Makanan Diet: 3 Rekomendasi Sereal untuk Sarapan

Menu makanan untuk diet pastinya berbeda-beda tergantung dari programnya. Setiap program biasanya mencantumkan makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Menu sarapan yang menjadi favorit salah satunya adalah susu dan sereal karena praktis dan cukup mengenyangkan. Namun kedua menu ini tidak bisa menjadi makanan diet apabila miskin nutrisi dan kandungan gulanya tinggi.


Makanan diet sehat – Shutterstock

Makanan diet sehat – Shutterstock

Dalam program diet, anda tidak perlu mengganti menu apabila sudah terbiasa mengonsumsi sereal untuk sarapan pagi. Anda hanya perlu lebih teliti memilih sereal yang tidak mengandung pemanis buatan. Selain itu, susu rendah lemak atau susu skim merupakan pasangan serasi dari sereal untuk anda yang sedang dalam proses menuju berat badan ideal.

Makanan Diet: Pentingnya Sereal untuk Sarapan

Sereal yang umum berbeda dengan sereal yang memang dibuat khusus untuk program diet. Sereal khusus diet memiliki kandungan gandum yang masih utuh, yang biasanya bertanda whole wheat atau whole grain. Sedangkan sereal lainnya berlapis gula atau sugarcoated yang berpotensi membuat anda lebih cepat lapar bahkan sebelum waktu makan siang datang.

Anda juga bisa menambahkan buah-buahan seperti pisang, strawberry, atau blueberry ke dalam campuran sereal. Bahkan kismis, granola, oat, dan kacang-kacangan seperti walnut dan almond bisa menambah variasi rasa sereal sekaligus melengkapi nutrisi. Sereal penting sebagai makanan untuk diet karena sifatnya yang rendah kalori namun sebagai sumber energi untuk tubuh beraktivitas.

Oatmeal dan shake untuk makanan diet

Oatmeal dan shake untuk makanan diet

Pilihan Seral untuk Diet Rendah Kalori

Ada beberapa pilihan sereal sebagai menu makanan diet yang tidak hanya sehat dikonsumsi tetapi juga mampu menjaga berat badan ideal anda, di antaranya adalah:

Oatmeal

Bubur oat selain untuk diet juga dikenal sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes dan kolesterol tinggi selama anda tidak menambahkan gula untuk pemanis rasa. Oatmeal yang mentah dan harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi terbilang lebih baik daripada yang instan. Oat ini mengandung serat tinggi yang mampu meningkatkan mood bagi anda yang kerap mengalami stres dan juga menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Tambahkan sedikit madu atau sirup maple jika anda kurang menyukai rasa asli oatmeal.

Wheat Flake

Ragam jenis sereal yang dipadatkan dan membentuk keping-kepingan disebut dengan wheat flake. Wheat flake merupakan makanan yang baik untuk diet, lezat dikonsumsi bersama buah kering dan susu rendah lemak.

Cornflake untuk diet - Alaskaparent

Cornflake untuk diet – Alaskaparent

Cornflake

Sesuai namanya, cornflake merupakan sereal yang terbuat dari jagung dan berbentuk keripik. Cornflake mengandung zat besi dan vitamin B kompleks, baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Taburan kismis atau potongan buah stroberi dan pisang bisa menjadi alternatif campuran pemanis alami cornflake.

Sereal sebagai makanan diet yang sehat sebaiknya dikonsumsi rutin setiap pagi. Banyak jenis sereal yang dijual di supermarket, anda hanya perlu memperhatikan angka kecukupan gizi dan jumlah kalori pada kemasan untuk gizi yang seimbang.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

sereal; sereal gandum; makanan sereal; contoh makanan sereal gandum; contoh sereal; sereal rendah lemak; macam macam sereal; sereal sehat; sere; sereal dari gandum;

Content Protection by DMCA.com