Mengenal Penyakit Asma dan Cara Penanganannya

Bahkan di masyarakat modern, penyakit asma sering dianggap sebagai kondisi dianggap wajar dan mudah ditangani karena hanya memerlukan obat dan bantuan alat pernafasan. Memang, penyakit ini juga dapat dikontrol dengan menjalani pengobatan dan terapi. Namun ternyata, ada jenis asma tertentu yang tergolong parah dan membahayakan, salah satunya adalah jenis bronchial.


Mengenal Penyakit Asma dan Cara Penanganannya

Mengenal Penyakit Asma dan Cara Penanganannya (Sumber: Futuready)

Penyakit asma adalah sebuah kondisi yang mengganggu daerah pernafasan. Penyakit ini bersifat jangka panjang dan terus menerus sehingga penderita dan orang-orang di sekitarnya perlu berjaga setiap saat dan berhati-hati pada hal-hal yang dapat memicu asma. Penyakit yang tidak dapat disembuhkan ini hanya dapat dikontrol dan dikendalikan dengan pengobatan untuk mengurangi frekuensi serangan. Itulah sebabnya, penyakit ini terkadang dianggap sangat menjengkelkan.

Tingkat Kondisi Penyakit Asma

Jika selama ini anda mengenal sakit asma hanya sebagai kesulitan untuk bernafas. Sebenarnya, penyakit ini memiliki beberapa tingkatan. Pada umumnya yang banyak terjadi adalah asma ringan yang akan sembuh saat diberi obat. Namun terdapat jenis asma yang memerlukan perhatian lebih antara lain adalah penyakit asma bronchial. Kondisi ini hampir terlihat mirip dengan asma biasa, namun efeknya  lebih berat pada penderita.

Untuk stadium dini atau awal, penyakit ini sama seperti gejala asma lainnya, yaitu batuk dan sesak nafas. Sifat serangan pun hilang timbul dan tidak menentu. Namun untuk stadium lanjut, penyakit ini dapat menimbulkan edema. Sesak nafas yang diderita juga semakin parah di setiap serangan.

Pada kondisi lanjut seperti ini, penderita harus mendapatkan bantuan yang lebih intensif seperti oksigen dan mengkonsumsi obat-obatan secara rutin. Pencegahan untuk menghindari serangan sangat bermanfaat; di antaranya adalah menjaga agar badan tidak terlalu lelah, menghindari udara kotor, udara yang terlalu dingin, atau makanan yang dapat memicu asma kambuh.

Penyakit Asma dan Pengobatannya

Penyakit gagguan pernafasan ini bisa menjangkiti siapa saja, pada anak-anak ataupun orang dewasa. Penyakit asma pada anak memerlukan penelitian lebih dekat, karena adanya alergi atau kelainan paru-paru. Hal ini dikarenakan penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol, salah satunya dengan menghindari pemicunya. Sehingga anak dapat diberi tahun untuk menjauhinya.

Penyakit asma dan pengobatannya perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis. Penyakit ini sebenarnya dapat ditangani dengan obat pengendali dan obat penyelamat. Obat pengendali biasanya dikonsumsi untuk jangka waktu lama untuk menjaga agar pembengkakakan pada paru-paru dapat dikontrol. Sedangkan obat penyelamat diperlukan saat serangan muncul. Obat yang paling mudah digunakan saat asma menyerang adalah oksigen pribadi yang dapat membantu agar sistem pernafasan kembali normal.

Penyakit asma mudah ditangani jika penderita dan keluarga memahami caranya. Keluarga dan pasien  setiap saat harus bersiap untuk kemungkinan terburuk dengan selalu membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Menghindari sumber pemicu asma juga keputusan bijak agar system pernafasan dapat terus berjalan normal.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

mengenal penyakit asma; tingkatan asma; mengenal asma; mengenali penyakit asma; mengenal lbh dekat ttg asma; memgenal penyakit asma; macam macam asma dan penanganannya; kategori atau tingkatan penyakit asma; jurnal penyakit asma dan penanganannya; tingkatan penyakit asma;

Content Protection by DMCA.com