Manfaat Manggis: Si Ratu Buah Yang Menyehatkan

Manggis adalah buah yang banyak dibicarakan orang saat ini. Selain karena buahnya yang manis, banyak sekali manfaat manggis yang didapat jika rajin mengkonsumsinya. Mulai untuk kecantikan sampai membasmi penyakit yang mematikan seperti kanker. Manggis sendiri berasal dari Indonesia yakni pulau Kalimantan dan menyebar ke beberapa negara di Asia seperti Thailand dan  Malaysia. Bagaimana manggis bisa memberantas semua penyakit tersebut? Ternyata manggis memiliki kandungan zat khusus yang berperan penting dalam penyembuhan berbagai macam penyakit.

Manfaat manggis

Manfaat manggis

Kandungan Zat  Dan Manfaat Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis yang berwarna ungu tua mengandung zat yang bernama zat yang dikenal dengan zanthone. Zat ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti radikal bebas. Dengan banyaknya zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan tubuh terkontaminasi, kandungan zat xanthone ini bisa  menangkal radikal bebas tersebut sehingga mencegah kerusakan yang terjadi di dalam sel.

Manfaat manggis bagi kesehatan baik ibu hamil dan kecantikan tubuh sangat dirasakan semua orang.  Biasanya bagian buah manggis tersebut yang diambil adalah bagian kulitnya. Berbagai macam penyakit bisa disembuhkan dengan kulit manggis ini. Antara lain peradangan usus kecil dan usus besar, mencegah batu ginjal, kanker, lupus dan penyakit mematikan lainnya karena zat zathone ini berfungsi sebagai anti radikal bebas.

Manfaat manggis untuk ibu hamil  adalah untuk meningkatkan energi dan stamina tubuh karena nutrisi tubuh dikonsumsi oleh ibu dan janin. Seorang ibu hamil harus mengkonsumsi asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan janinnya dan untuk menambah staminanya. Ibu yang kekurangan gizi juga akan berdampak pada kesehatan janinnya.

Manfaat Manggis Untuk Kecantikan Kulit

Selain untuk ibu hamil, manfaat manggis untuk kecantikan kulit juga sangat penting. Mngkonsumsi kulit manggis akan memperlambat penuaan karena  zat yang terdapat di dalamnya membunuh radikal bebas yang bisa merusak sel-sel pada jaringan kulit. Pengaruh radikal bebas yang  didapat dari makanan dan lingkungan yang kotor sangat berpengaruh buruh pada kesehatan kulit. Xantone yang terdapat dalam kulit manggis inilah yang bisa mengatasinya.

Untuk orang yang dietpun, buah manggis sangat bagus. Manfaat manggis untuk diet bisa diperoleh karena buah ini dapat membantu menurunkan berat badan. Lemak tubuh bisa dihancurkan dengan mengkonsumsi kulit buah manggis. Bisa dengan cara meminum jus kulit manggis atau mengkonsumsi dalam bentuk pil. Kandungan lemak yang terdapat pada kulit akan terbakar oleh zat xanthone tersebut. Jika dkonsumsi terus menerus berat badan yang ideal bisa didapatkan.

Begitu banyak buah-buahan yang ada di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk obat. Termasuk buah manggis. Selain tidak susah mendapatkannya manfaat manggis ini bisa membunuh penyakit yang mematikan sekalipun seperti kanker. Ternyata buah yang terkenal dengan queen of fruits sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Ingin menikmati rasanya? Selamat mencoba.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

mentol-mentol keluar di kulit seperti tahi lalat tidak gatal apa penyebabnya -si kulit manggis -