Mengenal Lebih Dekat Penyakit Kuning

Pernahkah anda mendengar istilah penyakit kuning? Penyakit dengan sebutan jaundice atau icterus ini merupakan penyakit yang bergejala seperti perubahan warna kulit pada bagian putih di mata atau sclera dan kelenjar ludah. Bagian tersebut berubah warna karena meningkatnya kadar biirubin pada tubuh manusia. Kenapa tingkat kadar biibirun berpengaruh bagi kesehatan manusia? Sebab jika bilirubin kadarnya melebihi kapasitas normal maka bilirubin akan pecah dan bercampur dengan darah. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap warna kulit dan warna mata menjadi kekuningan.

Penyakit kuning pada bayi

Penyakit kuning pada bayi (Gloryreborn)

Penyakit Kuning Pada Bayi

Penyakit ini sering ditemukan pula pada bayi yang baru lahir. Fungsi dari liver atau hati dari bayi yang belum sempurna untuk memproses penghancuran dari sel darah merah dapat menyebabkan penyakit kuning pada bayi. Proses penghancuran sel darah merah yang belum sempurna tersebut membuat bilirubin dalam darah menumpuk, maka dari itu mata dan kulit bayi menjadi kuning.

Sakit kuning memang bukan hal yang sangat berbahaya bagi bayi, akan tetapi dampak terdekat yang dialami bayi jika tidak diatasi tentu akan menimbulkan masalah. Penyakit kuning pada bayi membuat bayi menjadi malas menyusu dan mengantuk, jika hal ini berkelanjtan tentu bayi akan mengalami kekurangan asupan nutrisi. Oeh karena itu bayi yang terkena penyakit kuning disarankan untuk terus di susui minimal  2 jam sekali. Terpenuhinya asupan cairan pada bayi akan membuat fungsi hatinya menjadi normal dan penyakit kuning akan berangsur hilang.

Jika bayi memang terlahir kuning, hal ini yang perlu diwaspadai. Sebab hal itu menandakan bahwa bayi tersebut mempunyai masalah pada darah dan membutuhkan perawatan intensif. Jika tingkat bilirubin pada bayi terlalu berlebih, bayi tersebut membutuhkan terapi cahaya. Hal ini tentunya harus mendapat penanganan khusus dari dokter anak. Penyakit kuning pada bayi memang mungkin terjadi, jadi harus cepat tanggap dalam penanganan agar penyakit ini tidak membahayakan bagi si buah hati.

Penyakit Kuning pada Anak

Selain muncul pada bayi, penyakit ini bisa saja muncul pada anak-anak. Penyakit kuning pada anak biasanya ditandai dengan menguningnya beberapa bagian tubuh pada anak, termasuk pada bagian membrane mucus mulut atau hidung anak. Bisa juga terdeteksi dari air kencing dan tinja anak. Jika air kencing anak berwarna geap dan tinjanya berwarna pucat, anda perlu mewaspadai gejala tersebut.

Penyebab sakit kuning pada anak bisa dimulai dari infeksi kuman, atau bisa jadi empedu dan pancreas anak tersebut yang mengalami masalah. Jika memang gejala penyakit kuning mulai Nampak pada anak sebaiknya segera diperiksakan ke dokter anak. Jika penyakit ini mendapat penanganan dini tentu resiko gawat akan bisa dihindari demi tumbuh kembang si buah hati.

Secara umum penyakit kuning disebabkan oleh peradangan hati, namun perlu diketahui bahwa tidak semua peradangan hati merupakan penyebab dari munculnya jaundice. Pada umumnya gangguan pencernaan menjadi pemicu awal munculnya penyakit kuning apalagi pada orang dewasa. Gaya hidup yang kurang tepat dan pola makan yang salah menjadi salah satu faktor munculnya penyakit ini. Penyakit kuning bukan penyakit yang bisa diabaikan begitu saja.