Mengenal Gejala Penyakit dari Wajah Anda – Bagian 1

Anda mungkin tidak pernah menyangka jika ternyata wajah menggambarkan kondisi kesehatan anda. Tidak salah jika pepatah mengatakan mata adalah jendela bagi jiwa anda. Sementara itu, emosi tercermin dari wajah anda. Yup, bagian-bagian wajah ternyata menunjukkan status kesehatan anda. Jadi, anda bisa mengenal gejala penyakit dari wajah, karena bagian-bagian wajah berhubungan dengan organ-organ tertentu di dalam tubuh. Jadi, status kesehatan organ tersebut tercermin pula pada bagian wajah dimaksud.


Mengenal gejala penyakit dari wajah (Fotolia)

Mengenal gejala penyakit dari wajah (Fotolia)

Mengenal Gejala Penyakit dari Wajah

Tahi lalat yang muncul tiba-tiba, perubahan rona wajah, garis-garis pada wajah, tonjolan kulit, dan semacamnya muncul bukan tanpa alasan. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan perubahan pada wajah secara dekat, sehingga anda bisa mengenal gejala penyakit yang mungkin terjadi. Jika wajah anda menunjukkan gejala-gejala di bawah ini, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter.

Kulit dan Mata Menguning

Jika anda menemukan semburat kekuninan di sekitar wajah, atau jika bagian putih pada bola mata anda menguning, maka kemungkinan besar anda mengalami sakit kuning. Penyakit kunint (jaundice) terjadi karena timbunan bilirubin di dalam darah. Normalnya, hati akan membuang timbunan ini bersama dengan sel-sel darah merah yang sudah tua. Jika gejala ini diikuti oleh rasa lelah, sakit kepala, demam, kehilangan selera makan, tidak enak badan, muntah, berat badan berkurang, sakit perut, kulit gatal, dan urine serta BAB berwarna pucat, maka kemungkinan besar anda memang mengalami sakit kuning.

Pada kondisi yang lebih parah, wajah dan mata yang menguning bisa menunjukkan gejala penyakit hati, seperti hepatitis atau sirosis. Pasalnya, perubahan warna kulit menjadi kuning bisa jadi menunjukkan adanya masalah pada kantung empedu atau pankreas anda.

Gejala hepatitis - Kulit dan Mata Menguning (Fotolia)

Gejala hepatitis – Kulit dan Mata Menguning (Fotolia)

Ruam Wajah Berbentuk Kupu-Kupu

Ruam yang muncul di wajah juga harus mendapat perhatian, karena bisa jadi menunjukkan ada yang tidak beres di dalam tubuh anda. Jika ruam tersebut meluas pada kedua pipi dan membentuk pola seperti kupu-kupu atau mirip terbakar sinar matahari, maka anda mungkin mengalami penyakit lupus. Penyakit lupus menunjukkan gangguan sistem imun yang mempengaruhi kulit, sendi, darah, paru-paru, jantung, dan ginjal.

Pada penderita lupus, pembentukan ruam pada wajah biasanya diikuti oleh gejala lain, seperti rasa lelah, nyeri sendi, pembengkakan, nyeri otot, demam ringan, nyeri dada, nafas pendek, retensi cairan, dan sakit kepala berulang.  Jadi, jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, karena penanganan penyakit lupus secara tepat waktu sangat diperlukan. Lupus bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan, seperti penyakit kardiovaskuler maupun masalah ginjal.

Ruam Wajah Berbentuk Kupu-Kupu merupakan gejala Lupus (Fotolia)

Ruam Wajah Berbentuk Kupu-Kupu merupakan gejala Lupus (Fotolia)

Bulu Berlebih pada Wajah

Perubahan lainnya pada wajah yang bisa membantu anda mengenal gejala penyakit adalah munculnya bulu di garis rahang, pipi, dan bibir bagian atas. Bagi wanit, tumbuhnya bulu-bulu yang tidak diinginkan ini tentunya sangat mengganggu. Masalah ini juga dikenal dengan hirsutisme. Masalah ini bisa jadi merupakan gejala Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), suatu kondisi ketidakseimbangan hormon pada wanita. Masalah ini lazim terjadi pada wanita yang telah menopause, dan terjadi karena perubahan hormon secara tiba-tiba di dalam tubuh.

Selain PCOS, tumbuhnya bulu pada wajah bisa juga terjadi karena penggunaan obat-obatan tertentu atau karena penyakit kelenjar adrenalin. Pada kasus yang langka, masalah ini juga bisa menunjukkan adanya kanker atau tumor pada kelenjar adrenalin atau ovarium.

Jadi, jangan mengabaikan perubahan sekecil apapun pada wajah anda. Nantikan artikel berikutnya agar anda lebih bijak dalam mengenal gejala penyakit dari wajah, karena masih banyak perubahan kulit wajah lainnya yang harus anda antisipasi.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

ciri lemah jantung; apakah liver bengkak dapat disembuhkan dgn cepat?; Mengenali gejala penyakit melalui perubahan warna dan rona wajah;

Content Protection by DMCA.com