Mengenal Penyakit Jantung Bawaan yang Menimpa Anak-anak

Jantung tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa yang disebabkan oleh berbagai macam faktor khususnya dengan pola hidup yang tidak sehat, namun terdapat juga penyakit jantung bawaan yang sudah diderita oleh bayi dan anak-anak bahkan sejak lahir. Supaya Anda sebagai orang tua bisa mengambil tindakan pencegahan dan juga pengobatan, maka sebaiknya Anda mulai mengenali penyakit jantung bawaan pada anak.


Penyakit jantung bawaan pada anak - Shutterstock

Penyakit jantung bawaan pada anak – Shutterstock

Cara Mengenali Penyakit Jantung Bawaan

Berikut adalah beberapa cara mengenali penyakit jantung sejak dini pada buah hati anda:

  • Anak menjadi sulit bernafas atau bernafas dengan cepat seperti mengalami sesak.
  • Warna bibir, kuku atau jari serta lidah berwarna kebiruan seperti efek dari cuaca dingin.
  • Tubuh menjadi sering berkeringat terutama pada saat makan karena jantung terpacu dengan cepat.
  • Anak merasa tidak nafsu makan atau sulit untuk makan
  • Berat badan anak ataupun bayi sulit untuk naik dan pertumbuhan anak tidak sama dengan anak seusi
  • Anak akan sulit beraktivitas seperti layaknya anak-anak seumuran yang lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Bawaan

Ibu hamil pun juga beresiko membawa penyakit jantung bawaan pada bayi sehingga beberapa pencegahan sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi resiko anak terkena penyakit serupa diantarannya:

Pengecekan darah sebelum kehamilan

Pada awal kehamilan, sangat disarankan untuk ibu hamil mengecek kondisi darah untuk mengetahui daya tahan tubuh ibu hamil terhadap virus rubella. Apabila ibu hamil diketahui memiliki virus tersebut, maka langkah yang diambil adalah melakukan vaksin rubella setelah melahirkan.

Jangan menonsumsi alkohol

Janin dalam tubuh sangat rentan terkena penyakit apabila sang ibu tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Hindarilah untuk mengonsumsi alkohol, minuman keras lainnya dan juga obat-obatan sehingga janin tidak mengalami masalah dan bayi bisa lahir dengan sehat.

Berkonsultasi dengan dokter kandungan

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil memang harus selalu berkonsultasi lebih sering dengan dokter kandungan sehingga Anda bisa merawat dan juga menjaga kesehatan janin dengan benar dan juga sehat. Apabila harus mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu tentang efek samping atau resiko yang bisa timbul akibat obat tersebut.

Menjaga kadar gula

Apabila ibu hamil memiliki resiko diabetes, maka selama masa kehamilan, sebaiknya Anda berusaha menjaga pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi gula yang berlebih supaya kadar gula dalam darah tetap terjaga normal.

Menjaga kondisi hamil tua

Apabila Anda mengandung di usia yang tidak lagi muda seperti 35 tahun, maka sebaiknya Anda lebih sering melakukan kontrol dan juga konsultasi ke dokter kandungan karena di usia Anda tersebut, ibu hamil lebih rentan terkena berbagai amcam penyakit.

Semoga informasi mengenai penyakit jantung bawaan yang menimpa anak-anak serta bayi tersebut bisa membuat Anda lebih hati-hati menjaga kondisi kesehatan tubuh apalagi pada saat hamil dan cobalah untuk memulai pola hidup sehat sehari-hari.



Content Protection by DMCA.com