Mengenal Jenis dan Gejala Penyakit Leukimia Pada Anak

Leukimia merupakan sebuah penyakit yang termasuk dalam klasifikasi kanker, dimana penderita leukimia biasanya memiliki jumlah sel darah putih yang lebih banyak ketimbang sel darah merahnya. Penyakit Leukimia sangat mematikan karena pada umumnya penderita leukimia memiliki harapan hidup yang sangat kecil. Leukimia tidak hanya terjadi pada orang dewasa, leukimia juga dapat terjadi pada anak-anak. Untuk itu perlu diketahui sejak dini faktor penyebab dan bagaimana ciri-ciri leukimia terutama pada anak-anak.

Penyakit Leukimia Pada Anak

Penyakit Leukimia Pada Anak (Thesleuthjournal)

 

Jenis-Jenis Penyakit Leukimia

Leukimia berasal dari bahasa Yunani yaitu leukos yang berarti “putih” dan aima yang berarti “darah”. Penyakit ini terjadi karena terjadinya perubahan struktur sel darah darah putih yang jumlahnya meningkat sehingga mengganggu pembentukan sel darah normal dan kekebalan tubuh penderitanya. Berdasarkan tipe penyerangannya leukimia dapat dibagi dalam dua macam yaitu leukimia akut dan leukimia kronis.

Leukimia akut merupakan jenis yang mematikan bahkan dalam hitungan hari jika pasien tidak segera ditolong. Sedangkan leukimia kronis biasanya merupakan jenis leukimia yang dimana pasiennya memiliki harapan hidup lebih tinggi karena perkembangan penyakit tidak drastis.

Secara umum leukimia dibagi dalam 4 jenis, yaitu:

  • Chronic Lymphocytic Leukimia (CLL), merupakan jenis leukimia yang pada umumnya menyerang orang dewasa dan orang tua yang berusia 55 tahun ke atas. leukimia jenis ini berkembang dengan lambat karena hanya melibatkan sel darah putih limfosit saja.
  • Chronic Myleoid Leukimia (CML), merupakan jenis leukimia yang melibatkan sel darah putih myelosit saja dan perkembangannya juga terhitung lambat. Leukimia jenis ini umumnya diderita oleh orang dewasa dan sedikit sekali terjadi pada anak-anak.
  • Acute Myelogeneous Leukimia (AML). Leukimia jenis ini melibatkan sel darah putih myelosit namun perkembangannya sangat cepat. Leukimi jenis ini terjadi lebih banyak pada orang dewasa daripada anak-anak.
  • Acute Lymphocytic Leukimia (ALL), leukimia jenis ini melibatkan sel darah putih limfosit dengan perkembangan penyakit yang sangat cepat. Leukimia jenis ini yang banyak menyerang anak-anak,
  • meskipun tidak tertutup kemungkinan orang dewasa juga terserang.

 

Ilustrasi leukimia

Ilustrasi leukimia

Mengenali Gejala Penyakit Leukimia Pada Anak

Penyakit leukimia dapat menyerang siapa saja termasuk dewasa dan anak-anak. Lalu bagaimana gejala terjadinya leukimia pada anak. Ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Anak seringkali mudah lelah dan pucat seperti gejala anemia
  • Mudah terluka memar atau berdarah
  • Mudah mengalami infeksi jika terjadi luka
  • Sering terdapat rasa sakit pada tulang dan persendian
  • Berat badan yang turun secara drastis.

Sampai saat ini Penyakit Leukimia dan Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu pengaruh radiasi, faktor lingkungan yang beracun, faktor keturunan dan virus.

Dengan mengenali gejala dan jenis dari Penyakit Leukimia ini diharapkan agar masyarakat lebih peduli dalam menjaga kesehatan dan cepat bisa mendapatkan pertolongan dengan segera menghubungi dokter terdekat. Dengan demikian pasien leukimia dapat memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

acute dencitis pada anak adalah -macam leukemia -

Content Protection by DMCA.com