Manfaat Madu untuk Mengobati Penyakit Herpes secara Alami

Madu telah lama dianggap sebagai salah satu obat penyembuh luka terbaik dari alam. Madu juga merupakan obat untuk infeksi, termasuk infeksi virus herpes. Banyak penelitian telah dilakukan untuk melihat efektivitas madu dalam pengobati penyakit herpes, dan kabar gembiranya adalah ternyata madu lebih efektif dibanding obat-obatan siap pakai. Selain itu, efek samping madu juga jauh lebih kecil.


Penyakit herpes - Shutterstock

Penyakit herpes – Shutterstock

Khasiat Madu untuk Mengobati Penyakit Herpes

Sebenarnya, penggunaan madu untuk infeksi bukanlah hal baru. Bahkan, jauh sebelum penemuan penicillin, madu telah digunakan untuk mengatasi infeksi. Saat ini, pamor madu sepertinya telah kembali ke dunia medis. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua madu sama; madu yang dianjurkan untuk pengobatan penyakit herpes pada wanita maupun adalah madu asli dari alam, yakni madu yang belum melalui proses pengolahan.

Madu asli memiliki khasiat penyembuhan dan potensi yang sangat baik untuk digunakan dalam dunia medis. Jadi, madu yang tersedia di toko tidak akan memberikan manfaat yang sama dalam mengatasi infeksi herpes dibanding madu asli. Berikut adalah cara kerja madu dalam mengobati penyakit herpes:

  • Madu menarik cairan dari luka akibat infeksi
  • Kandungan gula alami dalam madu berperan untuk menekan pertumbuhan mikroorganisme
  • Madu pekerja diketahui dapat mengeluarkan sejenis enzim (bernama glukosa oksidase) yang akan menghasilkan hyrogen peroksida kadar rendah saat bersentuhan dengan luka.
Manfaat madu untuk mengobati penyakit herpes - Shutterstock

Manfaat madu untuk mengobati penyakit herpes – Shutterstock

Adapun cara menggunakannya cukup sederhana; oleskan madu secara langsung pada luka yang terbuka. Oleskan setidaknya 4 kali sehari. Namun, lebih sering lebih baik. Ulangi pengobatan selama beberapa hari untuk hasil lebih maksimal.

Hasil Penelitian tentang Pengobatan Penyakit Herpes dengan Madu

Dalam sebuah penelitian, 16 orang dewasa yang mengalami herpes labial (di area mulut) dan herpes genital (di area kemaluan) diberikan madu untuk mengobatai infeksi, dan satu kelompok lagi diberikan krim Acyclovir, sejenis obat siap pakai yang digunakan untuk mengatasi infeksi herpes. Penelitian tersebut menemukan bahwa ternyata efek madu lebih baik dibanding krim Acyclovir.

Penyakit herpes dan pengobatannya - Shutterstock

Penyakit herpes dan pengobatannya – Shutterstock

Ditemukan juga bahwa rasa sakit yang diderita pasien jauh lebih berkurang pada kelompok yang diberikan madu. Bahkan, satu kasus herpes genital dan dua kasus herpes labial ditemukan sembuh total, sementara pada kelompok Acyclovir, tak satupun kasus yang dinyatakan sembuh total. Dengan temuan penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa madu efektif untuk mengatasi gejala-gejala akibat serangan herpes, khususnya herpes genitalis.

Meski demikian, efektivitas madu untuk pengobatan penyakit herpes pada pria maupun wanita masih memerlukan penelitian lebih mendalam. Karena madu adalah bahan alam, maka tidak ada salahnya menggunakannya untuk mengatasi penyakit herpes, karena resikonya jauh lebih kecil. Namun sekali lagi, pastikan anda menggunakan madu alami, terutama madu semi-encer.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengobati herpes dengan madu; madu untuk herpes; Mengobati herpes dengan madu; khaaiat madu untuk penyakit kulit; madu obat herpes; manfaat madu untuk menyembuhkan herpes; apakah madu manuka stream land bagus buat penyakit herpes; apakah madu dapat digunakan obat untuk penyakit kulit; tanaman obat alami herbal obat sakit maag; apa benar jus kutma obat herpes;

Content Protection by DMCA.com