Makanan Yang Baik untuk Diet: Memahami Nutrition Fact

Sebagai konsumen haruslah bersikap cerdas dan teliti ketika akan membeli barang dan berbagai jenis makanan serta minuman. Terlebih ketika sedang membeli makanan yang baik untuk diet, konsumen harus meneliti kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, apakah baik untuk program diet yang sedang dijalankan atau tidak

Memahami nutrition fact - Kaloriku

Memahami nutrition fact – Kaloriku

Tips Mengetahui Makanan Yang Baik untuk Diet

Ada sebuah tips yang bisa dipraktikan ketika sedang membeli makanan yang baik untuk diet. Supaya bisa mengetahui apakah makanan tersebut baik atau tidak, anda harus membaca terlebih dahulu nutrition fact produk yang tertera pada kemasannya. Dengan begitu akan difahami kandungan apa saja yang ada dalam makanan dan bisa ditentukan ukuran atau porsi yang pas ketika akan mengonsumsinya.

Ukuran Sajian (Serving Size)

Ukuran sajian pada tabel nutrition fact memberikan informasi mengenai ukuran porsi yang direkomendasikan. Jika tidak terbiasa menimbang makanan maka ukurlah dengan porsi standar atau mengonsumsi dengan porsi yang lebih rendah daripada yang telah direkomendasikan.

Kalori (Calories)

Tabel kalori menunjukkan jumlah atau banyaknya energi yang akan didapatkan dari porsi makanan tersebut. Porsi yang dikonsumsi akan menentukan jumlah kalori yang akan diterima. Misalnya satu kemasan memiliki kalori 300 kalori untuk 2 serving size, berarti jika anda habiskan satu kemasan anda mendapatkan 600 kalori. Kalori per serving size dikategorikan rendah yaitu 40 kalori, sedangkan kategori sedang ada pada kisaran 100 kalori. Jika kalori sudah berjumlah 400 kalori hingga lebih artinya memiliki kalori tinggi.

Lemak (Fat)

Lemak yang ada dalam tabel (fat) menunjukkan banyaknya kalori dari makanan yang berasal dari lemak. Setiap gram lemak memiliki nilai 9 kalori dan perlu diketahui bahwa 30% kalori yang dimiliki berasal dari lemak.

Contoh cara membaca label nutrition fact - Quicklabel

Contoh cara membaca label nutrition fact – Quicklabel

 Natrium (Sodium)

Jumlah natrium dalam setiap porsi harus diperhatikan. Dalam menjalani diet yang sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi natrium dengan jumlah lebih dari 2.400 mg per hari.

Karbohidrat (Carbohydrate)

Karbohidrat terdiri dari yang sederhana dan kompleks. Ada juga karbo dari gula dan serat. Jika memungkinkan pilihlah karbohidrat yang berasal dari serat.

Serat ( Fiber)

Nutrition fact pun menunjukkan berapa banyak serat yang dikandung di dalam satu porsi makanan. Konsumsi serat yang baik ada pada tingkatan 20 hingga 35 gram perhari. Jika kadar serat semakin tinggi maka kadar gula akan semakin berkurang.

Dari semua hal yang ada pada nutrition fact, selain yang sudah disebutkan ada juga hal lain yang disebutkan seperti gula (sugar), protein, dan daily values dalam persentase. Daily value menunjukkan persentase angka kecukupan gozi  harian yang harus dipenuhi dan yang ada dalam kandungan sebuah produk. Berdasarkan diet 2000 kalori, nilai persentase 5% dianggap rendah sedangkan nilai 20% atau lebih dianggap tinggi.

Pentingnya nutrition fact untuk diet - Interactive-biology

Pentingnya nutrition fact untuk diet – Interactive-biology

Jika sudah memahami dan mengerti bagaimana cara membaca nutrition fact di dalam kemasan, maka anda bisa memilih makanan yang baik untuk diet yang bisa dikonsumsi sehari-hari sebagai makanan pendukung terwujudnya penurunanberat badan atau menuju berat badan yang porposional serta ideal.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

nutrition facts yang bagus -

Content Protection by DMCA.com