Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor adalah daun yang bentuk daunnya menyirip dengan ukuran helaian daun yang kecil dan berbentuk oval telur. Warnanya hijau tua lebih pucat. Biasanya pohon kelor ini tumbuh anatara 3 sampai 10 meter. Daunnya ternyata memiliki banyak kegunaan dan khasiat untuk tubuh.  Manfaat daun kelor kini banyak digunakan sebagai ekstrak obat berbagai jenis penyakit atau diolah secara tradisional untuk dijadikan ramuan herbal.

Manfaat daun kelor (simplelinx)

Manfaat daun kelor (simplelinx)

Manfaat daun kelor bagi tubuh banyak sekali, dimulai dari penyakit yang ringan saja sampai penyakit yang kronis yang memerlukan bantuan medis segera. Berikut ini akan dijelaskan seperti apa sebenarnya manfaat dari pohon kelor dan daunnya yang bisa dimanfaatkan dalam bidang kesehatan khususnya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit pada manusia.

Manfaat daun kelor untuk Berbagai Jenis Penyakit

Dari akar sampai biji, bunga, dan buahny, daun kelor memiliki manfaat yang tiada terkira. Akar kelor yang direbus akan menyembuhkan rematik, diuretikum, gonorrhoea, dan antiskorbut. Akar kelor mampu melarutkan air seni, dahak, dan peluruh haid yang baik. Bisa juga digunakan untuk mencegah iritasi kulit dan untuk mengobati pegal-pegal dan lemah.

manfaat daun kelor untuk diabetes (kelorina)

manfaat daun kelor untuk diabetes (kelorina)

Manfaat daun kelor untuk diabetes pun ternyata benar adanya. Anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobati diabetes yang terjadi pada Anda. Ramuan daun kelor yang direbus kemudian diminum airnya akan mengobati dari dalam dan mengurangi resiko pertumbuhan dan perkembangna penyakit diabetes.

Selain itu, daun kelor pun berguna untuk mengobati kanker. Manfaat daun kelor untuk kanker dapat dirasakan dengan mengonsumsi ekstrak daun kelor, biji, dan akarnya yang sudah banyak dijual di tempat jualan ramuan herbal. Banyak yang sudah membuktikan keampuhan daun ini sehingga daun kelor banyak diminati oleh pengidap kanker.

manfaat daun kelor kanker (apotekmaxs)

manfaat daun kelor kanker (apotekmaxs)

Manfaat daun kelor untuk Pengobatan

Manfaat daun kelor untuk pengobatan memang sudah banyak yang mengetahuinya. Dari mulai akar, daun, kulit batang, biji, dan buah semuanya berguna bagi kesehatan. Riset mengemukakan bahwa kulit batang dari kelor sangat mujarab sebagai penawar racun dari bisa ular dan bisa kalajengking. Dengan mengoleskan kulit batang ekor juga dapat mengobati pembengkakan, karang gigi, dan sariawan pada mulut.

Untuk daunnya, kelor mengandung zat alkaloida yang dapat membantu mencerna makanan. Untuk itu banyak yang menjadikan buah kelor menjadi masakan lezat dan enak seperti sayur asam. Bagian lain yang bermanfaat adalah bagian bunga yang dipercaya dapat mengatasi flu, dan radang tenggorokan. Bijinya pun bisa digunakan untuk menjernihkan air dan sebagai kosmetik kecantikan.

Itulah beberapa manfaat daun kelor dan beberapa bagian lain dari kelor. Mungkin banyak yang belum mengetahui bentuk utuh dari pohon kelor karena memang sudah jarang ditanam. Tapi jika Anda memang ingin menanamnya maka pergilah ke desa atau ke tempat penjualan tanaman obat, maka Anda akan menemukannya dengan mudah.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

daun kelor -manfaat daun kelor -Fungsi daun kelor utk kesehatan -Kegunaan dari daun damar -kelor -Konsumsi Daun kelor untuk penyakit kista apa boleh ? -Manfaat daun (kulit) kelor -manfaat daun kelor untk tbuh -