Mengenal Ciri-ciri Kanker Usus Besar dan Penyebabnya

Jika mendengar kata “kanker”, apa yang terlintas dalam benak anda? Atau reaksi apa yang akan anda muculkan setelah mendengar kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga anda saat ini? Ya, sebagian orang pasti akan mengernyitkan dahi ketika mendengar kata itu. Ini karena “kanker” merupakan istilah yang selalu diasosiasikan dengan penyakit yang paling mematikan didunia. Sebenarnya, apa itu kanker dan apa penyebabnya? Banyak ragam jenis penyakit kanker, namun kali ini kita hanya akan secara khusus membahas kanker usus besar.

kanker usus besar (dianeka)

kanker usus besar (dianeka)

Dapat diatakan bahwa kanker usus besar merupakan kanker yang menyerang usus besar yang terletak di bagian bawah sistem pencernaan. Kanker jenis ini diketahui berasal dari polip adenoma yang berkembang menjadi kanker pada usus dari tumpukan tinja yang sangat lama.

Gejala dan ciri-ciri kanker usus besar

Gejala kanker usus besar

Adapun gejala-gejala kanker usus besar yang perlu anda waspadai, diantaranya;

  • Terjadi perubahan pada kondisi usus, misalnya saja sering terjadi diare atau konstipasi yang tidak seperti biasanya. Ini merupakan gejala kanker usus besar yang paling utama.
  • Turunya berat badan secara drastic.
  • Kurang darah
  • Terjadi ketidaknyamanan pada area perut, seperti kembung, kejang atau nyeri.
  • Merasa tidak pernah tuntas setelah buang air besar.
  • Kotoran yang keluar berbentuk kecil dan memanjang.

Ciri-ciri kanker usus besar

Ciri-ciri kanker usus besar pada setiap stadium kanker berbeda-beda. Apabila terdapat gejala-gejala seperti diatas, dapat disimpulkan bahwa kanker sudah memasuki stadium dini. Lalu, apa saja ciri-ciri yang nampak ketika kanker usus besar memasuki stadium lanjut?

  • Terdapat benjolan pada perut
  • Turunnya nafsu makan
  • Terjadi pendarahan pada dubur atau terdapat darah yang keluar bersama feses.
  • Terjadi penyumbatan dan penyempitan pada anus.

Penyebab kanker usus besar

Telah diketahui gejala dan ciri-ciri kanker usus besar. Agar anda waspada berikut penyebab kanker usus besar yang harus anda ketahui;

  • Konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, serta kurangnya mengkonsumsi makanan berserat. Ini merupakan penyebab utama terjadinya kanker usus besar karena kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan sembelit dan menumpuknya tinja
  • Kurang minum air putih yang cukup
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Faktor genetika, usia dan lingkungan
  • Penyakit lain seperti diabetes dan radang usus
  • Kurangnya olah raga

Kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan mematikan sekaligus merupakan penyakit yang paling diabaikan penyebabnya. Ini karena penyebabnya merupakan hal-hal seperti konsumsi makanan yang kurang serat dan kurangnya olah raga. Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan minumlah air setidaknya delapan gelas setiap hari untuk menghindari sembelit dan penumpukan tinja karena dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyempitan usus -penyumbatan usus -ciri ciri penyumbatan usus -penyempitan anus -Gejala penyempitan usus -penyempitan usus besar -kanker usus -penyakit penyempitan usus -penyebab penyumbatan pada usus -penyempitan pada usus -penyempitan pada usus besar -penyebab penyempitan usus -Penyebab penyempitan anus -penyakit sumbatan usus -penyakit penyumbatan usus besar -penyempitan usus yang mengakibatkan sesak nafas -usus berdarah memanjang -tanda usus tidak sehat -solusi penyumbatan d usus -ramuan penyumbatan dubur -pnyebab pnyempitan usus -Penyumbatan usus besar -penyempitan usus pada orang dewasa -penyumbatan u -penyumbatan pada usus -penyumbatan d usus besar -penyepitan usus -penyempitanusus -usus besar -pengobatan anak penyempitan usus besar -penanganan bayi yang ususnya tidak nyambung ke anus -ciri pendarahan pada usus -ciri ciri penyempitan usus -ciri ciri penyakit penyempitan usus -ciri ciri penyakit menyumbatan usus besar -cara mngatasi penyempitan usus pd bayi -cara mengobati penyumbatan usus -cara mengobati penyempitan usus -cara mengatasi penyempitan anus -apasih penyempitan usus itu -apa penyebab dari penyempitan usus -ap yg menyebabkn penyumbatan diusus besar -Ciri- ciri usus sehat -ciri-ciri penyakit pada tinja -pemyempitan usus -Obat penyempitan dubur -mencegah penyempitan usus -makanan yg menyebabkan penyumbatan usus -kegunaan penyumbat dubur -karakteristik kanker usus -

Content Protection by DMCA.com