Lindungi Diri Anda dengan Makanan Sehat Untuk Jantung ini!

Jantung adalah organ yang penting untuk tubuh karena berfungsi untuk menyuplai darah pada seluruh tubuh. Namun seringkali pola dan kebiasaan buruk dan pola makan yang tidak sehat mempengaruhi kesehatan jantung secara negatif. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung sangat dianjurkan untuk merawat fungsi dan kesehatan jantung. Kombinasi makanan sehat dan aktif berolahraga dapat menciptakan jantung sehat dan terhindar dari masalah penyakit jantung koroner.

Makanan sehat untuk jantung

Makanan sehat untuk jantung (Health.diwarta)

Secara umum, penyakit jantung dikenal sebagai kondisi kesehatan yang timbul akibat pola makan dan gaya hidup yang salah, meskipun faktor keturunan merupakan salah satu faktor resikonya. Artinya, dengan makanan dan gaya hidup yang sehat, resiko menderita penyakit jantung dapat diminimalisir. Konsumsi makanan sehat jantung harus dijadikan gaya hidup bagi seluruh masyarakat modern di tengah banyaknya makanan cepat saji, atau junkfood, yang kaya kolesterol.

Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung

Ada banyak makanan yang diketahui dapat memelihara kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Ikan salmon kaya akan Omega 3

Ikan salmon kaya akan Omega 3 (Smartdetoxsynergy)

Ikan Salmon

Ikan salmon memang sedikit mahal jika dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan manfaatnya yang sangat melimpah untuk kesehatan jantung. Kandungan Omega 3 dari ikan ini bisa memerangi kolesterol jahat yang merusak jantung. Nutrisi ikan salmon juga bisa megurangi resiko peradangan pada tubuh dan sekaligus mengurangi resiko terjadinya stroke.

Oatmeal

Pilihan makanan yang selanjutnya adalah oatmeal. Makanan jenis ini merupakan makanan sehat jantung. Untuk meningkatkan rasanya, anda bisa memanfaatkan selai dan madu. Oatmeal adalah sumber serat larut, sama halnya dengan serat yang ditemukan pada pir dan apel. Serat larut bekerja untuk menyerap kolesterol jahat (kolesterol LDL). Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mengkonsumsi satu cangkir oatmeal sebagai sarapan untuk mengurangi kadar kolesterol anda.

Oatmeal

Oatmeal

Almond dan Walnut

Almond dan walnut kaya akan Omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang ini mengandung serat, folat, magnesium, dan juga vitamin E yang berfungsi untuk kesehatan tubuh. Resiko penyakit jantung dapat diminimalisir dan kadar kolesterol bisa dikurangi dengan konsumsi kacang-kacangan ini.

Blueberry

Rasa lezat dari blueberry bisa menjadi pilihan untuk menghindari masalah sakit jantung. Kandungan antioksidan dari blueberry bisa berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung secara lebih efisien. Namun sayangnya, blueberry sedikit sulit untuk didapatkan di Indonesia.

Almond

Almond

Kacang Merah

Bahan makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah kacang merah. Makanan ini memiliki kandungan omega 3 dan serat makanan. Dengan rajin dalam mengkonsumsi kacang merah, peradangan dalam tubuh dan kadar kolesterol bisa dikurangi.

Sebenarnya, masih banyak bahan makanan lain yang dapat dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Di antaranya adalah tomat dan teh hijau. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pengolahan dan penyajiannya. Pengolahan dengan santan dan minyak goreng justru akan mengganggu kesehatan jantung.

Kacang merah

Kacang merah

Content Protection by DMCA.com