Manfaat Pull Up Untuk Tubuh Lebih Kekar Bagi Pria

Salah satu jenis latihan yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan pria adalah pull up. Jika melakukannya dengan benar, maka berbagai manfaat pull up bisa dirasakan dalam tubuh. Namun sama halnya dengan jenis latihan lainnya, anda tetap harus memperhatikan intensitas dan porsi olahraga agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh.


Manfaat pull up - Shutterstock

Manfaat pull up – Shutterstock

Manfaat Pull Up Bagi Tubuh Anda

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh ketika melakukan pull up dengan baik dan benar. Dengan memperhatikan cara melakukannya, maka perubahan bentuk tubuh perlahan-lahan akan terlihat dan mendapatkan efek sesuai ekspektasi anda sebelumnya. Semakin lama kekuatan otot punggung anda juga akan terlatih dengan baik.

Berikut beberapa manfaat pull up secara rutin.

  • Melatih otot bagian dada dan trisep sehingga tubuh bagian atas akan terbentuk secara proporsional
  • Melatih genggaman tangan yang bermanfaat untuk latihan bela diri
  • Menyehatkan jantung karena tubuh bagian atas bergerak bersamaan dengan kerja jantung
  • Gerakan otot tersebut akan membakar lemak dengan efektif terutama bagi anda yang memiliki tubuh atas lebih besar
  • Akan menambah keseimbangan tubuh dan menstabilkan otot-otot bagian atas

Cara Melakukan Pull Up Dengan Benar

Pull up merupakan latihan yang terlihat mudah untuk dilakukan, namun jika melakukan kesalahan maka anda akan merasa sakit luar biasa. Selain itu juga dapat berakibat fatal bagi posisi tulang serta otot anda. Sehingga anda harus memperhatikan dengan baik, bagaimana cara melakukan pull up dengan baik dan benar terutama bagi para pemula.

Pull up bermanfaat membentuk otot pria - Shutterstock

Pull up bermanfaat membentuk otot pria – Shutterstock

Berikut cara melakukan pull up dengan baik dan benar agar terhindar dari cedera dan efek lainnya.

  • Lakukan pemanasan dengan sungguh-sungguh
  • Baik bagi pemula atau yang sudah profesional sebaiknya tidak memulai dengan tangan lurus, tetapi tekuk sedikit bagian siku anda
  • Busungkan dada agar sendi pada bahu lebih leluasa dalam bergerak
  • Pastikan tangan anda tidak basah dan genggam erat-erat pull up bar
  • Sialngkan kaki dan tekuk ke belakang
  • Hembuskan napas saat mengangkat badan dan ambil napas saat menurunkan badan secara perlahan

Sebaiknya anda melakukan pull up secara bertahap, jangan memaksakan diri jika merasa sudah tidak kuat. Selain itu, jangan mengayunkan badan saat akan mengangkat badan. Anda juga sebaiknya tidak melihat berapa jumlah pull up yang bisa dilakukan, tetapi seberapa anda bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Dengan latihan pull up secara rutin akan melatyih koordinasi dari keseluruhan tubuh meskipun fokus utamanya berada di tubuh bagian atas. Bentuk otot punggung yang semakin bagus akan membuat anda puas dengan latihan rutin yang dilakukan. Berbagai manfaat pull up bisa didapatkan asal dengan melakukannya secara teratur dan terukur lebih baik.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat pull up; fungsi pull up; manfaat pull up setiap hari; manfaat full up; Kegunaan pull up; manfaat olahraga pull up; olahraga pull up; tujuan pull up; manfaat restock; Manfaat angkat badan;

Content Protection by DMCA.com