Manfaat Kedelai pada Menu Diet Golongan Darah A

Apakah Anda merasa telah melakukan beberapa jenis program diet tetapi berat badan tak juga turun? Mungkin sudah saatnya untuk mencoba diet yang didasarkan pada golongan darah. Sebagaimana yang kita ketahui terdapat 4 jenis golongan darah yaitu A, B, AB, dan O dan untuk kali ini kita akan membahas tentang menu diet golongan darah A. Bagi Anda yang mempunyai golongan darah A sebaiknya menghindari protein hewani dan susu karena kondisi lambung Anda tak cukup memproduksi asam klorida sehingga protein hewani menyebabkan kinerja metabolisme tubuh menjadi lebih berat.

Diet golongan darah A - Shutterstock

Diet golongan darah A – Shutterstock

Selain itu protein dari hewan, susu, dan segala produk susu akan cepat membusuk lalu berfermentasi dalam perut yang menyebabkan gangguan pencernakan. Pemilik tipe golongan darah A memiliki pencernaan yang sensitif sehingga sebaiknya menghindari rokok dan mengonsumsi terlalu banyak daging karena mempunyai kandungan nitrit natrium. Kondisi pencernaan yang demikian akan berimbas pada lemahnya sistem imunitas tubuh sehingga rentan terinveksi bakteri. Untuk itu sebaiknya Anda menjadi vegetarian dengan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat, sayur-sayuran, dan buah sebagai menu diet Anda.

Kedelai pada Menu Diet Golongan Darah A

Protein yang paling tepat sebagai menu diet golongan darah A adalah yang tak membebani kerja pencernakan seperti telur dan kacang-kacangan misalnya kacang tanah, kacang merah, kacang mede, dan kedelai beserta beragam olahannya yaitu tahu, tempe, susu kedelain dan lain sebagainya. Jika Anda telah memutuskan untuk merubah pola makan menjadi vegetarian atau semi vegetarian, kedelai dapat menjadi alternatif makanan pengganti daging karena merupakan sumber nutrisi bagi tubuh.

Kedelai pada menu diet golongan darha A - Shutterstock

Kedelai pada menu diet golongan darha A – Shutterstock

Anda juga akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari berbagai varian produk berbahan dasar kedelai seperti tauge, saus kedelai (tauco), kacang kedelai edamame, dan lain sebagainya.Pada beberapa negara yang warganya rajin mengonsumsi kedelai diketahui tingkat terjadinya serangan jantung, kanker, dan osteoporosis lebih kecil dibandingkan dengan negara yang jarang mengonsumsi bahan tersebut.

Beberapa kandungan lain dari kedelai yang bermanfaat bagi kesehatan kita adalah antioksidan sebagai zat untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, isoflavon yang membantu mengikis kolesterol jahat, mengurangi potensi pembekuan darah dan pembentukan sel kanker, membalikkan efek endometriosis yang sering menyebabkan masalah pada reproduksi wanita, mencegah osteoporosis, membantu mengatur kadar gula darah, dan menstabilkan berat badan.

Menu kedelai untuk diet golongan darah A - Shutterstock

Menu kedelai untuk diet golongan darah A – Shutterstock

Contoh Menu Diet Golongan Darah A Dengan Kedelai

Saat ini Anda dapat memilih beragam produk berbasis kedelai yang telah diolah untuk memenuhi selera pasar seperti tahu dan tempe yang tentunya telah sangat akrab dalam menu harian kita, olahan kembang tahu yang dapat dimasak sebagai bahan sup, oncom, tempe gambus, susu kedelai, bahkan daging tiruan dari kedelai yang bentuk dan teksturnya dibuat semirip mungkin dengan daging asli. Kecap dan tauco juga merupakan bumbu masak penambah cita rasa yang terbuat dari kedelai. Di rumah, Anda dapat berkreasi sendiri dengan menu diet golongan darah A ini dengan bahan dasar kedelai misalnya sup kedelai atau kroket tempe. Semoga bermanfaat.