Makanan Penyebab Kanker Serviks Yang Perlu Dibatasi Oleh Perempuan

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi perempuan di area leher rahim. Penyebab kanker serviks sebagian besar oleh human papillomavirus atau HPV. Virus HPV menyerang penderitanya melalui hubungan seksual, menggunakan handuk yang terkontaminasi, dan makanan tertentu. Ya betul, ada beberapa makanan penyebab kanker serviks yang wajib dibatasi oleh perempuan jika anda tidak ingin kanker serviks menyerang organ reproduksi anda.

Penyebab kanker serviks dapat disebabkan karena konsumsi makanan yang terkontaminasi Aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur Aspergilus flavus dan Aspergillus parasiticus. Aflatoksin bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan penyakit kanker.

Untuk menghindari zat karsinogenik sebaiknya anda menyimpan makanan dengan benar untuk mengendalikan toksin dan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, asam folat, dan kalsium tinggi agar mencegah pertumbuhan sel kanker.

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan yang dapat menyebabkan kanker serviks sehingga perlu dibatasi

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Beberapa makanan penyebab kanker serviks yang sebaiknya dibatasi antara lain makanan yang digoreng, daging olahan, soda, makanan yang mengandung pengawet, dan makanan yang mengandung akrilik amida seperti keripik kentang dan kentang goreng. Detail pembahasannya adalah sebagai berikut:

1. Makanan berlemak

Sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, apalagi jika Anda suka makanan yang digoreng, sebab lemak bisa menghasilkan hormon estrogen. Kabar buruknya jika hormon estrogen dihasilkan secara berlebihan dan dalam jangka panjang dan memaparkannya pada rahim maka hasil akhirnya menyebabkan sel kanker tumbuh dengan baik..

Selain itu, dampak konsumsi makanan berlemak tinggi yaitu memicu obesitas. Penderita obesitas cenderung jarang bergerak dan menyimpan lemaknya apa adanya. Hal ini memicu diabetes yang selanjutnya akan meningkatkan risiko terkena kanker.

Makanan yang mengandung lemak antara lain makanan yang digoreng, junk food, susu, lemak hewani. Oleh karena itu, batasilah konsumsi makanan berlemak agar tidak terkena diabetes. Konsumsilah makanan rendah lemak seperti daging khas dalam, dada ayam, dan susu rendah lemak.

Imbangi dengan olahraga secara teratur agar tubuh sehat sekaligus membakar lemak dan jangan lupa makan sayuran dan buah-buahan.

2. Minuman Alkohol

Konsumsi minuman alkohol secara berlebihan dalam jangka panjang memicu perkembangan sel-sel kanker yang pada akhirnya akan dapat terkena kanker serviks bagi wanita.

Jika anda adalah seorang wanita yang peduli kesehatan, berhenti dari kebiasaan minum miras dan alihkan kebiasaan dengan konsumsi jus buah.

3. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia

Kemajuan teknologi pangan memang tidak dapat kita hindari. berkembangnya industri pangan mampu membuat makanan menjadi lebih sederhana dan mudah dijangkau.

Beberapa makanan yang mengandung bahan kimia antara lain mie instan, sosis, dan makanan kaleng. Makanan tersebut jika hanya sesekali dikonsumsi mungkin tidak akan berdampak serius bagi kesehatan. Tetapi bahan pengawet, pewarna, pemanis buatan jika dikonsumsi terus-menerus akan berakumulasi dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kanker seperti kanker leher rahim.

Oleh sebab itu, biasakan untuk mengolah makanan dengan bumbu alami di dapur merupakan cara bijak menjaga kesehatan keluarga.

4. Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi

Tentu saja kita tahu bahwa gula merupakan salah satu sumber energi. Tetapi bukan berarti dikonsumsi secara berlebihan. Sebab bukannya menjadi sumber energi tetapi malah memicu penyakit kanker serviks. Selain itu perhatikan asupan gula per hari dan imbangi dengan aktivitas fisik.

5. Makanan yang Dibakar

Banyak orang yang suka makanan yang dibakar atau dipanggang. Namun tahukah Anda bahwa daging yang dibakar dengan arang dapat mengaktifkan zat yang bersifat toksin dan menyebabkan risiko terkena kanker, apalagi jika bagian gosongnya anda telan.

Arang mengandung karbon dan karbon termasuk zat karsiogenik pemicu kanker. Oleh sebab itu, Anda perlu membatasi makanan yang dibakar atau dipanggang. Sesekali tidak apa-apa tetapi jangan terlampau sering mengingat dampak buruk makanan yang dibakar bagi kesehatan.

Demikian beberapa makanan penyebab kanker serviks yang perlu dibatasi. Biasakan dengan konsumsi makanan pencegah kanker agar tidak terkena penyakit kanker serviks.