Manfaat Buah Jambu Biji Putih dalam Bidang Kesehatan dan Kecantikan

Sejak dahulu, nenek moyang bangsa ini sudah pandai membuat obat-obatan secara herbal dan tradisional untuk pengobatan bermacam-macam penyakit. Umumnya, tanaman sekitar banyak dipakai untuk kebutuhan obat herbal. Salah satunya adalah manfaat buah jambu biji yang punya khasiat nyata. Orang lebih banyak mengenal jambu biji sebagai obat demam berdarah, namun sebenarnya buah ini punya manfaat dan khasiat yang lebih banyak lagi.

manfaat buah jambu biji (tsumasaga.wordpress)

manfaat buah jambu biji (tsumasaga.wordpress)

Manfaat buah jambu biji putih berdasar ahli kesehatan dan kecantikan

Menurut para ahli kesehatan, manfaat buah jambu biji putih sangat banyak, dari penyakit sederhana sampai penyakit ganas. Untuk lebih jelas, menyimak penjelasan berikut:

  • Mencegah penyakit kanker¬†

Jambu biji memang mengandung anti-oksidan seperti likopen. Zat ini mampu melawan kanker karena likopen dalam jambu mudah diserap oleh tubuh daripada likopen dalam Tomat. Hal ini terjadi karena struktur sel dalam jambu biji lebih halus. Semua jambu biji mempunyai anti-oksidan yang tinggi.

  • Menurunkan hipertensi

Serangan jantung adalah penyakit yang sama bahayanya dengan kanker. Salah satu cara alami untuk pencegahan penyakit jantung adalah meminum jus buah jambi biji atau memakannya secara langsung. Jambu biji adalah hipoglikemik yang kaya akan serat. Inilah zat yang bermanfaat bagi penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah. Lebih lagi, satu buah jambu biji ukuran sedang cukup untuk asupan potasium. Penelitian sudah membuktikan bahwa potasium menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Mengobati diare

Jambu biji mengandung zat astringen. Zat kimia ini dapat menyusutkan jaringan dalam tubuh. Inilah mengapa gusi akan lebih keras setelah memakan jambu biji. Sementara daun mengandung anti-bakteri untuk mencegah bakteri penyebab diare. Zat penuh manfaat lain adalah Vitamin C, Karetinoid, dan potasium.

  • Mengobati batuk dan flu

Untuk pengobatan tradisional, kunyah saja daun jambu biji secara mentah-mentah. Jika Anda ingin yang lebih enak, makan saja buah jambu biji yang masih mentah walau masih akan terasa sedikit pahit. Kasiat ini sudah sejak lama dipercaya turun-temurun untuk obat batuk dan flu. Ramuan ini mengurangi lendir dan pembentukkannya. Disisi lain, saluran pernafasan akan terbebas dari infeksi.

  • Merawat kulit

Zat astringen dapat meningkatkan tekstur kulit sehingga akan lebih kencang. Ini sama artinya dengan zat ant-aging bagi para wanita. Zat anti-oksidan seperti Vitamin A dan C serta potasium akan membantu detoksifikasi agar kulit terjaga.

  • Menurunkan berat badan

Komponen seperti serat, vitamin, dan protein sangat dibutuhkan untuk penurunan berat badan. Secara umum, buah ini awet di perut sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

 

Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah jambu biji bagi kesehatan yang berguna bagi banyak orang dan mudah dipahami:

  • Manfaat antioksidan¬†

Vitamin C adalah kandungan jambu biji yang berguna sebagai sebagai antioksidan.  Vitamin C sangat dibutuhkan pula untuk proses sintesis kolagen. Kolagen sendiri adalah protein struktural dalam tubuh. Zat ini diperlukan sebagai penjaga integritas dalam pembuluh darah, organ, kulit, dan tulang. Senyawa antioksidan lain adalah polivenol dan flavonoid yang mengandungbeta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin. Senyawa tersebut sangat terkait saat pengurangan resiko kanker dan pencegaha kerusakan sel dari radikal bebas.

  • Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A dan Betakaroten dalam jambu biji sangatlah tinggi baik biji merah maupun biji putih. Zat tersebut adalah vital bagi kesehatan mata. Manfaat jambu biji ini sama halnya dengan Vitamin A dalam Tomat dan Wortel.

 

Jambu biji tak sekedar buah pelengkap makan. Banyak sekali penyakit yang bisa dicegah atau disembuhkan dengan buah jambu biji. Untuk memperoleh manfaat buah jambu biji, Anda cukup membuatnya secara sederhana dan mudah.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

Apa mamfaat jambu biji -berat jambu biji -