Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis dan Jenis-Jenisnya

Meski tidak sepopuler penyakit kulit lainnya, seperti panu, kudis, atau eksim, penyakit kulit psoriasis ternyata cukup banyak terjadi di Indonesia. Jumlah penderitanya juga belum tercatat secara pasti, karena penyakit ini kerap disalahartikan dengan penyakit kulit lainnya. Psoriasis sebenarnya tidak murni dikategorikan sebagai penyakit kulit, karena penyebab penyakit kulit psoriasis pada dasarnya adalah gangguan autoimun yang termanifestasi pada permukaan kulit.


Penyakit kulit psoriasis (Shutterstock)

Penyakit kulit psoriasis (Shutterstock)

Apa Itu Penyakit Kulit Psoriasis dan Penyebabnya

Psoriasis terjadi ketika produksi sel-sel kulit berlangsung secara berlebhan. Normalnya, produk sel-sel kulit terjadi sekitar 2 minggu sekali hanya untuk mengganti sel-sel yang sudah mati. Namun pada penderita psoriasis, produksi sel kulit bisa terjadi hanya dalam beberapa hari. Akibatnya, terjadi penumpukan sel dan akhirnya kulit menebal dan bersisik.

Penyakit kulit ini termasuk inflamasi kronis yang manifestasinya sering terlihat pada wajah, area genitalia, lutut dan siku, dan telapak tangan dan kaki. Namun, jika tidak ditangani, psoriasis dapat berkembang menjadi penyakit yang mengancam jiwa dan manifestasi menyebar di seluruh tubuh. Gejala penyakit kulit psoriasis adalah sebagai berikut:

  • Ruam memerah pada permukaan kulit
  • Kulit terkelupas, pecah-pecah, dan terkadang berdarah
  • Penebalan permukaan kulit dan kuku
  • Bengkak dan rasa kaku pada sendi
  • Munculnya rasa kering dan bersisik
  • Rasa gatal atau perih, khususnya jika psoriasis muncul di lutut, siku, kulit kepala, atau punggung bagian bawah.

Jenis Penyakit Kulit Psoriasis dan Gejalanya

Gejala penyakit kulit psoriasis yang dijelaskan di atas bisa berbeda antar penderita, karena psorisasis sendiri sangat banyak jenisnya, dan ditandai dengan gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis psoriasis beserta gejalanya:

  • Psoriasis plak; ini adalah jenis yang paling umum dan ditandai dengan gejala ruam kering, bersisik, kemerahan pada kulit. Bentuknya mirip plak, dan terasa gatal dan terkadang perih. Pada kasus yang parah, psoriasis plak bisa berdarah. Area yang paling umum terserang adalah kulit siku dan lutut serta kulit kepala.
  • Psoriasis Kuku; tipe ini bisa terjadi bersamaan dengan psoriasis jenis lain. Bahkan, diperkirakan hampir 50% penderita psoriasis juga mengalami gejala psoriasis kuku. Gejala umumnya adalah perubahan warna kuku, terbentuknya cekungan kecil pada permukaan kuku, lepasnya kuku, serta pertumbuhannya tidak normal.
  • Psoriasis kulit kepala; ditandai dengan sisik tebal pada permukaan kulit kepala (sebagian atau bahkan seluruhnya).  Pada kondisi yang parah, ruam kulit kepala bisa melebar melewati garis tumbuhnya rambut, sehingga bagian kulit akan mengelupas dan tampak seperti ketombe tebal.
  • Psoriasis inversi; ditandai dengan ruam merah yang muncul di area lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, bagian bawah payudara, dan bahkan belahan bokong. Ruam ini akan semakin parah jika terkena gesekan maupun keringat.
  • Psoriasis gutata; ditandai dengan bintuk ruam seperti tetesan air, dan sisiknya berlapis. Psoriasis jenis ini lebih sering terjadi pada anak-anak maupun remaja, dan menyerang bagian lengan, kaki, atau kulit kepala.
  • Psoriasis pustular; ditandai dengan ruam merah yang melepuh, berisi nanah, dan terasa perih. Bagian tubuh yang diserang biasanya adalah tangan, ujung jari, dan kaki. Gejala psoriasis type ini bisa disertai demam, sensasi gatal yang luar biasa, menggigil, dan berat badan berkurang tanpa penyebab yang jelas.
  • Psoriasis eritrodermik; merupakan tipe yang serius, ditandai dengan ruam yang mengelupas, terasa sangat gatal, dan disertai rasa panas di seluruh tubuh. Psoriasis ini bisa mempengaruhi kadar cairan dalam tubuh, dan dapat menimbulkan dehidrasi, kekurangan gizi, dan bahkan gagal jantung.
  • Artritis psoriasis; umumnya menyerang sendi, sehingga menimbulkan sensasi kaku dan kerusakan pada sendi. Jika tidak ditangani, psoriasis ini bisa menimbulkan cacat permanen.

Nah, jika anda mengalami gejala penyakit kulit psoriasis di atas, tidak ada pilihan bagi anda selain mendapatkan pengobatan segera. Jika dibiarkan terus, psoriasis bisa berujung pada kematian. Simak terus pembahasan tentang cara mengatasinya pada artikel berikutnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Psoriasis inversi; ketombe tebal terasa kaku di kepala; Psoriasis eritrodermik; penyakit kulit psoriasis; penyakit hepatitis soriosis; pada orang tua kulit mengelupas dan melebar; kulit kepala berkerak dan mengelupas; kepala gatal terus timbul garis cekungan; gatal kulit menebal mengelupas di siku; apa penyebab kulit kepala berkerak tebal dan terasa perih;

Content Protection by DMCA.com