Manfaat Goji Berry – si Super Fruit – untuk Kesehatan Anda

Goji berry alias wolfberry adalah salah satu buah yang dijuluki Super Fruit karena kandungan nutrisi yang sangat kaya di dalamnya. Buah ini berasal dari wilayah  Pegunungan Himalaya, namun khasiatnya diakui di seluruh duna. Seperti disebutkan sebelumnya, manfaat goji berry berasal dari kandungan vitamin, antioksidan, mineral, dan protein yang sangat kaya di dalamnya. Goji berry kaya akan zat besi, protein, dan beta caroten yang bermanfaat bagi tubuh.


Manfaat goji berry (Fotolia)

Manfaat goji berry (Fotolia)

Nutrisi di Balik Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan

Goji berry mengandung setidaknya 11 jenis minal esensial ditambah 22 jenis mineral lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalamnya juga terdapat setidaknya 18 jenis asam amino, vitamin, asam linolenik (omega 3), asam linoleat (omega 6), vitamin A, B2, B2, C, E, dan Omega 9.  Tidak heran jika buah ini juga digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit dalam ilmu pengobatan tradisional Cina.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang goji berry:

  • Kandungan zat besi goji berry lebih kaya dibanding bayam
  • Kandungan beta carotene di dalamnya lebih kaya dibanding wortel. Inilah yang membuatnya digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Cina untuk mengatasi masalah pada mata dan kulit.
  • Kandungan protein dalam goji berry lebih kaya dibanding gandum
  • Kandungan antioksidan di dalam goji berry hampir 2-4 kali lipat dibandingkan kandungan antioksidan blueberry.
  • Kandungan nutrisi goji berry tidak kalah dibanding nutrisi manggis yang digelari Queen of Fruit
  • Kandungan vitamin C goji berry lebih kaya dibanding jeruk
  • Goji berry mungkin merupakan satu-satunya buah yang mengandung vitamin E. Pasalnya, vitamin E biasanya ditemukan dalam kacang-kacangan
  • Goji berry mengandung seng dan selenium, yang ditemukan hanya pada makanan tertentu saja
Teh dan jus goji berry (Fotolia)

Teh dan jus goji berry (Fotolia)

Berbagai nutrisi di balik manfaat goji berry untuk kesehatan di atas membuatnya kini diolah secara komersil untuk berbagai keperluan. Tentu saja, goji berry segar jauh lebih bermanfaat dibanding produk olahan. Namun, karena goji berry tidak ditemukan di Indonesia, anda bisa memperoleh manfaatnya dari sediaan siap saji.

Aneka Manfaat Goji Berry Untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi super di dalamnya, goji berry memberikan sejumlah manfaat untuk kesembuhan penyakit tertentu dan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Berikut adalah beberapa khasiat goji berry untuk kesehatan anda:

  • Sebagai anti infeksi; goji berry mengandung khasiat anti-jamur dan anti-bakteri yang melindungi tubuh dari infeksi dalam serta mengatasi infeksi di permukaan kulit.
  • Mengurangi resiko kanker
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam lemak omega 6 di dalamnya
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga imunitas tubuhl; manfaat ini berasal dari kandungan polysaccharida yang bekerja membunuh sel-sel yang bermutasi
  • Menjaga kesehatan hati; goji berry mengandung glutathione yang berperan membuang toksin dan efek radikal bebas dari dalam tubuh. Zat ini juga membantu melindungi organ hati dan mencegah resiko hepatitis
Buah goji berry kering (Fotolia)

Buah goji berry kering (Fotolia)

  • Mencegah diatas; goji berry diketahui bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah dan pada akhirnya meminimalisir resiko komplikasi akibat diabetes.
  • Mengatasi sariawan; kandungan vitamin C yang banyak di dalam wolfberry sangat baik untuk mengatasi panas dan sariawan akibat pola makan yang kurang sehat.

Itulah beberapa manfaat goji berry untuk kesehatan maupun kecantikan anda. Super Fruit ini merupakan suatu anugerah alam yang tak ternilai harganya. Meski demikian, anda tetap harus selektif memilih produk olahan goji berry untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimum. Pastikan anda menggunakan sediaan goji berry dari produsen yang reputasinya sudah diakui.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat Goji berry untuk Sariawan; manfaat super fruit; manfaat teh kunyit dan gojiberry;

Content Protection by DMCA.com