Manfaat Buah Jeruk Purut Bagi Kesehatan

Diantara jenis buah sitrus, mungkin jeruk purut adalah yang paling unik dari segi bentuknya, karena memiliki permukaan kulit yang berkeriput serta bentuknya tidak  begitu bulat. Namun, dibalik bentuknya yang unik, terdapat banyak manfaat buah jeruk purut bagi kesehatan dan kecantikanyang tidak kalah dibanding jeruk nipis maupun lemon.


manfaat buah jeruk purut Bagi kesehatan (Fotolia)

Khasiat buah jeruk purut untuk menghilangkan stress (Fotolia)

Jeruk purut memiliki aroma yang khas, khususnya pada bagian kulit dan daunnya. Ternyata, aromanya adalah salah satu sumber khasiat jeruk purut bagi kesehatan. Bahkan, daunnya sering digunakan sebagai pengharum masakan. Nah, penasaran dengan manfaatnya? Simak terus penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Jeruk Purut Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang membuktikan khasiat jeruk purut untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sebagai Aromaterapi

Aroma buah jeruk purut yang khas ternyata bisa berfungsi sebagai aromaterapi untuk menghilangkan stress. Di dunia kedokteran Barat, jeruk purut bahkan telah diolah sebagai minyak atsiri siap pakai yang tersedia di pasaran. Minyak atsiri jeruk urut dapat membantu mengatasi stress, kelelahan, depresi, dan masalah suasana hati lainnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghirup minyak atsirinya untuk menstimulasi otak dan mengatur suasana hati.

Khasiat buah jeruk purut bagi kesehatan (Fotolia)

Khasiat buah jeruk purut bagi kesehatan (Fotolia)

2. Memperbaiki Sistem Kardiovaskuler

Manfaat jeruk purut juga berasal dari zat-zat fitokimia di dalamnya yang berfungsi sebagai penyembuh. Jeruk purut mengandung berbagai jenis flavonoid. Ekstrak buahnya ditemukan dapat memperbaiki sistem kerja organ kardiovaskuler, seperti menurunkan kolesterol dan trigliserida, serta memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Selain itu, sebagian senyawa flavonoid yang terdapat di dalam jeruk purut diketahui memiliki struktur dan cara kerja yang hampir sama dengan obat-obat statin untuk penurun kolesterol, baik kolesterol total maupun kolesterol LDL. Sebaliknya, senyawa flavonoid di dalamnya juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sejumlah percobaan klinis juga menunjukkan bahwa jeruk nipis memiliki manfaat potensial bagi penderita pre-diabetes dan sindrom metabolik.

3. Manfaat Lainnya

Selain dua manfaat utama di atas, jeruk purut juga memiliki manfaat lain, seperti pengobatan infeksi jamur di bawah kulit. Biasanya, minyak atsiri jeruk purut digunakan bersamaan dengan pengobatan menggunakan cahaya ultraviolet. Demikian juga untuk pengobatan penyakit psoriasis. Jeruk purut juga diketahui dapat mengatasi parasit dan mengatasi kanker kulit.

Manfaat jeruk purut untuk menurunkan kolesterol (Fotolia)

Manfaat jeruk purut untuk menurunkan kolesterol (Fotolia)

Cara Mendapatkan Khasiat Buah Jeruk Purut

Untuk mendapatkan khasiat buah jeruk purut bagi kesehatan, ada beberapa metode yang bisa anda terapkan:

  • Menyemprotkan minyak aromaterapi dari jeruk purut di dalam ruangan untuk menyebarkan aromanya tanpa merusak zat-zat kimia alami yang terdapat di dalamnya
  • Mencampurkan beberapa tetes minyak atsiri jeruk purut di dalam satu baskom air hangat dan kemudian menghirup uapnya
  • Mengkonsumsi tablet yang mengandung ekstrak jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol tinggi, gula darah, maupun trigliserida
  • Mengkonsumsi air perasan buah jeruk purut dan mencampurnya dengan madu dan air hangat. Anda bisa mengkonsumsinya selagi hangat untuk membantu menurunkan gula darah dan kolesterol
  • Menggunakan daun jeruk purut sebagai bumbu masakan. Sejumlah masakan khas nusantara memang identik dengan penggunaan daun jeruk purut yang dirajang halus untuk menambah aroma dan citarasanya.

Untuk sediaan siap pakai, dosis jeruk purut yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah 2 hingga 4 dosis 500 miligram dalam bentuk sediaan kapsul. Sedangkan dosis minyak atsiri jeruk purut biasanya tergantung usia dan kondisi kesehatan penggunanya. Cara paling aman mendapatkan khasiat buah jeruk purut adalah dengan menggunakan daunnya sebagai campuran masakan atau mengkonsumsi air perasannya secara langsung.

Itulah manfaat buah jeruk purut bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apa obat kolesterol?; aromaterapi daun jeruk untuk menurunkan nyeri; buah jeruk purut obat asam urat; Jeruk apa yang bisa menurunkan parasit; manfaat buah jeruk purut yang daunnya di pakai bumbu masak;

Content Protection by DMCA.com