Kunyit Dan Madu Sebagai Obat Batuk Herbal Untuk Anak

Batuk sangatlah mengganggu baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Orang tua yang anaknya mengalami gangguan batuk sering merasa cemas dan panik. Memang batuk merupakan bentuk reflek dan langkah protektif tubuh untuk mengeluarkan benda asing. Benda asing ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa hanya merupakan debu yang masuk atau berupa kelenjar seperti dahak yang dihasilkan karena adanya infeksi tubuh. Para ibu muda sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu batuk seperti apa yang diderita anak Anda sebelum buru-buru memberikan mereka obat-obatan. Langkah pengobatan yang baik adalah obat batuk herbal untuk anak.

obat batuk herbal untuk anak

obat batuk herbal untuk anak

Kunyit sebagai obat batuk herbal untuk anak usia 1 tahun ke bawah

Kunyit merupakan herbal yang umum bisa ditemukan oleh para ibu-ibu di dapur. Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga mampu sebagai obat batuk herbal untuk anak 1 tahun ke bawah. Beberapa alasan mengapa kunyit dapat menyembuhkan batuk, yaitu :

  • Kunyit memiliki aktivitas antimikroba,
  • Kunyit sebagai antiradang, dan antivirus
  • kunyit dapat meningkatkan jumlah anti oksidan dalam tubuh.
  • kunyit memiliki senyawa felonik yaitu kurkumin yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Cara menggunakan kunyit untuk anak di bawah 1 tahun adalah dengan memotong kunyit dan mencucinya dengan bersih. Kemudian kunyit tersebut dioleskan pada puting si ibu dan biarkan bayi Anda mengisapnya. Jika anak Anda minum susu, bisa mencampurkan kunyit tersebut dengan susu.

Madu sebagai obat batuk herbal untuk anak 2 tahun

Selain kunyit, madu juga dapat menjadi obat batuk herbal untuk anak 2 tahun ke atas. Madu dipercaya memiliki senyawa kimia yang bersifat antiseptik dan antibakteri. Seorang peneliti dari Selandia Baru mengatakan bahwa madu dapat mengobati infeksi bakteri. Sifat antibakteri ini dihasilkan dari sifat osmosis, hidrogen peroksida, dan keasaman yang tinggi.

Madu dapat diminum dengan dosis yang berbeda bagi jenjang usia anak yang berbeda pula. Untuk anak usia 1 hingga 2 tahun, jika terinfeksi batuk, bisa diberikan1 hingga 2 sendok teh atau sekitar 10 ml madu pada saat di malam hari. Pemberian madu ini di malam hari sebelum tidur, dipercaya mampu mengurangi batukĀ  sehingga tubuh bisa beristirahat dengan tenang dan tidur pun menjadi nyenyak.

Sedangkan jika anak berumur diatas 6 tahun dapat menggunakan dosis orang dewasa 2 sampai 4 sendok teh madu setiap hari. Madu sebagai obat batuk herbal untuk anak juga aman untuk ibu hamil dan menyusui. Ini dikarenakan madu tidak mengandung senyawa kimia berbahaya yang dapat memberikan efek samping negatif bagi tubuh. Dengan mengetahui manfaat madu, tidak perlu susah dan panik lagi bagi ibu-ibu muda untuk menemukan obat yang aman dan sehat untuk buah hati kesayangan Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

anak bayi umur 1 tahun kebawah obat batuk -obat batuk pilek alami utk anak 1 th ke ats -obat batuk herbal buat anak-anak -obat batuk buat anak umur 1 bulan -obat batuk anak dibawah 1 tahun -Obat batuk anak 1 tahun ke atas sampai dewasa -kunyit dan madu untuk batuk pilek anak -kunir putih obat batuk -khasiat kunyit dan madu untuk balita -dosis kunyit untuk mengobati batuk anak -cara tradisional mengatasi pilek bayi pada usia dibawah 1 tahun -cara menyembuhkan batuk pilek pada anak 1 5 tahun -cara alami obati batuk pada anak usia 2 tahun -buah yg bisa mgatasi hedritasi pada anak 2tahun -obat batuk pilek anak dibawah 2 tahun -