Manfaat Tidur Miring Ke Kanan bagi Kesehatan

Posisi tidur ternyata membawa pengaruh kesehatan kita, baik tidur miring ke kanan atau ke kiri. Selama ini yang lebih populer atau sering kita dengar memang manfaat tidur miring ke kiri, khususnya bagi ibu hamil, padahal manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan juga penting untuk diketahui. Tahukah anda bahwa ternyata tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan Sunnah Rasulullah? Nah berikut ulasan apa saja manfaat yang akan anda dapatkan jika posisi tidur miring ke kanan.


Manfaat tidur miring ke kanan (Fotolia)

Manfaat tidur miring ke kanan (Fotolia)

Manfaat Tidur Miring Bagi Kesehatan

Mengapa tidur miring ke kanan? Selain merupakan Sunnah Rasulullah, pertanyaan ini secara umum bisa dijawab untuk menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam dan mencegah datangnya penyakit. Secara ilmiah posisi tidur yang demikian ini akan menunjang bagian sisi limfatik sehingga fungsinya untuk membuang seluruh toksin dalam tubuh melalui drainase limfatik bisa semakin optimal. Inilah manfaatnya secara detail bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Kinerja Jantung

Dengan tidur miring ke kanan maka beban kerja jantung saat memompa darah akan lebih ringan karena dibantu oleh gravitasi. Dengan demikian sirkulasi darah menuju jantung juga akan meningkat karena beban pembuluh darah untuk menyuplay darah ke jantung menjadi berkurang. Selain itu, tidur miring ke kanan mencegah adanya organ lain yang menimpa jantung. Pasalnya, posisi jantung lebih conderung berada di bagain kiri.

2. Menyehatkan Pencernaan

Posisi tidur yang demikian ini juga akan membantu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan karena pankreas dan lambung menggantung secara alami. Kondisi tersebut akan menunjang produksi enzim pankreas secara optimal serta pergerakan makanan pada sistem pencernakan juga menjadi lebih mudah. Tidur miring dapat membantu anda mencegah sembelit alias konstipasi.

3. Mencegah Asam Lambung

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya tentang mengapa tidur miring ke kanan bisa mencegah dan mengobati penyakit asam lambung adalah posisi tersebut bisa membuat produksi asam lambung menjadi lebih minim. Selain itu jantung Anda juga terhindar dari asam lambung yang panas. Beberapa studi bahkan membuktikan bahwa penderita asam lambung yang lebih sering tidur dengan posisi miring ke kanan menunjukkan kinerja lambung yan lebih baik.

Tidur dengan posisi mirig ke kanan juga berfungsi mengistirahatkan lambung anda. Tidur dengan miring ke kiri akan menghambat proses pengosongan lambung, karena pengeluaran sisa makanan  sedikit terganggu. Perlambatan proses ini akan menimbulkan akumulasi asam yang justru dapat mengikis dinding lambung.

4. Mengistirahatkan Otak Kiri

Otak manusia memang terbagi dua, yakni bagian kanan dan kiri. Otak kanan mengendalikan organ tubuh bagian kiri, dan demikian sebaliknya. Manusia umumnya lebih dominan menggunakan organ tubuh bagian kanan, untuk beraktivitas, seperti memegang benda, makan, menulis, maupun aktivitas lainnya. Oleh sebab itu, tidur dengan posisi miring ke kanan akan membantu mengistirahatkan otak kiri, setelah mempersarafi organ-organ tubuh bagian kanan selama seharian.

Tidur dengan posisi miring ke kanan juga dapat membantu mencegah resiko yang mungkin bisa terjadi akibat perlambatan sirkulasi pada saat tubuh kita tidur. Resiko yang dimaksud antara lain bekuan darah, penyempitan pembulh darah, pembekuan lemak, dan atherosklerosis.

Nah, demikianlah manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan kita. Untuk itu menjelang istirahat di malam hari sebaiknya aturlah posisi tidur Anda untuk memperoleh manfaat maksimal dari tidur. Selain itu untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal sebaiknya terapkan pula pola makan sehat, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang disarankan dan olahraga dalam porsi yang direkomendasikan. Nah, selamat mencoba!

 



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengobati lambung dgn alami; manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan; Tips cara menguatkan kuda-kuda kaki;

Content Protection by DMCA.com