis Menular?

Penyakit meningitis dapat menular dari penderita ke orang lain dengan cara berbeda tergantung faktor penyebabnya. Penyakit Meningitis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, cara penularannya melalui batuk, bersin, dan ciuman. Adapun penyakit meningitis yang diakibatkan oleh virus, cara penularannya melalui feses (tinja) dan tetesan (droplet) yang dilepaskan oleh orang sedang batuk/bersin.

Tanda-Tanda atau Gejala Meningitis

Berikut Tanda-tanda penyakit meningitis:

  • Demam tinggi.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Leher kaku.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Rasa tidak nyaman saat melihat lampu terang.
  • Suka Bingung.
  • Mudah mengantuk.
  • Kejang.

Agak sulit untuk mendeteksi gejala Meningitis pada bayi baru lahir dan balita dibawah usia 2 usia. Bayi yang menderita meningitis mungkin tampak kurang aktif, muntah, rudet (rewel), sering nangis, dan tidak selera makan. Jika si kecil tidak aktif normal maka segera periksa pada dokter spesialis anak atau pediatri.

Pencegahan Penyakit Meningitis

Penyakit meningitis dapat dicegah dengan cara sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan, setelah ganti popok bayi, setelah buang air kecil dan besar, setelah batuk atau buang ingus.
  • Bersihkan permukaan gagang pintu, remote TV, keyboard, mouse dengan alkohol.
  • Tidak ciuman atau berbagi gelas minum atau makan di piring yang sama.

Untuk anak-anak dianjurkan untuk mengikuti vaksinasi sesuai jadwal imunisasi resmi. Melalui imunisasi diharapkan anak-anak menjadi terlindungi dari penyakit meningitis.

Pengobatan Meningitis

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan obat antibiotik. Semakin dini diobati maka semakin cepat sembuhnya. Adapun jika meningitis akibat virus maka tidak ada pengobatan khusus. Dalam banyak kasus, penderita meningitis akibat virus dapat sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu.

Penderita meningitis pada level ringan perlu istirahat yang cukup, tidak terlalu banyak berpikir sehingga tidak stres, dan perbanyak minum air putih. Perawatan di rumah sakit hanya diperlukan jika penyakit meningitis sudah berada pada level parah atau penderita yang memiliki imunitas tubuh yang lemah.

Baca juga info sehat alamiku ini:

Kini anda sudah mengenal penyakit meningitis. Jika anda atau keluarga mengalami tanda-tanda penyakit meningitis tersebut diatas maka segera periksakan diri atau keluarga anda ke dokter.