Mengenal Gejala Penyakit dari Wajah Anda – Bagian 3

Pada dua artikel sebelumnya, telah dibahas 6 jenis perubahan kulit wajah yang bisa membantu anda mengenal gejala penyakit yang mungkin terjadi pada organ dalam tubuh. Di antaranya adalah hepatits yang ditandai dengan kulit dan mata yang menguning, penyakit lupus yang tercermin dari ruam berbentuk kupu-kupu. PCOS dapat termanifestasi dalam dua hal, yakni bulu wajah yang berlebih atau perubahan abnormal pada warna kulit. Anemia bisa ditandai dengan kulit wajah yang memucat, serta dehidrasi yang bisa terlihat dari bibir kering dan pecah-pecah.


Mengenal gejala penyakit dari kerutan kulit (Fotolia)

Mengenal gejala penyakit dari kerutan kulit (Fotolia)

Mengenal Gejala Penyakit Melalui Perubahan pada Wajah

Selain 6 perubahan di atas, masih ada beberapa perubahan lain yang perlu diwaspadai, sehingga anda bisa mengenal gejala penyakit yang mungkin terjadi secara lebih dini. Di antaranya adalah:

Kerut Yang Dalam pada Kulit Wajah

Kerut pada wajah yang mendalam dan muncul pada usia yang terlalu dini juga harus anda waspadai. Pasalnya, kerutan semacam ini tidak hanya menghilangkan rona cantik dan muda pada wajah anda. kerutan yang muncul secara prematur bisa menjadi penanda kalau anda terpapar asap rokok secara berlebihan. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah di sekitar lapisan luar kulit serta mengganggu aliran darah ke kulit.

Akibatnya, kulit anda kekurangan oksigen dan zat gizi yang diperlukan untuk mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit. Selain itu, rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia yang dapat merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitas dan kekuatannya. Jadi, dengan berkata “tidak” pada rokok, anda bisa memperlambat munculnya kerutan pada wajah yang membuat anda tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Kerut Yang Dalam pada Kulit Wajah Dapat Menunjukkan Paparan Nikotin Berlebih (Fotolia)

Kerut Yang Dalam pada Kulit Wajah Dapat Menunjukkan Paparan Nikotin Berlebih (Fotolia)

Luka di Sudut Mulut

Anda mungkin tidak pernah mengira kalau retak atau luka di sudut mulut menunjukkan ada yang kurang pada tubuh anda. Kondisi ini dikenal dengan angular cheilitis, suatu keadaan yang sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B2 atau riboflavin. Kekurangan vitamin B dapat memicu radang pada selaput lendir mulut, kulit, mata, dan saluran gastrointestinalis. Selain luka di sudut mulut, kondisi ini biasanya diikuti gejala lain, seperti kelopak mata bengkak, nyeri pada mulut dan bibir, serta kulit memerah.

Untuk mengatasi kondisi ini, anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B, seperti salmon, telur, tuna, unggas, tomat, kacang-kacangan, dan jamur tiram. Selain kekurangan vitamin B2, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi dan seng.

Ruam Kuning di Sekitar Mata

Ruam berwarna kekuningan pada kulit di sekitar mata dikenal dengan xanthelasma. Kondisi ini bisa membantu anda mengenal gejala penyakit jantung. Ruam tersebut biasanya terlihat samar dan tidak terasa sakit, serta tidak mengganggu penglihatan. Namun, anda harus mewaspadainya, karena bisa jadi anda menderita aterosklerosis, dyslipidemia, atau penyakit arteri koroner.

Mata Bengkak dapat menunjukkan penyakit tiroid (Fotolia)

Mata Bengkak dapat menunjukkan penyakit tiroid (Fotolia)

Mata Bengkak

Mata bengkak atau lingkaran gelap di bawah mata biasanya terjadi jika anda sering tidur larut malam atau karena kekurangan tidur, atau bisa juga karena anda menangis terlalu lama. Namun,  jika mata bengkak sering terjadi meski anda tidur cukup, maka bisa jadi ada masalah di dalam tubuh anda. Misalnya adalah penyakit mata tiroid yang menyebabkan pembengkakan jaringan dan otot di sekitar mata.

Pada penderita penyakit mata tiroid, mata bengkak biasanya diikuti gejala lain, seperti perubahan tampilan mata, perasaan seperti ada butiran halus di dalam mata, mata berair, pandangan kabur, atau bahkan rasa nyeri di dalam atau di belakang mata ketika anda melihat ke atas, ke bawah, atau ke samping.

Jadi, jika anda menemukan 10 perubahan pada area wajah yang telah dibahas di atas, segeralah konsultasikan ke doktera. Dengan mengenal gejala penyakit sejak dini, anda bisa mendapatkan penanganan secara tepat secara dini pula, sehingga perkembangan penyakit dapat dihambat atau bahkan dihentikan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengobati ginjal alami; obat tradisional untk asam urat; biaya konsultasi kulit angular cheilitis; gejala asam urat di wajah;

Content Protection by DMCA.com