Manfaat Akunpuntur bagi Penderita Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Bahkan, banyak kasus kematian mendadak yang terjadi karena gangguan jantung. Nah, siapa sangka jika salah satu manfaat akunpuntur  adalah untuk membantu mengatasi masalah jantung dan mengurangi resiko stroke dan hipertensi. Akunpuntur merupakan salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung, asalkan dilakukan dengan metode yang benar.


Manfaat akunpuntur bagi kesehatan jantung (Fotolia)

Manfaat akunpuntur bagi kesehatan jantung (Fotolia)

Manfaat Akunpuntur Bagi Penderita Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh. Masalah terhadap jantung biasanya dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat. Akibatnya, jantung ‘dipaksa’ untuk memompa darah kotor yang rendah oksigen namun kaya zat asam arang. Oleh sebab itu, upaya pertama yang harus dilakukan untuk menghindari penyakit jantung koroner adalah mengubah gaya hidup.

Namun, pada mereka yang sudah terlanjur mengalami masalah pada jantung, akunpuntur diyakini dapat membantu memperbaiki energi pada organ jantung. Akunpuntur bisa mengalami masalah pada jantung, seperti sirkulasi darah yang kotor dan buruk, mencegah hipertensi, serta meminimalisir resiko stroke. Metode akunpuntur melibatkan pemilihan titik-titik organ tertentu yang berhubungan langsung dengan sirkulasi jantung, paru-paru, dan ginjal.

Dengan pemberian jarum akunpuntur pada lokasi organ yang sesuai, maka rasa sakit yang timbul karena penyempitan koroner maupun tegangan pembuluh darah koroner dapat dikendalikan. Inilah manfaat akupuntur bagi kesehatan jantung yang paling utama, yakni  berkurangnya rasa sakit. Akunpuntur juga membantu memperlancar energi pada otot yang kaku, sehingga dapat mengurangi nyeri otot akibat pengendapan asam urat.

Cara Kerja Akunpuntur Untuk Pengobatan Penyakit Jantung

Seperti dijelaskan di atas, manfaat utama akunpuntur untuk pengobatan penyakit jantung akan dirasakan dengan pemilihan titik-titik meridian yang terhubung dengan sirkulasi jantung. Seperti dirilis Joglosemar online, Dr. Slamet Riyanto, MM, Sp.AK dari RSU PKU Muhammadiyah Surakarta menjelaskan, setidaknya ada 3 titik meridian akunpuntur yang berhubungan langsung dengan kesehatan jantung:

Akupuntur bekerja melalui rangsangan jarum pada titik-titik meridian (Fotolia)

Akupuntur bekerja melalui rangsangan jarum pada titik-titik meridian (Fotolia)

  • Meridian Jantung; Titik meridian ini merupakan salah satu bagian utama dari sistem organ jantung, karena perjalanannya memang dimulai dari jantung. Pemberian jarum akunpuntur pada titik ini bermanfaat untuk merangsang sistem kerja jantung.
  • Meridian Selaput Jantung (Pericardium); Perjalanan meridian ini bermula dari rongga dada yang kemudian terhubung dengan selaput jantung. Pemberian jarum pada meridian ini akan merangsang kerja pericardium, dan efeknya akan lebih kuat jika pemberian jarum pada titik ini dilakukan bersamaan dengan pemberian jarum akupuntur pada meridian jantung.
  • Meridian Paru; Rangsangan yang diberikan melalui jarum akunpuntur pada meridian ini akan mempengaruhi organ paru secara positif, bukan hanya untuk sistem kerja paru naamun juga oksigenasi darah. Dengan demikian, sirkulasi darah jantung-paru diharapkan dapat bekerja secara maksimal.
  • Meridian ginjal; rangsangan pada meridian ini bermanfaat untuk memperkuat efek rangsangan yang diberikan secara bersamaan pada meridian jantung, selaput jantung, dan paru. Memang, pada perjalanannya, meridian ini akan berhubungan dengan tiga meridian lainnya. Kombinasi titik akupuntur pada keempat meridian ini akan saling menguatkan satu sama lain untuk mendukung kerja organ jantung.

Dalam ilmu kedokteran di negara-negara Barat, peran akupuntur dalam menjaga kesehatan jantung masih terbatas pada percobaan klinis skala kecil. Akibatnya, dibutuhkan penelitian lebih mendalam untuk mengkonfirmasi manfaatnya bagi kesehatan jantung. Percobaan-percobaan klinis tersebut menemukan bahwa manfaat positif akupuntur terhadap kesehatan berasal dari  perannya untuk mengurangi stress dan memperbaiki fungsi jantung.

Akupuntur belumlah menjadi bagian dari terapi rutin dalam pengobatan penyakit jantung. Di balik manfaat akupuntur bagi kesehatan, ada juga resiko kecanduan. Akibatnya, terapi ini hanya dianjurkan pada frekuensi tertentu saja.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

akupuntur penyakit jantung; jus buah sirsak; masalah di meridian selaput jantung;

Content Protection by DMCA.com