Manfaat Rumput Laut: Makanan Super Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal dengan rumput laut? Selain diolah menjadi aneka camila, rumput laut juga disajikan dalam bentuk minuman dingin yang menyegarkan. Namun tahukah anda bahwa ternyata manfaat rumput laut sangat banyak untuk tubuh manusia? Rumput laut kaya akan berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh. Di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin B12, kalim, yodium, zat besi, kalsium, dan aneka nutrisi lainnya. Bahkan, kandungan kalsium di dalamnya lebih banyak dibanding kandungan kalsium pada brokoli, susu, dan bahkan daging sapi. Hebat kan?


Manfaat Rumput Laut  (Shutterstock)

Manfaat Rumput Laut (Shutterstock)

Aneka Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

Kandungan yodium dalam rumput laut sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid, yang memegang peranan penting dalam metabolisme sel. Kekurangan yodium membuat tubuh tidak mampu mensintesis hormon yang dihasilkan oleh tiroid. So, jangan heran jika saat ini rumput laut semakin populer digunakan sebagai pengganti garam. Selain menjaga fungsi tiroid, berikut adalah berbagai manfaat rumput laut bagi kesehatan:

Mencegah Penyerapan Kolesterol

Saat dikonsumsi, rumput laut akan berubah menjadi bentuk jel, dan jel ini akan bekerja untuk memperlambat proses pencernaan, dan mencegah penyerap gula berlebih serta kolesterol yang terbawa bersama makanan. Itulah sebabnya konsumsi rumput laut dapat menjauhkan anda dari resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Selain itu, rumput laut kaya akan serat pangan, yang berfungsi meningkatka jumlah bakteri baik dan membantu membuang bakteri buruk. Hasilnya adalah proses pencernaan yang lebih lancar.

Membantu Proses Diet

Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Maka, bantulah program diet anda dengan mengkonsumsi rumput laut secara teratur. Makanan ini rendah kalori dan rendah lemak. Bayangkan saja, 1 porsi rumput laut hanya mengandung 20 kalori. Selain itu, kandungan mineral yang terdapat di dalamnya juga berfungsi memecah tumpukan lemak di dalam tubuh, sehingga resiko penimbunan lemak akan berkurang. Selain sebagai cara diet sehat, resiko selulit akibat penumpukan lemak di bawah jaringan kulit juga akan berkurang.

Rumput laut kering sebagai bahan olahan makanan (Shutterstock)

Rumput laut kering sebagai bahan olahan makanan (Shutterstock)

Manfaat ini diperoleh berkat semacam serat alami bernama alginate yang terdapat di dalamnya. Sebuah Penelitian yang dilakukan di Newcastle University menemukan bahwa konsumsi rumput laut dapat mengurangi sekitar 75% penyerapan lemak, dan ini membuat anda akan merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Nah, inilah kunci sukses diet anda dengan rumput laut.

Mencegah Kanker

Rumput laut dikenal kaya akan antioksidan yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan membuang radikal bebas dari dalam tubuh. Antioksidan juga bekerja memperlambat pertumbuhan sel tumor daan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Jenis penyakit lain yang dapat dicegah dengan konsumsi rumput laut adalah kanker usus besar (kanker kolon); pasalnya, makanan ini kaya akan asam folat.

Detoksifikasi Tubuh

Gaya hidup modern, yang identik dengan makanan siap saji alias fast food, makanan berlemak, minuman bersoda dan tinggi kalori, serta kurang olah raga, membuat masyarakat semakin rentan terpapar polusi. Konsumsi rumput laut dapat membantu anda mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun jahat akibat faktor lingkungan dan makanan. Di dalamnya terdapat kandungan klorofil yang sangat bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi dari dalam.

Untuk mendapatkan manfaat rumput laut bagi kesehatan, rumput laut dapat dikonsumsi dalam bentuk segar. Namun, jika anda tidak bisa mendapatkannya, maka anda bisa mengkonsumsi rumput laut yang sudah dikeringkan. Sediaan kering lebih mudah didapatkan di toko bahan makanan. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman segar bagi keluarga tercinta. Selain rasanya yang nikmat, manfaat rumput laut yang begitu banyak akan menjaga anda dan keluarga tetap sehat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

pengobatan hepatitis b; manfaat rumput laut utk kesehatan; olahan rumput laut kering; rumput laut kering uni di olah jadi makanan segsr;

Content Protection by DMCA.com