Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Kita – Bagian 1

Anda tentu tidak asing dengan kunyit, bukan? Tanaman jenis umbi yang dikenal dengan curcuma longa ini merupakan tanaman bumbu sekaligus tanaman obat yang sangat populer. Selain manfaat kunyit yang sangat banyak, tanaman ini juga kerap disebut sebagai ‘ratu bumbu’ karena karakteristiknya yang khas, aroma yang tajam, dan warna keemasan yang sangat mempengaruhi tampilan masakan anda. Ya, kunyit digunakan di seluruh dunia sebagai salah satu bumbu masak.


Manfaat kunyit untuk kesehatan (Fotolia)

Manfaat kunyit untuk kesehatan (Fotolia)

Manfaat Kunyit Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Menurut Journal of the American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai khasiat anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, anti-karsinogenik, anti-mutagenik, dan anti-inflamasi. Kunyit juga kaya akan zat gizi, seperti protein, serat pangan, vitamin C, E, dan K, niacin, potassium, kalsium, zinc, magnesium, besi, dan tembaga. Karena manfaat kunyit yang beragam, tidak heran jika tanaman bumbu ini digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:

Mencegah Kanker

Kunyit dapat membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang sudah ada, dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker. Banyak penelitian telah menemukan bahwa komponen aktif di dalamnya merupakan salah satu pelindung utama tubuh untuk melawan tumor yang terjadi karena radiasi. Kunyit juga diyakini dapat membantu tubuh menangkal sel-sel tumor, sel leukemia, karsinoma usus, maupun karsinoma payudara.

Mengendalikan Diabetes Mellitus

Jika anda mengalami diabetes, maka kunyit dapat menjadi salah satu pengobatan alternatifnya. Kunyit membantu mengendalikan kadar insulin dan gula darah, serta membantu meningkatkan efek obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi diabetes. Jika tubuh anda beresiko menderita diabetes karena masalah resistensi insulin, maka anda bisa mengatasinya dengan khasiat kunyit.

Manfaat kunyit untuk mengendalikan gula darah (Fotolia)

Manfaat kunyit untuk mengendalikan gula darah (Fotolia)

Lebih menarik lagi, kunyit tidak mengganggu kinerja obat yang sedang digunakan penderita diabetes. Bahkan, kunyit dapat meningkatkan kinerja obat. Meski demikian, penggunaannya tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pasalnya, jika dikombinasikan dengan obat yang kuat, kunyit bisa menimbulkan hipoglikemia (gula darah rendah). Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum anda menggunakan kunyit bersamaan dengan obat anti-diabetes.

Mengatasi Artritis

Seperti disebut di atas, salah satu khasiat kunyit berasal dari efek anti-inflamasinya. Kunyit bermanfaat bagi penderita rheumatoid arthritis maupun osteoartritis. Selain itu, khasiat antioksidan di dalamnya membantu menghancur radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh. Jika anda menderita nyeri sendi atau rematik, maka jadikanlah kunyit sebagai salah satu terapi herbal buatan rumah.

Meningkatkan Sistem Imun

Kunyit mengandung semacam zat yang dikenal dengan lipopolisakarida. Zat ini bermanfaat untuk merangsang sistem imun tubuh. Efek ini diperkuat oleh khasiat anti-jamur, anti-virus, dan anti-bakteri yang terdapat di dalam kunyit. Perlu diketahui bahwa semakin kuat sistem imun seseorang, semakin kecil peluangnya untuk terserang penyakit, seperti batuk, flu, maupun pilek.

Jadi, jika anda menderita flu, kunyit dapat menjadi pengobatan herbal yang bisa anda siapkan sendiri di rumah. Caranya, campur satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu gelas susu hangat, dan minum sekali sehari. Anda akan merasakan efeknya dalam waktu yang singkat.

Manfaat kunyit untuk menurunkan kolesterol (Fotolia)

Manfaat kunyit untuk menurunkan kolesterol (Fotolia)

Mengurangi Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah penyebab berbagai penyakit, seperti penyakit jantung. Tahukah anda, menggunakan kunyit sebagai bumbu masak ternyata mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung karena kunyit mengurangi kadar kolesterol serum?

Selain lima manfaat kunyit untuk kesehatan yang telah dijelaskan di atas, ternyata bumbu dapur ini masih memiliki sejumlah khasiat lain yang perlu anda ketahui. Dengan demikian, anda tidak akan ragu untuk memanfaatkannya sebagai bumbu masak atau menggunakannya sebagai obat herbal. Nantikan kelanjutannya pada artikel berikutnya…



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kelenjar getah bening stadium akhir; jamu herbal kolesterol; manfaat kunyit bagintubuh; pengobatan alami menurunkan kolesterol;

Content Protection by DMCA.com