Khasiat Jahe Merah Untuk Obat Masuk Angin Tradisional

Masuk angin diduga disebabkan karena menumpuknya gas dalam tubuh dengan penyebaran tidak merata. Sebenarnya dalam dunia kedokteran tidak dikenal istilah masukk angin dan hanya dianggap sebagai mitos belaka. Namun sebenarnya pada kenyataannya penyakit ini dialami hampir oleh setiap orang di Indonesia. Penyebab penyakit ini biasanya udara dingin yang berlebihan. Terkena hujan dan seringnya begadang di udara malam juga bisa menjadi penyebab masuk angin. Ada banyak obat yang dijual untuk menghilangkan penyakit ini di pasar. Namun sebenarnya Anda bisa memakai obat masuk angin tradisional yang bisa dibuat sendiri di rumah.

obat masuk angin tradisional (zona-sehat)

obat masuk angin tradisional (zona-sehat)

Jahe merah sebagai obat masuk angin tradisional

Masuk angin biasanya memiliki gejala yang sama dengan penyakit influenza. Gejalanya adalah perut mual dan kembung, meriang atau menggigil dan juga nyeri pada sendi dan beberapa bagian tubuh. rasa sakit yang tidak mengenakkan ini sama menyiksanya dengan penyakit sejenis lainnya seperti, flu dan batuk. Ada cara penyembuhan yang aman untuk hal ini yaitu dengan memanfaatkan jahe merah sebagai obat masuk angin tradisional.

Jahe merah masih termasuk ke dalam suku temu-temuan dan masih tergolong ke dalam jenis-jenis jahe. Jahe merah memiliki warna merah pada kulit dan sedikit coklat pada umbi dalamnya serta memiliki serat lebih kasar. Jahe ini ukurannya lebih kecil dari jahe putih dan dipanen saat umur jahe telah tua. Jahe merah ini memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi dibandingkan dengan dua jenis jahe lainnya. Kandungan minyak atsiri yang dikeluarkan dari rimpang jahe mampu merangsang selaput lendir perut besar dan usus sehingga mampu menambah nafsu makan, memperkuat lambung dan memperbaiki sistem pencernaan.

Jahe merah telah dikenal sebagai ramuan herbal untum menyembuhkan beberapa penyakit, seperti asma, keropors tulang, rematik dan juga termasuk masuk angin. Jahe memiliki rasa yang sangat pedas dan sedikit pahit. Jahe mampu menjadikan tubuh hangat. Mungkin karena pengaruh inilah, orang yang mengkonsumsi air jahe merah akan cepat merasa bugar dan gairah seksnya memuncak.

Cara mengolah jahe merah untuk obat masuk angin tradisional

Cara membuat air rebusan jahe untuk menyembuhkan masuk angin sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan

  • ½ kg jahe merah
  • ¼ kg gula merah
  • 1000 cc air bersih

Cara membuatnya :

  • Kupas jahe merah dan cuci bersih hingga tanah pada jahe merah telah hilang
  • Rajang halus gula merah
  • Rebus semua bahan yang telah disiapkan ke dalam air bersih dan biarkan hingga mendidih
  • Saring rebusan tersebut dan ambil airnya lalu minum

Penambahan gula merah pada jahe berfungsi untuk mengurangi rasa pahit dan panas yang berlebihan pada jahe merah. Dengan meminum jahe merah untuk obat masuk angin tradisional maka rasa nyeri badan, sakit kepala dan mual ataupun batuk akibat masuk angin akan segera hilang. Minum sebanyak 2 kali sehari jika masuk angin parah atau sekali sehari jika masuk angin yang diderita ringan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

obat masuk angin tradisional -