Manfaat Bersepeda Yang Patut Diketahui Untuk Tubuh

Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan tiap hari. Ada yang memilih lari pagi, ada yang memilih senam, ada yang memiliki olahraga tim seperti basket, sepak bola, voli, ada pula yang gemar bersepeda. Tentu saja ada banyak sekali manfaat olah raga bagi tubuh. Manfaat bersepeda itu sendiri tentu tidak diragukan lagi banyaknya.   Lalu apa saja manfaat bersepeda bagi mereka yang secara rutin melakukannya? Mari disimak baik-baik.

Manfaat bersepeda

Manfaat bersepeda

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Tiap hari bersepeda keliling kompleks perumahan. Atau mungkin ke kantor atau ke sekolah dengan bersepeda tentu akan memberikan banyak manfaat. Manfaat bersepeda tiap hari ternyata tidak hanya bermanfaat tubuh tapi juga bagi lingkungan.

Secara ringkas ada sepuluh manfaat bersepeda bagi tubuh dan lingkungan, yakni sebagai berikut:

  • Mengurangi stress. Gerakan yang tercipta dari mengayuh sepeda dapat menstabilkan fungsi tubuh dan menciptakan efek relaksasi. Jadi tidak hanya segi fisik tapi juga mental yang memperoleh manfaat dari bersepeda.
  • Menyehatkan jantung. Dengan bersepeda tiap hari secar rutin, jantung otomatis akan bekerja lebih baik karena terus dilatih. Hal ini dapat mencegah timbulnya penyakit jantung hingga 50%. Dengan bersepeda secara teratur, jantung akan lebih kuat dan lebih sehat, khususnya untuk orang-orang yang lanjut usia.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh, Dengan rutin bersepeda, imunitas tubuh akan terjaga, sehingga melindungi tubuh dari berbagai virus dan serangan penyakit yang datang dari luar.
  • Mencegah timbulnya sakit punggung dan penyakit tulang belakang. Ketika bersepeda postur tubuh dan gerakan kaki akan membuat tulang belakang dan punggung tetap terjaga kekuatannya. Otot-otot tulang belakang akan semakin kuat sehingga akan terjauh dari sakit punggung .
  • Menjaga lingkungan bebas dari polusi. Kini telah banyak orang yang melestarikan kembali gerakan bersepeda. Baik untuk jarak pendek seperti mengitari daerah rumah hanya untuk olahraga dan jalan-jalan, atau untuk beraktivitas ke mana pun tujuannya. Ada yang ke kantor dengan bersepeda, ada yang ke sekolah, ke pasar, dan lain sebagainya. Dengan mengendarai sepeda ke mana-mana, tentu penggunaan kendaraan bermotor akan berkurang dan dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari polusi.

Manfaat Bersepeda Untuk Wanita, Baik Tua Maupun Muda

Ternyata, baik pria maupun wanita yang gemar bersepeda, manfaat yang didapat tidak akan jauh berbeda. Manfaat bersepda bagi wanita khususnya salah satunya adalah mengurangi nyeri pada saat haid. Tentu banyak wanita yang mengeluhkan akan nyeri yang sering mereka alami ketika haid. Namun sebenarnya nyeri tersebut dapat dikurangi dengan cara olahraga teratur, salah satunya dengan bersepeda. Sebab bersepeda tidak hanya mengencangkan otot kaki tetapi juga otot perut dan punggung. Tentu ini akan sangat baik bagi para remaja yang sudah mendapat haid, hingga wanita yang belum menopause untuk mengurangi nyeri haid.

Untuk wanita yang sedang diet, bersepeda dapat membuat rencana diet menjadi sukses. Tentu saja hal ini mungkin terjadi karena dengan bersepeda, kalori yang dibutuhkan wanita untuk dibakar tentu akan tercapai. Sehingga para wanita tidak harus susah payah untuk berlama-lama untuk diet, karena manfaat bersepeda untuk diet sangat tinggi. Karena begitu banyak manfaat bersepeda bagi tubuh juga lingkungan, alangkah baiknya salah satu olahraga mengasyikkan ini terus dilakukan dan dilestarikan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

manfaat bersepeda -manfaat bersepeda bagi wanita -bersepeda -manfaat ber -manfaat bersepeda tiap pagi -manfaat naik sepeda setiap hari -manfaat sepeda bagi kesehatan -mnfaat brsepeda -olahraga bersepeda -

Content Protection by DMCA.com