Manfaat dan Cara Melakukan Push Up Yang Benar

Bagi sebagian orang melakukan push up termasuk dalam rangkaian setelah melakukan pemanasan. Hal tersebut dilakukan dengan alasan ingin membentuk massa otot agar menjadi lebih kuat dan terlihat kekar. Namun untuk wanita biasanya hanya untuk teknik latihan dalam olahraga. Untuk menghindari cedera anda harus memahami cara melakukan push up dalam setiap gerakan dan fungsinya. Sehingga bisa lebih dipahami apakah manfaat dari melakukan latihan tersebut.

Cara melakukan push up - Shutterstock

Cara melakukan push up – Shutterstock

Cara Melakukan Push Up Bagi Wanita

Bagi pemula maupun wanita yang mungkin belum pernah melakukan push up, maka hal pertama yang harus diketahui adalah posisi yang benar. Mulailah dari sikap atau posisi yang biasa, jika anda sudah terbiasa barulah meningkatkan beban latihan. Dalam sehari anda bisa mulai dari jumlah yang sedikit asal benar dan terus meningkat setiap waktunya.

Untuk permulaan, anda bisa mencoba push up dengan bantuan dinding. Caranya adalah anda berdiri di depan dinding dan meletakkan kedua telapak tangan pada dinding tersebut tegak lurus dengan badan. Kemudian tekuk lengan seperti melakukan gerakan push up. Jika anda sudah mulai terbiasa, maka tambahkan tekanan pada latihan tersebut secara berkala.

Setelah anda sudah terbiasa dengan push up pemula tersebut, maka bisa mencoba di lantai dan melakukan gerakan yang sebenarnya. Untuk awal anda bisa meletakkan lutut sehingga berat badan masih ditumpu oleh lutut juga. Setelah itu, bisa memulai push up yang sempurna. Pastikan bahwa anda memahami cara melakukan push up dengan benar agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

Manfaat Melakukan Push Up Secara Teratur

Dalam melakukan push up memang berbeda antara perempuan dan laki-laki. Namun jika dilakukan dengan baik dan benar maka akan memberikan hasil yang sama. Mengenai massa otot mungkin berbeda karena memang otot perempuan tidak bisa membesar seperti milik laki-laki. Dengan memahami cara melakukan push up yang benar maka anda akan mendapatkan manfaat lebih maksimal.

Push up berfungsi melatih otot tubuh - Shutterstock

Push up berfungsi melatih otot tubuh – Shutterstock

Berikut beberapa manfaat melakukan push up secara rutin.

  • Meningkatkan kekuatan otot karena harus menahan berat tubuh dengan posisi tulang belakang selalu lurus
  • Bagi laki-laki push up bisa digunakan untuk membentuk otot agar terlihat lebih kekar
  • Pernapasan saat push up akan mencukupi kebutuhan oksigen dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan metabolisme
  • Push up secara berkala dan teratur dapat meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh terutama pada remaja

Manfaat tersebut memang bisa anda dapatkan jika dilakukan secara teratur dan anda menerapkan cara melakukan push up secara tepat. Tetapi bukan berarti anda bisa melakukannya secara sembarangan tanpa perhitungan. Perlu dipertimbangkan dengan baik mengenai intensitas dan beban latihan dengan baik. Peningkatan yang diinginkan juga haruslah bertahap. Kemudian sebaiknya anda tidak berolahraga setiap hari, setidaknya 3-5 kali dalam seminggu berselang-seling sehingga tubuh masih memiliki kesempatan untuk recovery.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara push up cewek yg benar -cara push up yang benar bagi perempuan -cara push up yang benar untuk wanita -Manfaat push up bagi cewe -manfaat push up bagi wanita -manfaat push up untuk remaja -manfaat push up untuk wanita -push up untuk wanita -