Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Kita – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan, antara lain untuk mencegah kanker, mengendalikan dan mencegah diabetes, mengatasi nyeri sendi, meningkatkan sistem imun, serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain berbagai manfaat tersebut, masih ada sejumlah khasiat lain yang akan anda nikmati dengan menyertakan kunyit pada menu makanan maupun minuman anda sehari-hari. Apa saja? Berikut ulasannya.


Manfaat kunyit untuk atasi berbagai penyakit (Fotolia)

Manfaat kunyit untuk atasi berbagai penyakit (Fotolia)

Manfaat Kunyit Lainnya Untuk Kesehatan

Jika anda masih meragukan khasiat tanaman bumbu yang juga dikenal sebagai ‘ratu bumbu” ini bagi kesehatan, maka khasiat kunyit berikut ini pantas anda pertimbangkan:

Mempercepat Penyembuhan Luka

Kunyit mengandung khasiat anti-septik dan anti-bakteri alami. Tidak heran jika tanaman bumbu ini dapat berperan sebagai disinfektan yang efektif. Jika anda mengalami luka atau luka bakar, maka taburkan bubuk kunyit pada area yang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan. Kunyit juga berkhasiat membantu memperbaiki kulit yang rusak, sehingga bisa digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis serta masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh inflamasi.

Mengendalikan Berat Badan

Anda mungkin tidak pernah berfikir jika kunyit dapat membantu program diet anda, bukan? Ternyata, bubuk kunyit sangat membantu menjaga berat badan dalam kondisi ideal. Di dalamnya terdapat semacam komponen yang membantu meningkatkan aliran asam lambung, sehingga proses pemecahan lemak berlangsung lebih cepat. Jadi, jika anda mengalami masalah obesitas dan ingin menurunkan berat badan, maka campurkanlah satu sendok teh bubuk kunyit pada makanan anda, dan anda akan merasakan khasiatnya.

Kunyit berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (Fotolia)

Kunyit berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (Fotolia)

Memperbaiki Sistem Cerna

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah memperbaiki sistem cerna, karena kunyit kaya akan komponen yang berperan menstimulasi kantung empedu untuk memproduksi cairan empedu. Inilah yang berperan terhadap sistem cerna dan dapat membantu mengurangi kembung dan gas perut. Selain itu, kunyit bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis gangguan perut, termasuk ulcerative collitis.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa orang yang sudah menderita penyakit kantung empedu harus menghindari suplemen kunyit pada makanannya, karena dapat memperburuk kondisi yang sudah ada. Jadi, jika anda sudah mengalami masalah pencernaan, lebih baik mengkonsumsi kunyit dalam keadaan mentah.

Mencegah Penyakit Hati

Kunyit berperan sebagai bahan detoksifikasi alami. Hati mendetoksifikasi darah melalui produksi enzim, dan kunyit membantu meningkatkan produksi enzim penting tersebut. Enzim ini memecah dan mengurangi toksin di dalam tubuh. Kunyit juga diyakini dapat memperbaiki sirkulasi darah; semua proses ini akan membantu menjaga kesehatan hati.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Inflamasi otak dicurigai sebagai salah satu penyebab utama gangguan kognitif, seperti penyakit Alzheimer. Kunyit diyakini dapat mendukung fungsi dan kesehatan otak dengan cara membantu pembuangan tumpukan cairan di dalam otak serta meningkatkan aliran oksigen. Hal ini juga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer yang sudah ada.

Manfaat kunyit untuk mencegah penyakit Alzheimer (Fotolia)

Manfaat kunyit untuk mencegah penyakit Alzheimer (Fotolia)

Sejauh ini, telah dibahas 10 manfaat kunyit untuk kesehatan manusia. Jadi, apakah anda masih ragu untu menambahkannya ke dalam makanan anda? Mengkonsumsi kunyit adalah salah satu hal terbaik dan hemat biaya yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kualitas hidup anda. Bahan alami ini mudah ditemukan dan mudah dikembangkan sendiri.

Anda bisa menambahkan bubuk kunyit pada kari, makanan yang ditumis, smoothies, susu hangat, atau bahkan salad. Sebenarnya, kunyit juga tersedia dalam sediaan pil siap minum, namun suplemen seperti ini tidak baik bagi penderita gangguan kantung empedu. Jadi, hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat kunyit adalah mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau dalam bentuk bubuk.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat sakit perut maag; obat asam lambung yang paling ampuh; cari obat maag; herbal buat sakit maag; obat herbal untuk sakit maag; obat tradisional mual mual karena maag;

Content Protection by DMCA.com