Manfaat Flax Seeds untuk Mengatasi Penyakit Hati

Salah satu organ yang dapat dikatakan vital pada tubuh kita adalah hati sehingga kita harus menjaga agar organ yang satu ini tidak sampai terserang penyakit hati. Hati berfungsi untuk melawan infeksi dari virus atau bakteri yang masuk ke tubuhkita, selain itu hati juga berperan dalam metabolisme pencernakan makanan setelah diserap oleh usus. Produksi empedu juga dilakukan oleh hati, dan hati juga berperan untuk menyimpan zat besi, vitamin, serta fungsinya yang paling penting adalah mendetoks tubuh atau membuang racun keluar dari tubuh.


Penyakit hati dan pengobatannya – Shutterstock

Penyakit hati dan pengobatannya – Shutterstock

Penyakit Hati dan Gejalanya

Pada kondisi hati yang melemah karena terserang penyakit hati liver tentu proses metabolisme tak dapat berjalan lancar dan lambat-laun hati akan mengalami pengerasan atau kerusakan yang disebut sirosis. Kondisi ini bisa terjadi karena penyakit hepatitis A, B, atau C yang disebabkan oleh infeks virus. Selain itu gaya hidup juga berperan dalam terjadinya penyakit liver ini, misalnya terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia atau alkohol sehingga kerja hati menjadi semakin berat dalam memurnikan darah. Inilah yang memicu terjadinya penyakit hati.

Pada kondisi penyakit hati bengkak akan terjadi perubahan perut yang menjadi semakin besar. Gejala ini karena terjadi pembengkakan pada perut bagian kanan bawah. Untuk mencegah penyakit hepatitis sesungguhnya telah ada vaksin anti hepatitis yang dapat diberikan sejak dini atau pun pada usia dewasa. Tetapi sebelum melakukan vaksinasi yang bersangkutan harus melakukan tes darah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sudah ada bibit virus tersebut dalam tubuh atau tidak. Berikut ini adalah terapi penyembuhan alternatif menggunakan flax seeds untuk mengatasi penyakit hati.

Manfaat flax seeds untuk mengobati penyakit hati - Shutterstock

Manfaat flax seeds untuk mengobati penyakit hati – Shutterstock

Khasiat Flax Seeds untuk Pengobatan Penyakit Hati

Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang flax seeds, ini adalah sejenis sereal yang didapatkan dari biji bunga Linum Usitatissinum atau bunga flax yang hanya terdapat di Kanada dan Amerika. Kandungan dari sereal ini adalah dosis tinggi asam lemak Omega-3, serat, beragam vitamin, protein, mineral-mineral organik yang dibutuhkan sebagai nutrisi oleh tubuh kita, dan lignan atau zat anti kanker.

Dari kandungan di atas dapat dikatakan bahwa bahan alami ini lebih dari sekedar suplemen makanan tetapi juga bahan herbal yang memiliki khasiat obat termasuk untuk mengatasi penyakit hati dan penyakit lainnya. Meskipun demikian flax seeds lebih populer sebagai obat kanker yang mampu membasmi sel-sel kanker.

Minyak atsiri flax seeds - Shutterstock

Minyak atsiri flax seeds – Shutterstock

Cara mengobati penyakit hati dengan flax seeds

Flax seeds berbentuk serpihan halus dan dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan makanan lain seperti nasi, bubur, jus buah, salad, susu, dan sebagainya. Bahan alami ini dapat dikatakan tak berasa karena tak merusak citarasa makanan yang dicampur dengan bahan herbal ini. Anda bisa membubuhkan 2 sendok makan flax seeds pada makanan atau minuman dan menyantapnya seperti biasa.

Sebelum terserang penyakit hati, terapkan pola hidup sehat dan bersih agar tubuh kita mampu melawan infeksi virus hepatitis ini.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

keracunan hati; lignan obat liver; manfaat penyakit hati;

Content Protection by DMCA.com