Manfaat Buah Delima Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Buah delima adalah tumbuhan buah yang tergolong dalam keluarga Punicaceae dan mempunyai nama latin Punica granatum L. Sesungguhnya tanaman ini berasal dari Timur Tengah tetapi dapat tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis. Buah ini bahkan dapat ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dikonsumsi buahnya. Manfaat buah delima bagi kesehatan cukup banyak karena kandungan nutrisinya yang memberi dampak positif bagi tubuh, seperti kalsium oklasat, alkaloid pelletierene, isoquercitin, dan lain-lain.


Manfaat Buah Delima (Shutterstock)

Manfaat Buah Delima (Shutterstock)

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam segelas jus delima terdapat kandungan asam sitrat, vitamin A dan C, maltosa, asam malat, glukosa, fruktosa, dan tanin. Tak hanya buahnya manfaat delima bagi kesehatan juga ada pada biji, akar, daun, bunga, serta kulit pohonnya. Tetapi pada ulasan kali ini akan dibahas khusus tentang khasiat buahnya saja untuk kesehatan kita.

Mencegah Kanker

Selain kandungan nutrisi sebagaimana yang disebutkan di atas dalam buah delima juga terdapat antioksidan serta vitamin C dan A dalam jumlah tinggi. Ketiga zat inilah yang berperan untuk melawan dampak radikal bebas pemicu kanker. Dengan mengonsumsi buah ini kerusakan sel bisa dicegah dan nantinya terjadinya kanker juga dapat diantisipasi. Jenis-jenis kanker yang bisa dicegah dengan konsumsi buah delima secara teratur adalah kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker payudara.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan berkadar tinggi pada buah delima juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kondisi ini akan meningkatkan aliran darah ke jantung dan membuat jantung kita tetap sehat.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat buah delima berikutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama yang berukuran menengah. Buah tersebut mengandung sekitar 15% vitamin C untuk mencukupi kebutuhan harian kita. Jadi buah delima juga baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan kita.

Menyehatkan Kulit

Khasiat buah berdaging merah yang ke-empat ini pasti akan sangat menarik bagi wanita karena bisa menggantikan perawatan kecantikan kulit yang mahal. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tersebut akan menunjang produksi kolagen untuk menyehatkan kulit. Biji delima bahkan diolah menjadi minyak delima untuk perawatan kulit dari luar. Manfaat lain buah delima adalah dapat menunjang proses perbaikan dan regenerasi sel kulit, menghilangkan kusam, serta meluruhkan sel-sel kulit mati. Rajin mengonsumsi buah delima akan membuat kulit Anda menjadi bersinar dan sehat.

Mencegah Osteoartritis

Mengonsumsi buah delima atau jus buah delima setiap hari juga akan membantu menguatkan tulang serta mencegah penyakit tulang osteoarthritis.

Menyehatkan Arteri

Bila Anda ingin terbebas dari penyakit stroke dan komplikasi lain yang menyertainya, konsumsilah lebih banyak buah delima karena salah satu khasiat buah ini adalah dapat mengikis plak dari lemak jahat yang tertimbun pada arteri.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Jus buah delima juga bisa menjadi obat herbal alternatif bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meminum jus buah delima setiap hari terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5%.

Mengontrol Berat Badan

Buah delima juga baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menjaga berat badan tetap ideal. Buah delima rendah kalori, sehingga tidak akan menambah tumpukan kalori di tubuh anda. bahkan, buah ini berkhasiat untuk membantu membakar kalori, sehingga program diet anda akan berjalan lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang manfaat buah delima untuk Anda terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Nah, semoga bermanfaat!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Apa obatnya sakit lambung; macam macam obat tradisional kolesterol;

Content Protection by DMCA.com