Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya bagi setiap manusia. Namun seringkali kita lupa untuk menjaga kesehatan dengan berusaha menerapkan pola hidup sehat dan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, kurang minum air putih, jarang berolahraga dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk tersebut jika terus menerus dilakukan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing yang memiliki nama latin Orthosiphon grandiflarus merupakan tanaman jenis tumbuhan semak yang banyak tersebar di daerah beriklim tropis, terutama di Asia Tenggara. Nenek moyang sebenarnya telah banyak Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing ini dalam bidang kesehatan. Hal ini terbukti dengan banyaknya ramuan herbal dan jamu yang menggunakan bahan dasar tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan penyakit.

Bagian yang paling berkhasiat dari tanaman ini adalah daunnya. Karena daun kumis kucing mengandung kadar Kalium yang tinggi serta mengandung Glikosida Orthosiponin yang bisa menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh kita. Karena kandungan yang dimiliki daun kumis kucing, maka tumbuhan ini sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan secara alami atau yang dikenal dengan terapi herbal. Tanaman kumis kucing memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain sebagai berikut:

  • Menyembuhkan infeksi saluran kemih
  • Membersihkan empedu
  • Membersihkan ginjal dan mengobati batu ginjal
  • Menyembuhkan rematik
  • Menjaga tekanan darah
  • Membantu mengontrol gula darah
  • Mengobati asam urat
  • Mengurangi keputihan, dan lain sebagainya

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan Saluran Kemih

Manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan saluran kemih yang paling terkenal mengobati penyakit yang berada di area saluran kemih. Mulai dari kencing batu, infeksi saluran kemih, hingga batu ginjal juga dapat disembuhkan menggunakan tanaman ini. Contohnya untuk mengobati infeksi saluran kemih, Anda dapat merebus 10 helai daun kumis kucing yang telah dicuci bersih kemudian air rebusan tadi diminum dengan dosis 2 kali sehari setengah gelas.

Selain infeksi saluran kemih, tanaman kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati kencing batu dan memperlancar saluran kencing. Caranya adalah dengan merebus 90mg daun kumis kucing yang telah dibersihkan dengan 1 liter air. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tersisa kira-kira 75% dari semula (dalam hal ini berarti tersisa 750ml). Kemudian dinginkan dan minum dengan dosis 250ml sebanyak 3 kali sehari.

Pada penyakit batu ginjal biasanya dipadukan dengan tanaman lain seperti daun keji beling dan daun ngokilo yang direbus secara bersamaan dengan takaran 25gr. Rebus dengan 1 liter air dan bagi ke dalam dosis 4 gelas, yang diminum pagi, siang sore dan malam.

Demikian tadi Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda. Saat ini tanaman kumis kucing juga sudah banyak yang diekstrak dalam bentuk kapsul yang sudah lebih mudah untuk dikonsumsi. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati maka dari itu tetap jaga kesehatan Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

obat tradisional untuk infeksi saluran kencing -obat herbal infeksi saluran kencing -tumbuhan obat sakit kencing -obat tradisional infeksi saluran kencing -obat herbal untuk infeksi saluran kencing -ramuan tradisional infeksi saluran kencing -tanaman obat infeksi saluran kencing -obat tradisional infeksi ginjal -obat infeksi saluran kemih tradisional -Obat tradisional isk -Obat alami sakit kencing -obat herbal ISK -obat tradisional sakit kencing pada wanita -tanaman obat infeksi saluran kencing pada wanita -obat tradisional sakit infeksi saluran kencing -obat isk tradisional -obat alami infeksi saluran kencing -obat tradisional infeksi saluran kemih -obat herbal infeksi kandung kemih -obat tradisional penyakit infeksi saluran kencing -obat tradisional penyakit isk -obat tradisional radang kandung kemih -obat tradisional sakit kencing -obat tradisional untuk ginjal infeksi -obat tradisional nyeri di saluran kencing -obat tradisional kandung kemih -obat infeksi saluran kencing alami -obat infeksi saluran kencing pd anak herbal tumbuhan -obat jamu untuk penyakit saluran kencing -Obat jawa impeksi saluran kencing -Resep obat herbal infeksi saluran kencin -obat sakit kencing secara alami -obat tradisioanal untuk infeksi kntung kemih -obat tradisional infeksi -obat memperlancar saluran kencing -obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita -obat tradisional untuk kucing kencing berdarah -obat tradisional untuk penderita saluran kencing -obat tradisional untuk penyakit isk -Ramuan obat infeksi ginjal -Ramuan Obat trsadisional Utk Infeksi Saluran Kencing -ramuan sakit kecing -ramuan saluran kencing -ramuan tradisional impeksi saluran kncing -Ramuan tradisional untk pengobatan infeksi saluran kencing -ramuan tradisional untuk mengatasi ISK -ramuan untuk kucing yang infeksi -Ramuanl alami paling ampuh untuk mengobati ISK -Ramuian obast Tradiusionasl utk Infeksi Saluran Kencing -tanaman obat saluran kemih -

Content Protection by DMCA.com