Manfaat ASI Tak Dapat Digantikan Dengan Susu Formula

ASI adalah makanan utama yang penting bagi bayi. Kandungan gizi yang terkandung dalam ASI tidak bisa digantikan dengan susu formula. Namun di zaman sekarang, banyak sekali ibu-ibu melalaikan tugasnya untuk memberikan ASI bagi bayinya. Dengan alasan pekerjaan, membuat ibu-ibu ini menghentikan pemberian ASI lebih cepat dari yang diharuskan. Seorang bayi membutuhkan kandungan gizi yang terdapat di dalam ASI selama dua tahun.  Dalam kurun waktu tersebut, manfaat ASI sangat penting untuk makanan utama selain diberikan makanan pendamping lainnya.

Manfaat ASI

Manfaat ASI

Manfaat ASI Yang Tak Tergantikan

Manfaat ASI bagi ibu dan bayi memberikan dampak yang baik bagi kesehatan keduanya. Ibu yang memberikan ASI lebih cepat pulih dari melahirkan daripada ibu yang tidak mau memberikan air susu pada bayinya. Bayipun mendapatkan manfaat yang bagus untuk memperkuat sistem kekebaaln tubuhnya. Bayi yang tidak menkonsumsi ASI lebih rentang terserang penyakit daripada bayi yang meminum ASI.

Begitu besar manfaat ASI dibanding susu formula yang berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya bayi.Untuk lebih lanjut akan dikupas satu persatu:

  • ASI meningkatkan kecerdasan otak anak. Zat gizi yang terkandung di dalam ASI tidak bisa digantikan dengan formula. Pemberian ASI tidak hanya menstimulus kecerdasan anak, namun kecerdasan mentalnya juga meningkat. Dengan pemberian ASI hubungan emosional antara ibu dan anak lebih kuat sehingga perkembangan otak anak juga berpengaruh.
  • Aman dari zat kimia dan kuman penyakit. ASI yang bisa di nikmati langsung tanpa membutuhkan alat membuat kebersihannnya lebih terjaga daripada menggunakan susu formula. Bisa jadi botol yang digunakan untuk membuat susu formula tidak bersih yang bisa mengakibatkan bayi jadi sakit perut. Terkadang zat kimia yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk bayi yang bisa menyebabkan bayi alergi atau sakit yang lebi parah. Namun manfaat ASI ekslusif hal yang terbaik yang dibutukan bayi.
  • ASI bisa mencegah infeksi pada usus. Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan sangat rentan dengan zat-zat yang terdapat dalam susu formula. Namun dengan mengkonsumsi ASI adalah makanan terbaik yang tidak akan memeberikan dampak yang buruk bagi bayi malah membuat kekebalan tubuhnya semakin meningkat

Manfaat ASI Ekslusif Dan Cara Pemberiannya

Jangan ragu lagi untuk memberikan ASI kepada bayi. Tidak hanya bayi yang mendapatkan manfaatnya, si ibu juga mendapatkan manfaat yang besar dengan memberikan ASInya tersebut. Pekerjaan bukan alasan untuk menghentikan memberikan manfaat ASI ekslusif. Toh, banyak cara lain seperti memompa ASI dan menyimpan dalam botol untuk diberikan kepada bayi jika dibutuhkan. Botol yang berisi ASI tersebut di simpan di dalam freezer dan bisa dihangatkan kembali.

Sekarang juga ada jasa pengantar ASI. Jadi tidak ada alasan lagi bagi ibu pekerja untuk tidak memberikan ASInya karena manfaat ASI tersebut sangat di butuhkan bayi. Sayangilah bayi seperti menyayangi diri sendiri.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

kandungan asi yg tidak ada -kasiat asi -kelebihan ASI -kelebihan asi daripada susu formula -keutamaan asi daripada susu formula -manfaat asi yang tidak ada di susu formula -zat gizi penting asi yang tidak dimiliki susu formula -

Content Protection by DMCA.com